Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli Serta Macam Dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Wilayah

Wilayah merupakan suatu daerah yang menjadi teritorial dari suatu kedaulatan. Di jaman dahulu, sering ada wilayah yang dikelilingi oleh batas-batas kondisi fisik alam, contohnya gunung, sungai, dan laut. Sedangkan sesudah masa kolonialisme, batasan itu dibuat oleh negara yang menempati daerah tersebut, serta selanjutnya dengan adanya negara bangsa, arti yang lebih umum dipakai ialah batas nasional.


Negara

Wilayah pada sebuah negara dapat dibatasi oleh daratan atau lautan. Wilayah ngara dapat diperbatas juga oleh pagar atau tembok yang dibaungun untuk bisa menambah suatu keamanan negara tersebut.


Macam-Macam Wilayah Dan Contohnya

  • Wilayah formal

Wilayah formal memiliki ciri dengan adanya sebuah atribut atau yang melekat pada diri manusia dan alam, contohnya kebangasaan budaya, jenis iklim/ bentk lahan. Cotohnya pemakaian di manfatkan penduduk sekitar untuk perkebunan.

  • Wilayah fungsional

Wilayah fungsional didasarkan pada konsep heterogenitas dan lebih dinamis bila kita bandingkan dengan wilayah formal dan fungsional lebih merujuk pada aspek pemakaian atau perkembangan suatu wilayah fungsional dicirikan dengan adanya interpedensi serta interakasi gejala di suatu wilayah. Contohnya, Kota Jarkarta untuk pusat aktivitas perekonomian, industri dan pemerintahan.


Pengertian Wilayah Menrut Para Ahli

  • Menurut R. E. Dickinson

Wilayah Merupakan suatu daerah tertentu yang ada pada sekelompok kondisi fisik yang sudah memungkinkan adanya tipe-tipe ekonomi tertentu.

  • Menurut Cressey

Wilayah (reagional) merupakan keseluruhan dari lahan, udara, air, dan manusia pada hubungan yang menguntungkan. Di setiap region adalah satu keutuhan yang batasnya tidak ditentukan dengan tepat.

  • Menurut A. I. Herbertson

Wilayah Merupakan kesatuan yang kompleks dan air, tanah, tumbuhan, udara, manusia dan hewan yang dipandang dari hubungan mereka yang secara khusus bersama-sama membentuk ciri tertentu diatas permukaan bumi.

  • Menurut W. I. G. Joerg

Wilayah merupakan area yang memiliki kondisi fisik yang sama atau homogen.

  • Menurut Platt

Wilayah merupakan daerah yang wilayahnya dikenal dengan berdasarkan keseragaman umum, baik didasarkan pada keadaan lahan serta penduduknya.

  • Menurut P. Vidal de La Blache

Wilayah merupakan lokasi yang didalamnya terdapat banyak hal yang berbeda-beda, tetapi dalam bentuk buatan tergabung dengan bersamaan dan saling menyesuaikan agar membentuk kebersaaman

  • Menurut Fanneman

Wilayah merupakan lokasi yang memiliki karakteristik kenampakan permukaan yang sama serta kenampakan ini berbeda dengan yang lainnya pada daerah di sekitarnya.

  • Menurut Taylor

Wilayah dapat diartikan dengan suatu kesatuan area di permukaan bumi yang bisa dibedakan dengan area lainnya lewat sifat-sifat seragam yang terlihat padanya.

  • Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 1997 tentang Rencana: Tata Ruang Wilayah Nasional

Wilayah merupakan ruang yang kesatuannya berada pada geografi dan segenap unsur terkait padanya, yang batas serta sistem dintentukan dengan berdasarkan aspek administratif dan aspek fungsioal.

Baca Juga:

Baca Juga :  Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Contohnya Lengkap
Baca Juga :  Pengertian Sampel Menurut Para Ahli Serta Contoh Dan Tekniknya

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli Serta Macam Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id

Pengertian Wilayah Menurut Para Ahli Serta Macam Dan Contohnya
5 (100%) 5 vote[s]