Pola Kalimat Dasar Bahasa Indonesia Berdasarkan Kategori Dan Contohnya 5/5 (1)

Diposting pada

Pola Kalimat Dasar Bahasa Indonesia


Pola Kalimat

Kalimat yang kita pakai sebenarnya bisa dikembalikan ke sejumlah kalimat dasar yang sangat terbatas. Dengan kata lain, semua kalimat yang kita pakai hanya berasal dari beberapa pola kalimat dasar. Sesuai dengan kebutuhan pribadi kita, kita mengembangkan kalimat-kalimat dasar, yang mana pengembangannya tentunya harus berdasarkan pada aturan yang berlaku.


Pola Kalimat Dasar Bahasa Indonesia

Berdasarkan informasi sebelumnya, bisa disimpulkan bahwa kalimat dasar adalah kalimat yang berisi informasi dasar dalam struktur inti, belum mengalami perubahan. Perubahan ini bisa dalam bentuk menambahkan elemen seperti menambahkan deskripsi kalimat atau deskripsi subjek, predikat, objek, atau pelengkap. Kalimat dasar bisa dibagi menjadi delapan jenis sebagai berikut.


Kalimat Dasar Berpola S P

Kalimat dasar jenis ini mempunyai elemen subjek dan predikat. Predikat kalimat untuk jenis ini bisa berupa kata kerja, kata benda, kata sifat, atau jumlah kata.


  • Contoh Kalimat Dasar Berpola S P

Mereka / sedang berenang. = S / P (Kata Kerja)
Ayahnya / guru SMA. = S / P (Kata Benda)
Gambar itu / bagus.= S / P (Kata Sifat)
Peserta penataran ini / empat puluh orang. = S / P (Kata Bilangan)


Kalimat Dasar Berpola S P O

Kalimat dasar dari jenis ini mempunyai elemen subjek, predikat, dan objek. subjeknya adalah frase nominal atau nominal, predikatnya adalah kata kerja transitif, dan objek berupa nomina atau frase nominal.


  • Contoh Kalimat Dasar Berpola S P O

Mereka / sedang menyusun / karangan ilmiah. = S / P / O


  • Kalimat Dasar Berpola S P Pel.

Kalimat dasar jenis ini mempunyai unsur subjek, predikat, dan pelengkap. Subjek adalah frasa nominal atau nominal, predikatnya adalah kata kerja intransitif atau kata sifat, dan pelengkapnya adalah kata benda atau kata sifat.

Baca Juga :  22 Pengertian Seni Menurut Para Ahli Serta Fungsi, Macam Dan Contohnya

  • Contoh Kalimat Dasar Berpola S P Pel

Anaknya / beternak / ayam. = S / P / Pel.


Kalimat Dasar Berpola S P O Pel.

Kalimat dasar jenis ini mempunyai elemen subjek, predikat, objek, dan pelengkap. subjeknya adalah nomina atau frasa nominal, predikatnya adalah kata kerja transitif, objek dalam bentuk kata benda atau frasa nominal, dan pelengkap dalam bentuk nomina atau frasa nominal.

  • Contoh Kalimat Dasar Berpola S P O Pel.

Dia / mengirimi / saya / surat. = S / P / O / Pel.


Kalimat Dasar Berpola S P K

Kalimat dasar jenis ini mempunyai elemen subjek, predikat, dan harus mempunyai elemen informasi sebab diperlukan oleh predikat tersebut. Subjek adalah frasa nominal atau nominal, predikatnya adalah kata kerja intransitif, dan deskripsi adalah frasa preposisi.

  • Contoh Kalimat Dasar Berpola S P K

Mereka / berasal / dari Surabaya. = S / P / K


Kalimat Dasar Berpola S P O K

Kalimat dasar dari jenis ini mempunyai elemen subjek, predikat, objek, dan deskripsi. subjeknya adalah kata benda atau frasa kata benda, predikatnya adalah kata kerja transitif, objek dalam bentuk kata benda atau frasa nominal, dan pernyataan dalam bentuk frasa preposisi.


  • Contoh Kalimat Dasar Berpola S P O K

Kami / memasukkan / pakaian / ke dalam lemari. = S / P / O / K


Kalimat Dasar Berpola S P Pel. K

Kalimat dasar jenis ini mempunyai unsur subjek, predikat, pelengkap, dan penjelasan. Subjek adalah frasa atau frasa nominal, predikat dalam bentuk kata kerja atau kata sifat intransitif, komplementer dalam bentuk kata benda atau kata sifat, dan pernyataan dalam bentuk preposisi.


  • Contoh Kalimat Dasar Berpola S P Pel. K

Ungu / bermain / musik / di atas panggung. = S / P / Pel. / K


Kalimat Dasar Berpola S P O Pel. K

Kalimat dasar jenis ini mempunyai unsur subjek, predikat, objek, pelengkap, dan deskripsi. subjek adalah kata benda atau frasa nominal, predikatnya adalah kata kerja intransitif, objek dalam bentuk kata benda atau frasa nominal, pelengkap dalam bentuk kata benda atau frasa nominal, dan pernyataan dalam bentuk frasa preposisi.

Baca Juga :  Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik (Pengertian, Eksplorasi Dan Gerak)

  • Contoh Kalimat Dasar Berpola S P O Pel. K

Dia / mengirimi / ibunya / uang / setiap bulan. = S / P / O / Pel. / K


Baca Juga:


Demikian penjelasan artikel diatas tentang Pola Kalimat Dasar Bahasa Indonesia Berdasarkan Kategorinya semoga bisa bermanfaat untuk semua pembaca setia Pensil.Co.Id

Please rate this