Seni Rupa 3 Dimensi

Diposting pada

Pengertian Dimensi

Simbol Dalam Karya Seni Rupa 3 Dimensi Beserta Fungsi & Jenisnya – Pengertian dimensi adalah ukuran yang meliputi panjang, lebar, dan tinggi. Karya seni rupa yang hanya memiliki panjang dan lebar disebut sebagai karya seni rupa dua dimensional. Sedangkan karya seni rupa yang memiliki tiga ukuran disebut karya tiga dimensional atau trimatra.


Karya seni tiga dimensi dapat dinikmati dari segala sudut pandang; dari depan, atas, samping, maupun bawah. Tetapi karya seni rupa tiga dimensi yang dinikmati dari bawah tidak terlalu banyak, yaitu karya seni yang diletakkan dengan cara digantung atau melayang di angkasa. Jika dirinci berdasarkan dimensinya :

Karya seni rupa tiga dimensi atau trimatra, contoh; patung, monumen, mebel. rumah, pesawat, sepatu, sandal, tas, dll.


Karakteristik Seni Rupa

Karakteristik-Seni-Rupa

Seni Rupa adalah sebuah konsep atau nama untuk salah satu cabang seni yang bentuknya terdiri atas unsur-unsur rupa yaitu: garis, bidang, bentuk, tekstur, ruang dan warna. Unsur-unsur rupa tersebut tersusun menjadi satu dalam sebuah pola tertentu. Bentuk karya seni rupa merupakan keseluruhan unsur-unsur rupa yang tersusun dalam sebuah struktur atau komposisi yang bermakna.


Unsur-unsur rupa tersebut bukan sekedar kumpulan atau akumulasi bagian-bagian yang tidak bermakna, akan tetapi dibuat sesuai dengan prinsip tertentu. Makna bentuk karya seni rupa tidak ditentukan oleh banyak atau sedikitnya unsur-unsur yang membentuknya, tetapi dari sifat struktur itu sendiri. Dengan kata lain kualitas keseluruhan sebuah karya seni lebih penting dari jumlah bagian- bagiannya.


Baca Juga : Prakarya Kerajinan Tangan Sederhana Dan Keterampilan Lainnya


Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni rupa tiga dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi, atau karya yang memiliki volume dan menempati ruang. Contoh : seni patung, seni kriya, seni keramik, seni arsitektur dan berbagai desain produk.


Seni Rupa jika dilihat dari segi fungsinya dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu seni murni (fine art) dan seni pakai / terapan (applied art). Seni murni adalah karya seni rupa yang dibuat semata- mata untuk memenuhi kebutuhan artistik. Orang mencipta karya seni murni umumnya berfungsi sebagai sarana untuk mengekspresikan cita rasa estetik. Kebebasan berekspresi dalam seni murni sangat diutamakan. Yang tergolong dalam seni murni yaitu: seni lukis, seni patung, seni grafis dan sebagian seni kerajinan.


Seni Terapan atau seni pakai (applied art) adalah karya seni rupa yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan praktis. Contoh seni terapan yaitu:arsitektur, poster, keramik, baju, sepatu, dan lain-lain. Dalam pembuatan seni pakai biasanya faktor kegunaan lebih diutamakan daripada faktor keindahan atau artistiknya. Membuat karya seni terapan tampak lebih sulit dibandingkan karya seni murni. Hal itu mungkin karena membuat karya seni murni terasa lebih bebas dibanding membuat karya seni terapan karena tidak memperhitungkan fungsi. Akan tetapi sering pula terjadi sebaliknya, melukis bisa lebih sulit daripada membuat rumah tinggal

Baca Juga :  6 Pengertian Logika Menurut Para Ahli Dan Macam Serta Filsafat

Seni rupa  :  cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan.

Karya seni rupa dapat dibagi menjadi dua, yaitu  :


  • Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Karya seni rupa yang hanya memiliki dimensi panjang dan lebar atau karya yang hanya dapat dilihat dari satu arah pandang saja. Contohnya, seni lukis, seni grafis, seni ilustrasi, relief dan sebagainya.


  • Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni rupa yang memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi, atau karya yang memiliki volume dan menempati ruang. Contoh : seni patung, seni kriya, seni keramik, seni arsitektur dan berbagai desain produk.


Dalam membuat hasil karya seni rupa,  ada berbagai macam teknik. Teknik-teknik dasar dalam seni rupa 2 dimensi dan 3dimensi – masing-masing daerah di Nusantara mempunyai bahan atau media yang berbeda sesuai dengan lingkungannya. Hal ini juga berlaku pada teknik pembuatan karya seni rupanya, meskipun secara umum semua teknik yang digunakan terdapat kemiripannya.


