Seni Rupa 2 Dimensi – Pengertian, Fungsi, Teknik, Unsur Dan Karakteristiknya No ratings yet.

Diposting pada

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.


Seni rupa dilihat dari segi fungsinya dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan, proses penciptaan seni rupa murni lebih menitik beratkan pada ekspresi jiwa semata misalnya lukisan, sedangkan seni rupa terapan proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu misalnya seni kriya. Sedangkan, jika ditinjau dari segi wujud dan bentuknya, seni rupa terbagi 2 yaitu seni rupa 2 dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar saja dan seni rupa 3 dimensi yang memiliki panjang lebar serta ruang.


Seni rupa 2 dimensi


Seni Rupa 2 Dimensi

Istilah “Seni Rupa” seringkali kalian jumpai baik dalam bentuk tulisan maupun diperbincangan secara lisan. Taukah kalian apa sebenarnya Seni Rupa itu?¬† Cobalah diskusikan dengan teman kalian di kelas pengertian dari kata “seni rupa”. Perhatikan kembali benda-benda di sekitar kalian, tunjukan benda apa saja yang termasuk karya seni rupa?


Karya Seni Rupa di Sekeliling

Berbagai karya seni rupa di sekeliling kita, memiliki banyak macam ragamnya. Walaupun demikian, karya seni rupa dapat di golongkan berdasarkan jenisnya dengan mengategorikan kesamaan karakteristik karya yang satu dengan yang lainnya. Dapatkah kalian membedakan karakterristik dasar karya seni rupa yang satu dengan yang lainnya? Pada bintang misalnya, pengglongan dapat di dasarkan pada jenis kelamin, ada jantan dan juga betina.

Pada tumbuhan misalnya dapat di kategorikan berdasarkan fungsinya. Ada tumbuhan yang ditanam untuk dikonsumsi. Demikian juga dalam hal karya seni rupa, secara sederhana, kalian dapat membedakan berdasarkan bentuk (dimensi) maupun fungsinya.


Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

  • Teknik Plakat yaitu melukis dengan menggunakan cat poster, cat minyak cat akrelik, dengangoresan yang tebal, sehingga menghasilkan warna pekat dan padat.
  • Teknik Transparan yaitu teknik menggambar / melukis dengan menggunakan cat air, dengansapuan warna yang tipis sehingga hasilnya nampak transparan.
  • Teknik Kolase yaitu melukis dengan memotong kertas yang kemudian ditempel sehinggamembentuk lukisan yang realis atau abstrak.
  • Teknik 3M (melipat, menggunting, dan merekat) adalah merupakan proses manipulasilembaran kertas menjadi suatu bentuk tiga dimensi

Unsur Seni Rupa 2 Dimensi

  1. Titik
  2. garis
  3. bidang
  4. ruang
  5. warna
  6. tekstur
  7. bentuk
  8. gelap terang

Fungsi Seni Rupa 2 Dimensi

Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa ada yang dibuat dengan pertimbangan utama untuk eenuhi fungsi praktis. Karya seni rupa semacam ini dikategorikan dalam jenis karya seni rupa terapan (applied art). Pembuatan karya seni (rupa) terapan ini umumnya melalui proses perancangan (desain).


Aspek-Aspek Kerupaan dalam Karya Seni Terapan

Pertimbangan aspek-aspek kerupaan dalam karya seni terapan berfungsi untuk memindahkan bentuk dan tampilan sebuah benda serta meningkatan kenyamanan penggunanya. Tahukah kalian benda-benda apa saja yang ada di sekitar kalian yang dikategorikan sebagai karya seni rupa terapan?


Sebaiknya da karya seni rupa yang di buat dengan tujuan untuk di nikmati keindahan dan keunikannya saja tanpa mempertimbangkan fungsi praktisnya. Karya seni rupa dengan kategori ini disebut karya seni rupa murni yang umumnya digunakan sebagai elemen estetis untuk “memperindah” ruangan atau tempat tertentu.


Karakteristik Seni Rupa 2 Dimensi

Selain berdasarkan bentuk (dimensi) dan fungsinya. karya seni rupa juga di golongkan berdasarkan karakteristik media, teknik, bahan serta orientasi pembuatnya. Berdasarkan karakteristik ini kita mengenal berbagai jenis karya seni rupa seperti seni lukis, seni patung, seni grafis, seni kriya dan desain.


Dimensi Seni Rupa

Berdasarkan dimensinya, karya seni rupa du bagi dua yaitu, karya seni rupa dua dimensi yang mempunyai dua ukuran dan karya seni rupa tiga dimensi yang mempunyai tiga ukuran atau memiliki ruang. Tahukan kalian ukuran yang dimaksud dalam karya seni rupa dua dan tiga dimensi?


Baca Juga

Baca Juga :  Karya Seni Rupa 2 Dimensi Dan Contohnya (Bab 1) Lengkap

Baca Juga :  Karya Seni Rupa 2 Dimensi (Medium, Bahan, Teknik) Dan Penjelasannya


Demikian Penjelasan Tentang Fungsi Seni Rupa 2 Dimensi Beserta Karakteristik Dan Dimensinya Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this