Prakarya Dalam Berwirausaha (Percaya Diri, Kreatif, Tekun, Trampil & Kerjasama) 5/5 (1)

Diposting pada

Prakarya Dalam Berwirausahaan

Berikut ini adalah poin-poin dalam berwirausaha yang perlu kita ketahui.

Prakarya Dalam Berwirausaha

Kewirausahaan atau Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

Kewirausahaan memiliki arti yang berbeda-beda antar para ahli atau sumber acuan karena berbeda-beda titik berat dan penekanannya.


Pengertian Wirausaha Menurut Para Ahli

  1. Menurut Richard Cantillon (1775), misalnya, mendefinisikan kewirausahaan sebagai bekerja sendiri (self-employment). Seorang wirausahawan membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu. Jadi definisi ini lebih menekankan pada bagaimana seseorang menghadapi risiko atau ketidakpastian. Berbeda dengan para ahli lainnya,
  2. Menurut Penrose (1963) kegiatan kewirausahaan mencakup indentfikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi.
  3. Menurut Harvey Leibenstein (1968, 1979) kewirausahaan mencakup kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.
  4. Menurut Peter Drucker, kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Orang yang melakukan kegiatan kewirausahaan disebut wirausahawan.

Percaya Diri

Perasaan positif terhadap diri sendiri, dan keyakinan akan kemampuan diri dalam melakukan suatu hal yang didasari atas kemampuan mengevaluasi dan pengenalan terhadap potensi diri sendiri. Keprecayaan diri dibutuhkan untuk memulai kerja dan usaha.


Kreativitas

Kemampuan untuk memiliki pemikiran yang baru, berbeda, dan beragam untuk memecahkan suatu masalah. Kreativitas memerlukan kemampuan untuk melihat suatu dari sudut pandang yang berbeda. Kreativitas dapat muncul dari sikap mental yang tidak kaku, penuh toleransi serta ketertarikan kepada hal yang baru dan belum diketahui.


Tekun & Trampil

Sikap bersungguh-sungguh, teliti, sabar dan terus menerus dalam melakukan suuatu pekerjaan. Ketekunan dalam bekerja dibutuhkan untuk menghasilkan karya produk yang baik dan berkualitas tinggi.


Jujur

Sikap positif yang di tunjukan dengan keselarasan kata dan perbuatan, mengtakan kebenaran dan tidak melakukan kebohongan. Sikap jujur akan mendatangkan ketenangan pikiran dan kepercayaan dari lingkungan.


Pantang Menyerah

Sikap bertahan untuk mencapai tujuan, meski menghadapi tantangan dan kegagalan. Sikap tersebut didasari oleh motivasi dan keinginan yang kuat, serta kepercayaan diri.


Kerjasama

Kemampuan bekerjasama mutlak dimiliki untuk dapat menjadi bagian dalam kehidupan bermasyarakat.
Kemampuan bekerjasama dilandasi dengan toleransi yaitu sikap untuk menghargai perbedaan.

Baca Juga:

Baca Juga :  Prakarya Materi Mengenal Kerajinan Tekstil (Modern & Tradisional)
Baca Juga :  7 Prakarya Merancang Alat Komunikasi Dan Pengembangannya

Demikian Penjelasan Tentang Prakarya Dalam Berwirausaha (Percaya Diri, Kreatif, Tekun, Trampil & Kerjasama) Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this