Proses Peredaran Darah Yang Terjadi Pada Tubuh Dan Sistem Pereadaran Darahnya 5/5 (1)

Diposting pada

Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular adalah suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dan dari sel. Sistem ini juga menolong stabilisasi suhu dan pH tubuh (bagian dari homeostasis).

 

Proses Peredaran Darah Yang Terjadi Pada Tubuh

Ada dua jenis sistem peredaran darah: sistem peredaran darah terbuka, dan sistem peredaran darah tertutup. sistem peredaran darah, yang merupakan juga bagian dari kinerja jantung dan jaringan pembuluh darah (sistem kardiovaskuler) dibentuk. Sistem ini menjamin kelangsungan hidup organisme, didukung oleh metabolisme setiap sel dalam tubuh dan mempertahankan sifat kimia dan fisiologis cairan tubuh.

  • Pertama

Darah mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel dan karbon dioksida dalam arah yang berlawanan (lihat respirasi).

  • Kedua

Yang diangkut dari nutrisi yang berasal pencernaan seperti lemak, gula dan protein dari saluran pencernaan dalam jaringan masing-masing untuk mengonsumsi, sesuai dengan kebutuhan mereka, diproses atau disimpan.

Metabolit yang dihasilkan atau produk limbah (seperti urea atau asam urat) yang kemudian diangkut ke jaringan lain atau organ-organ ekskresi (ginjal dan usus besar). Juga mendistribusikan darah seperti hormon, sel-sel kekebalan tubuh dan bagian-bagian dari sistem pembekuan dalam tubuh.


Sistem Peredaran Darah Terbuka Dan Tertutup

 

  • Sistem Peredaran Darah Terbuka

Sistem peredaran darah terbuka merupakan peradaran darah yang sederhana, dimana jantung mengalirkan darah pada seluruh tubuh dengan mengalirkan darah ke rongga-rongga tubuh. Sistem peradaran darah terbuka tidak memakai pembuluh darah dalam mengedaran sirkulasi darah.

Pada sistem peredaran darah terbuka, biasanya pembuluh darah belum terbentuk secara sempurna sehingga penyaluran darah terkadang tanpa melewati pembuluh darah. Pembuluh darah terhubung dengan sinus terbuka karena tidak ada jantung yang sejati atau kapiler. Aliran darah sangat lambat.

  • Sistem Peredaran Darah Tertutup

Sistem Peredaran darah tertutup merupakan peredaran darah dimana sirkulasinya melewati pembuluh darah sejati yakni dari pembuluh arteri, vena, dan kapiler. Sistem peredaran darah ini mempunyai aliran darah yang cukup deras sebab adanya pemompa darah yaitu jantung sejati. Darah membawa nutrisi dan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh.

 

Baca Juga:

Baca Juga :  Pengertian Sumber Daya Menurut Para Ahli Dan Macamnya
Baca Juga :  Pengertian Gerak Benda Pada Bidang Datar Serta Contoh Dan Macamnya

 

Demikian Penjelasan TentangĀ Proses Peredaran Darah Yang Terjadi Pada Tubuh Dan Sistem Pereadaran Darahnya Semoga Bermanfaat Untuk Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this