Prakarya Pengemasan Produk Kerajinan Tekstil Dan Contohnya 4.5/5 (2)

Diposting pada

Pengemasan Tekstil

Pengemasan dan pengawetan memiliki tujuan yang sama, yaitu membuat produk tahan lama dan tahan lama. Kemasan melindungi produk sehingga tidak mengalami penurunan kualitas kepada pembeli. Selain berfungsi sebagai pelindung, pengemasan juga memiliki fungsi untuk memfasilitasi transportasi dan pengiriman, memberikan informasi, dan menarik pembeli potensial.
Prakarya Pengemasan Produk Kerajinan Tekstil

Pengemasan produk kerajinan selain menjaga kebersihan dan kualitas produk tetap baik, juga akan memperlancar proses pengiriman produk. Pengemasan bisa dalam bentuk unit atau unit dalam satu set atau satu paket atau satu lusin atau satu skor. Teknik pengemasan yang baik akan menjaga kualitas produk dalam pengiriman ke tujuan.

Pengawetan Tekstil

Berbagai bentuk produk kerajinan tekstil atau kain tradisional Indonesia, beberapa di antaranya memerlukan pelestarian khusus. Secara umum, kain tradisional Indonesia sebelum disimpan di lemari, setiap lembar kain dibungkus menggunakan kertas roti dan diberi kapur barus sehingga kain tradisional dilindungi dari gigitan rayap dan tidak mudah pecah. Kain harus dikeluarkan dari bungkus agar tidak lembab dengan mengeringkannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. mencuci untuk kain tenun sudah cukup untuk merendam di lukaku dan keringkan di tempat teduh.

Kain batik yang dicuci menggunakan buah lerak sehingga warna kain batik tetap terjaga. Kain itu dibilas dengan air bersih dan dikeringkan di tempat teduh. Benda-benda lain yang menggunakan kain tradisional tetapi telah dibentuk dan difungsikan selain kain dapat dicuci secara normal dengan menggosok menggunakan tangan Anda menggunakan mesin cuci. Informasi tentang cara melestarikan produk kerajinan tekstil juga harus dicerminkan dalam kemasan sehingga pembeli mendapatkan informasi yang tepat untuk merawat produk tekstil tersebut.

Kerajinan Tekstil Modern

Kerajinan tekstil modern adalah tekstil yang dibuat dengan menggunakan alat-alat modern sehingga mereka dapat membuat sejumlah besar produk tekstil.

Salah satu contoh kerajinan tekstil modern ialah pakaian yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti topi, pakaian, berbagai aksesoris. Selain itu ada juga yang digunakan sebagai perangkap interior seperti sprei, sarung bantal, keset, lap dan banyak lagi.


Kerajinan Tekstil Tradisional

Kerajinan tekstil tradisional adalah kerajinan tangan yang dibuat menggunakan peralatan sederhana dan menggunakan bahan yang berasal dari alam. Alat yang digunakan biasanya masih sangat sederhana dan tidak dapat menghasilkan barang dalam jumlah besar.


Contoh Kerajinan Tekstil Sederhana

  • kain tenun
  • kain sarung
  • batik tulis dan
  • aneka produk khas dari derah di Indonesia.

Baca Juga:
Baca Juga :  Prakarya Bahan Pangan Nabati Dan Buah Beserta Contohnya Lengkap
Baca Juga :  Prakarya Penyebab Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausaha Serta Faktornya
Demikian Penjelasan Tentang Prakarya Pengemasan Produk Kerajinan Tekstil Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this