Baca Juga : Seni Rupa 3 Dimensi


Karya Seni Rupa 3 Dimensi

seni-rupa-3-dimensi

Dalam bab 1 Anda telah mempelajari dan membuat karya seni 2 dimensi. Anda tentu bisa membedakan karya seni dua dimensi dari karya seni tiga dimensi. Elemen ruang adalah salah satu fitur yang membedakan antara karya dua dimensi dengan tiga dimensi. Obyek karya seni rupa dua dimensi hanya bisa dilihat dari satu sisi, tetapi karya tiga dimensi bisa dilihat lebih dari dua sisi.


Jenis Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni dua dimensi, dilihat dari fungsi seni tiga dimensi, dibagi menjadi karya yang memiliki kegunaan fungsional (seni terapan – seni terapan) dan karya seni yang hanya memiliki fungsi ekspresi (seni murni – murni). Perbedaan fungsi ditentukan oleh tujuan membuatnya.


Karya seni sebagai benda yang memiliki fungsi praktis dibuat dengan pertimbangan kegunaannya. dengan demikian bentuk benda atau karya seni akan lebih indah untuk dilihat dan lebih nyaman digunakan. Tahukah Anda bahwa mobil yang kami tumpangi, tempat duduk yang kami duduki, ponsel yang Anda gunakan juga merupakan karya seni tiga dimensi? Coba jelaskan mengapa benda-benda ini dikategorikan sebagai karya seni tiga dimensi.


Simbol Dalam Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Simbol yang mengandung makna atau makna. Secara konseptual, kata simbol ini memiliki beberapa arti sebagai berikut.

  1. Sesuatu yang biasanya merupakan tanda yang terlihat yang menggantikan ide atau objek tertentu.
  2. Kata; tanda, sinyal, digunakan untuk mewakili sesuatu yang lain: makna, kualitas, abstraksi, ide, objek.
  3. Apa pun yang diberi makna melalui kesepakatan umum dan / atau berdasarkan kesepakatan atau kebiasaan.
    Misalnya, lampu lalu lintas.
  4. Tanda-tanda konvensional, yaitu sesuatu yang dibangun oleh komunitas atau individu dengan makna tertentu yang dibangun oleh komunitas atau disepakati atau digunakan oleh anggota masyarakat.
  5. Arti simbol dalam konteks ini sering ditentang oleh tanda-tanda alami.
Baca Juga :  8 Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli Serta Konsep Dan Cabang Ilmunya

Baca Juga : Pengertian Musik Sebagai Simbol Dan Contoh Beserta Elemennya


Dalam mempelajari seni rupa, kata-kata simbol dijelaskan sebagai makna yang terkandung dalam karya seni baik dalam bentuk benda maupun unsur-unsurnya. Misalnya merah adalah simbol keberanian. Patung katak sebagai simbol penelepon hujan. Patung kuda sebagai simbol kebanggaan, dan sebagainya. Dalam sertifikasi beberapa jenis hewan sering digunakan untuk melambangkan sifat-sifat tertentu. Misalnya, simbol rusa melambangkan makna cerdas, gesit dan banyak akal. Serigala sering digunakan untuk melambangkan keserakahan dan kelicikan. Lain lagi dengan keledai yang digunakan untuk melambangkan kemalasan dan ketidaktahuan.


Dalam seni, simbol dapat ditemukan dalam karya seni dua dimensi dan tiga dimensi. Patung, monumen dan monumen misalnya, adalah karya seni tiga dimensi yang dapat memiliki makna dan simbol tertentu. Kebiasaan mengukir patung, monumen dan monumen melambangkan sesuatu yang telah dilakukan orang sejak zaman kuno. Ada monumen dan monumen yang terbuat dari batu dan logam.


Umumnya besar dan dibangun untuk mengenang peristiwa penting atau tempat bersejarah. Misalnya, Monumen Proklamasi di Jakarta adalah simbol kemerdekaan dan perjuangan rakyat Indonesia. Tugu Khatulistiwa di Pontianak, Kalimantan Barat untuk menandai tempat yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Pahlawan atau orang yang berjasa dan terhormat sering dijadikan patung. Patung itu menjadi simbol kekuatan, kepahlawanan dan perjuangan. Banyak pahlawan dan orang memainkan peran penting di negara kita. heroik dan perjuangan orang-orang ini dikenang hari ini, digunakan sebagai model untuk masyarakat dan bangsa. Catatan, adakah patung seseorang yang dianggap berguna, pahlawan atau dihormati di daerah Anda?


Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni tiga dimensi mempunyai elemen visual seperti warna, garis, bidang dan bentuk. Elemen visual ini dipakai selain mempercantik bentuknya, elemen visual dalam karya seni tiga dimensi ini dapat memiliki makna simbolis. Dalam bab sebelumnya Anda telah mempelajari elemen-elemen bentuk dan makna elemen-elemen visual ini. garis tebal, garis tipis, garis lurus, garis lengkung memiliki makna simbolis yang berbeda.


Merah, hitam, putih dan sebagainya juga memiliki makna simbolik yang berbeda. Makna simbolis ini mungkin berbeda dari satu daerah ke daerah lain. Misalnya, hitam sering digunakan sebagai simbol kesedihan, tetapi kelompok etnis tertentu menggunakan putih atau putih sebagai simbol berkabung.


Baca Juga : Unsur Dan Objek Karya Seni Rupa Beserta Gambarnya


Contoh Seni Rupa 3 Dimesi

Karya seni rupa 3 dimensi dapat dengan mudah kita jumpai pada aktivitas kita sehari-hari. Berikut ini adalah contoh karya seni rupa 3 dimensi yang umum dan sering kita temui:


  • Kriya

Kriya

Seni Kriya adalah sebuah seni yang dalam membuat karyanya menitik beratkan pada ketrampilan tangan dengan tetap memperhatikan fungsi untuk mengolah bahan baku menjadi bahan yang mempunyai nilai guna dan juga nilai estestis. Kriya juga lebih sering mengikuti tradisi dari pada penemuan yang sering ditemukan secara individu oleh seorang perupa. Kriya dapat berbentuk sebuah karya dari tanah, batu, kayu, logam ataupun kain.

Baca Juga :  Pengertian Muslim Dan Mukmin Serta Perbedaanya

  • Patung

Patung

Patung adalah contoh karya seni rupa 3 dimensi yang paling mudah. Patung merupakan suatu contoh karya seni 3 dimensi yang terbuat dari benda padat maupun lunak yang memiliki panjang, lebar, maupun tinggi. Pembuatan patung dapat dibuat dengan menggunakan teknik memahat. Pada umumnya patung dibuat dari kayu, batu atau benda keras lainnya yang dipahat sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk menyerupai binatang, manusia maupun bentuk lainnya.


  • Keramik

Keramik

Seni keramik adalah salah satu cabang seni rupa yang mengolah keramik menjadi sebuah karya seni tradisional maupun kontemporer. Kerajinan keramik sangat banyak dan mudah kita jumpai pada perabotan rumah tangga seperti gucci, vas bunga dan lainnya.


Baca Juga : Karya Seni Rupa 2 Dimensi (Medium, Bahan, Teknik) Dan Penjelasannya


  • Arsitektur

Arsitektur

Seni arsitektur adalah karya seni yang merancang suatu bentuk dari bangunan. Tidak hanya merancang, namun juga membangun suatu bangunan. Secara alamiah anak sudah memiliki seni. Dari mereka berumur 0 – 8 tahun. Anak-anak sudah bisa mengembangkan dan mempunyai imajinasi. Anak berumur 1 tahun sudah mulai mencoret-coret apa saja. Ia mulai mempelajari dan menyerap segala yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Setiap benda yang dimainkan berfungsi sesuai dengan imajinasi si anak.


Metode yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan bagaimana cara mengajarkan pembelajaran seni rupa pada anak usia dini. Seperti yang kita ketahui setiap orang sudah mengenal tentang seni rupa. Dalam kehidupan kita untuk melengkapi dirinya dengan berbagi peralatan dan penunjang untuk menyempurnakan pekerjaannya. Seni sebagai alat terapi, ungkapan dan komunikasi. Pembelajran seni rupa pada anak usia dini memerlukan pengelolaan sesuai dengan karakteristik dan situasi social yang kondusif untuk keberhasilan belajar anak usia dini. Sehingga anak dapat mengungkapkan pengalaman-pengalaman hidup mereka sendiri.


Adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Karya Seni Rupa Terapan, selain dinikmati keindahannya, juga mempunyai fungsi dan manfaat. Fungsi karya seni rupa dibedakan menjadi 2 yaitu Fungsi estetis dan fungsi Praktis. Fungsi estetis adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia tentang rasa keindahan. Fungsi praktis adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia akan benda pakai. Dimensi berbentuk datar dan mempunyai Panjang dan Lebar. Dikatakan Nusantara karena karya seni rupa yang berasal dari Dalam Negeri.


Baca Juga : Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik (Pengertian, Eksplorasi Dan Gerak)


Demikian Penjelasan Tentang Simbol Dalam Karya Seni Rupa 3 Dimensi Beserta Fungsi & Jenisnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pemabca Pensil.Co.Id