Tahap Dan Pengertian Perjanjian Internasional Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Perjanjian Internasional

 

Perjanjian internasional merupakan perjanjian yang dibuat berdasarkan hukum internasional oleh beberapa pihak dalam bentuk negara atau organisasi internasional. Perjanjian multilateral dibuat beberapa pihak yang mengatur hak dan kewajiban masing-masing pihak. Perjanjian bilateral dibuat antara dua negara. Sementara itu, perjanjian multilateral merupakan perjanjian yang dibuat oleh lebih dari dua negara.

 

Perjanjian Internasional Menurut Para Ahli


Pengertian perjanjian internasional menurut para ahli

 

Berikut ini beberapa makna yang diungkapkan oleh para ahli.

  • Prof Dr.Mochtar Kusumaatmadja

Perjanjian internasional adalah perjanjian yang diadakan antar negara yang bertujuan untuk menciptakan konsekuensi hukum tertentu

  • Oppenheimer-Lauterpacht

Perjanjian internasional adalah perjanjian antar negara yang menimbulkan hak dan kewajiban antara pihak-pihak yang membuatnya.

  • G. Schwarzenberger

Perjanjian internasional adalah perjanjian antara subyek hukum internasional yang menciptakan kewajiban yang mengikat dalam hukum internasional

  • Konferensi Wina (1969)

Perjanjian internasional adalah perjanjian yang dipegang oleh dua atau lebih negara yang bertujuan untuk membuat konsekuensi hukum tertentu.

  • Pasal 38 ayat 1 Piagam Mahkamah Internasional

Perjanjian internasional baik umum maupun spesifik, yang berisi ketentuan hukum yang secara tegas diakui oleh negara-negara yang bersangkutan.

Jadi, perjanjian internasional merupakan perjanjian yang dipegang oleh komunitas bangsa-bangsa dan bertujuan untuk menghasilkan undang-undang tertentu. Perjanjian internasional juga tunduk pada hukum internasional. Perjanjian internasional juga menjamin kepastian hukum dan mengatur masalah-masalah umum yang penting. Ini disebut perjanjian internasional jika perjanjian tersebut dipegang oleh subjek hukum internasional yang merupakan anggota komunitas internasional.


Tahap-Tahap Perjanjiann Internasional

 

Negosiasi merupakan tahap pertama yang dilakukan sebelum perjanjian diadakan. Negosiasi dapat dilakukan oleh perwakilan diplomat yang memiliki otoritas penuh dari pemerintah, juga dapat langsung menjadi kepala pemerintahan.

Baca Juga :  10 Pengertian Kecerdasan Spiritual Menurut Para Ahli Dan Contoh

Setelah negosiasi dilakukan, penandatanganan akan dilakukan dalam perjanjian. Penandatanganan dapat dilakukan oleh duta besar, anggota legislatif dan eksekutif.

Selanjutnya, ratifikasi akan dilakukan oleh kepala pemerintahan dan anggota DPR yang diadakan pertama dan terutama. biasanya ini dilakukan untuk masalah yang sangat penting dan termasuk masalah keramaian.


Pembatalan

 

Hal-hal yang menyebabkan dibatalkannya suatu perjanjian antara lain:

  1. Terjadinya pelanggaran.
  2. Adanya kecurangan
  3. Ada pihak yang dirugikan.
  4. Adanya ancaman dari sebelah pihak

Berakhirnya perjanjian

 

  1. Punah salah satu pihak.
  2. Akhir periode perjanjian.
  3. Satu pihak ingin mengakhiri dan disetujui oleh pihak kedua.
  4. Ada pihak yang dirugikan oleh pihak lain.
  5. Tujuan kesepakatan telah tercapai
  6. Ketentuan tentang pemutusan perjanjian sesuai dengan ketentuan perjanjian telah dipenuhi

 

Baca Juga:

 

Demikian penjabaran tentang Tahap Dan Pengertian Perjanjian Internasional Menurut Para Ahli semoga bermanfaat untuk pembaca setia Pensil.Co.Id