Simbol Dalam Karya Seni Rupa 3 Dimensi Beserta Fungsi Dan Jenisnya Lengkap No ratings yet.

Diposting pada

Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Dalam bab 1 Anda telah mempelajari dan membuat karya seni 2 dimensi. Anda tentu bisa membedakan karya seni dua dimensi dari karya seni tiga dimensi. Elemen ruang adalah salah satu fitur yang membedakan antara karya dua dimensi dengan tiga dimensi. Obyek karya seni rupa dua dimensi hanya bisa dilihat dari satu sisi, tetapi karya tiga dimensi bisa dilihat lebih dari dua sisi.

Simbol Dalam Karya Seni Rupa 3 Dimensi


Jenis Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni dua dimensi, dilihat dari fungsi seni tiga dimensi, dibagi menjadi karya yang memiliki kegunaan fungsional (seni terapan – seni terapan) dan karya seni yang hanya memiliki fungsi ekspresi (seni murni – murni). Perbedaan fungsi ditentukan oleh tujuan membuatnya.

Karya seni sebagai benda yang memiliki fungsi praktis dibuat dengan pertimbangan kegunaannya. dengan demikian bentuk benda atau karya seni akan lebih indah untuk dilihat dan lebih nyaman digunakan. Tahukah Anda bahwa mobil yang kami tumpangi, tempat duduk yang kami duduki, ponsel yang Anda gunakan juga merupakan karya seni tiga dimensi? Coba jelaskan mengapa benda-benda ini dikategorikan sebagai karya seni tiga dimensi.


Simbol Dalam Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Simbol yang mengandung makna atau makna. Secara konseptual, kata simbol ini memiliki beberapa arti sebagai berikut.

  1. Sesuatu yang biasanya merupakan tanda yang terlihat yang menggantikan ide atau objek tertentu.
  2. Kata; tanda, sinyal, digunakan untuk mewakili sesuatu yang lain: makna, kualitas, abstraksi, ide, objek.
  3. Apa pun yang diberi makna melalui kesepakatan umum dan / atau berdasarkan kesepakatan atau kebiasaan.
    Misalnya, lampu lalu lintas.
  4. Tanda-tanda konvensional, yaitu sesuatu yang dibangun oleh komunitas atau individu dengan makna tertentu yang dibangun oleh komunitas atau disepakati atau digunakan oleh anggota masyarakat.
  5. Arti simbol dalam konteks ini sering ditentang oleh tanda-tanda alami.

Dalam mempelajari seni rupa, kata-kata simbol dijelaskan sebagai makna yang terkandung dalam karya seni baik dalam bentuk benda maupun unsur-unsurnya. Misalnya merah adalah simbol keberanian. Patung katak sebagai simbol penelepon hujan. Patung kuda sebagai simbol kebanggaan, dan sebagainya. Dalam sertifikasi beberapa jenis hewan sering digunakan untuk melambangkan sifat-sifat tertentu. Misalnya, simbol rusa melambangkan makna cerdas, gesit dan banyak akal. Serigala sering digunakan untuk melambangkan keserakahan dan kelicikan. Lain lagi dengan keledai yang digunakan untuk melambangkan kemalasan dan ketidaktahuan.

Dalam seni, simbol dapat ditemukan dalam karya seni dua dimensi dan tiga dimensi. Patung, monumen dan monumen misalnya, adalah karya seni tiga dimensi yang dapat memiliki makna dan simbol tertentu. Kebiasaan mengukir patung, monumen dan monumen melambangkan sesuatu yang telah dilakukan orang sejak zaman kuno. Ada monumen dan monumen yang terbuat dari batu dan logam.

Umumnya besar dan dibangun untuk mengenang peristiwa penting atau tempat bersejarah. Misalnya, Monumen Proklamasi di Jakarta adalah simbol kemerdekaan dan perjuangan rakyat Indonesia. Tugu Khatulistiwa di Pontianak, Kalimantan Barat untuk menandai tempat yang dilintasi oleh garis khatulistiwa. Pahlawan atau orang yang berjasa dan terhormat sering dijadikan patung. Patung itu menjadi simbol kekuatan, kepahlawanan dan perjuangan. Banyak pahlawan dan orang memainkan peran penting di negara kita. heroik dan perjuangan orang-orang ini dikenang hari ini, digunakan sebagai model untuk masyarakat dan bangsa. Catatan, adakah patung seseorang yang dianggap berguna, pahlawan atau dihormati di daerah Anda?


Karya Seni Rupa Tiga Dimensi

Karya seni tiga dimensi mempunyai elemen visual seperti warna, garis, bidang dan bentuk. Elemen visual ini dipakai selain mempercantik bentuknya, elemen visual dalam karya seni tiga dimensi ini dapat memiliki makna simbolis. Dalam bab sebelumnya Anda telah mempelajari elemen-elemen bentuk dan makna elemen-elemen visual ini. garis tebal, garis tipis, garis lurus, garis lengkung memiliki makna simbolis yang berbeda.

Merah, hitam, putih dan sebagainya juga memiliki makna simbolik yang berbeda. Makna simbolis ini mungkin berbeda dari satu daerah ke daerah lain. Misalnya, hitam sering digunakan sebagai simbol kesedihan, tetapi kelompok etnis tertentu menggunakan putih atau putih sebagai simbol berkabung.

Baca Juga:

Baca Juga :  Pengertian Karya Seni Rupa Serta Unsur, Jenis, Fungsi Dan Contohnya
Baca Juga :  Prakarya Pengemasan Produk Kerajinan Tekstil Dan Contohnya

Demikian Penjelasan Tentang Simbol Dalam Karya Seni Rupa 3 Dimensi Beserta Fungsi Dan Jenisnya Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pemabca Pensil.Co.Id

Please rate this