Prakarya Tanaman Pangan Dan Cara Membudidayakannya No ratings yet.

Diposting pada

Prakarya Tanaman Pangan

Tanaman Pangan

Indonesia dikenal sebagai Negara agraris, yaitu Negara yang sebagian besar produknya mempuyai mata pencarian di bidang pertanian, seprti bududaya tanaman pangan, kelompok tanaman yang termasuk komoditas pangan adalah tanaman hortikultura non-tanaman hias dan kelompok tanaman lain penghasilan bahan baku produk pangan, dalam pembahasan kali ini, kita akan mempelajari tanaman pangan utama, yaitu tanaman yang menjadi sumber utama bagi kabohidrat dan protein untuk memenuhi kebutuhan tubuh manusia.


Hasil Budidaya Tanaman Pangan

Hasil budidaya tanaman pangan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan sendiri. Hasil budidaya tanaman pangan juga diperdagangkan sehingga dapat menjadi mata pecharian. Hal ini menjadikan tanaman pangan sebagai komoditas pertanian yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Indonesia memiliki berbagai jenis tanaman pangan.


Keberagaman jenis tanaman pangan yang kita miliki merupakan anugrah dari Yang Mahakuasa sehingga kita harus bersyukur kepada-Nya. Bentuk syukur kepada Yang Mahakuasa dapat diwujudkan dengan memanfaatkan produk pangan yang dihasilkan oleh petani dengan sebaik-baiknya.


Kelompok Pangan

Kelompok pangan dikelompokan berdasarkan umur, yaitu tanaman semusim dan tanaman tahunan. Tanaman semusim adalah tanaman yang dipanen dalam satu musim tanam, yaitu antara 3-4 bulan, seperti jagung dan kedelai atau antara 6-7 bulan,, seperti sigkong.


Tanaman

Tanaman tahunan adalah tanaman yang terus tumbuh setelah diproduksi atau menyelesaikan siklus hidupnya dalam jangka waktu lebih dari dua tahun, misal sukun dan sagu.


Tanaman Pangan

Tanaman pangan juga dibagi menjadi 3 kelompok yaitu serealia, kacang-kacangan, dan umbi-umbian menghasilkan biji sebagai produk hasil budidaya, sedangkan umbi-umbian menghasilkan umbi batang atau umbi akar sebagai produk hasil budidaya.


Baca Juga:

Baca Juga :  Prakarya Materi Mengenal Kerajinan Tekstil (Modern & Tradisional)
Baca Juga :  7 Prakarya Merancang Alat Komunikasi Dan Pengembangannya

Demikian Penjelasan Tentang Prakarya Jenis Tanaman Pangan Dan Cara Membudidayakannya Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this