Pengertian Toleransi Menurut Para Ahli Serta Contohnya

Diposting pada

Pengertian Toleransi

Toleransi adalah istilah dalam konteks sikap dan tindakan yang melarang diskriminasi terhadap kelompok yang berbeda atau tidak dapat diterima oleh mayoritas masyarakat makna sosial, budaya dan agama.

Pengertian Toleransi Menurut Para Ahli

  • W.J.S Purwadarminta

Toleransi adalah bentuk toleransi atau menghormati alam, dan untuk memungkinkan pembentukan, pendapat, pandangan, keyakinan dan lain-lain yang berbeda dengan pendirian mereka sendiri.

  • Ensiklopedi Indonesia

Toleransi dalam sosial, politik, sikap memungkinkan orang untuk memiliki keyakinan yang berbeda. Selain menerima laporan dari pengakuan dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

  • Ensiklopedi Amerika

Toleransi memiliki arti yang sangat terbatas. Ia menyiratkan menahan diri dari pelanggaran dan penganiayaan, namun, ia menunjukkan ketidaksetujuan tersembunyi dan biasanya mengacu pada suatu kondisi di mana kebebasan perbolehkannya terbatas dan bersyarat.


Contoh Toleransi

Toleransi beragama, di mana pengikut mayoritas dalam masyarakat menghormati keberadaan agama atau kepercayaan lain yang berbeda. Toleransi Istilah ini juga digunakan dalam definisi “kelompok” yang lebih luas, misalnya partai politik, orientasi seksual, dan lain-lain. Masih banyak kontroversi dan kritik dari prinsip-prinsip toleransi, baik dari kaum liberal dan konservatif.


Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Toleransi Menurut Para Ahli Beserta Contohnya  Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id
Baca Juga :  Prakarya Kerajinan Tangan Sederhana Dan Keterampilan Lainnya