Pengertian Sumber Daya Menurut Para Ahli Dan Macamnya

Diposting pada

Pengertian Sumber Daya

  • Sumber daya alam
  • Sumber daya manusia
  • Sumber daya modal

Sumber daya adalah nilai potensial dari materi atau elemen dalam kehidupan tertentu. Sumbernya tidak selalu fisik, tetapi juga non-fisik (tidak berwujud).

Tidak ada sumber daya yang bisa berubah menjadi lebih besar atau menghilang, dan ada juga sumber daya abadi. Selain itu, sumber daya yang dapat dipulihkan atau terbarukan (sumber daya terbarukan) dan sumber daya tidak terbarukan. Dapat memulihkan sumber daya termasuk tumbuhan dan hewan (sumber daya hayati).

Pengertian Sumber Daya Menurut Para Ahli


Sumber Daya Alam (SDA)

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Ini tidak hanya mencakup komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah.


Inovasi teknologi, kemajuan dalam peradaban manusia dan populasi, dan revolusi industri telah membawa orang ke era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaan mereka terus menurun secara signifikan, terutama di abad yang lalu.


Sumber Daya Alam (SDA) Menurut Para Ahli

  • Menurut Isard (dalam Soerianegara, 1977)

Sumber daya alam adalah lingkungan dan bahan baku yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dan kesejahteraannya.


  • Menurut Suryanegara (1977)

Sumber daya alam adalah unsur-unsur alam, baik fisik maupun biologis, yang dibutuhkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan mereka untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Katili (1983) berpendapat bahwa sumber daya alam adalah semua elemen dari lingkungan biofisik nyata atau potensial untuk memenuhi kebutuhan manusia.


  • Irlandia 1974 dalam Soerianegara, 1977

Sumber Daya Alam adalah keadaan lingkungan alam yang memiliki nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia.


Sumber Daya Manusia (SDM)

Sumber daya manusia merupakan suatu faktor terpenting yang bahkan tidak dapat dipisahkan dari suatu organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Intinya, sumber daya manusia dalam bentuk manusia dipekerjakan dalam suatu organisasi sebagai pendorong, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi.


Sumber Daya Manusia (SDM) Menurut Para Ahli

  • Sonny Sumarsono (2003, h 4)

Sumber Daya Manusia merupakan usaha kerja atau jasa yang dapat diberikan dalam proses produksi. Dalam hal lain SDM mencerminkan kualitas usaha yang diberikan oleh seseorang dalam waktu tertentu untuk menghasilkan barang dan jasa.


  • Mary Parker Follett

Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu seni untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai pekerjaan yang diperlukan, atau dengan kata lain tidak melakukan pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.


  • M.T.E. Hariandja (2002, h 2)

Sumber Daya Manusia adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu perusahaan disamping faktor yang lain seperti modal. Oleh karena itu SDM harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi.


  • Mathis dan Jackson (2006, h.3)

Sumber Daya Manusia meruapakan rancangan sistem-sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan organisasi.


  • The Chartered Institute of Personnel and Development (CIPD) dalam Mullins (2005).

Sumber daya manusia merupakan sebagai strategi perancangan, pelaksanaan dan pemeliharaan untuk mengelola manusia untuk kinerja usaha yang optimal termasuk kebijakan pengembangan dan proses untuk mendukung strategi.


  • Hasibuan (2003, h 244)

Pengertian Sumber Daya Manusia merupakan kemampuan terpadu dari daya pikir dan daya fisik yang dimiliki individu. Pelaku dan sifatnya dilakukan oleh keturunan dan lingkungannya, sedangkan prestasi kerjanya dimotivasi oleh keinginan untuk memenuhi kepuasannya.


Pengertian Sumber Daya Modal

Menurut  ilmu ekonomi, pengertian modal adalah hasil produksi yang dipergunakan dalam proses produksi lebih lanjut untuk menghasilkan barang lain. Usaha menambah barang modal disebut investasi (pembentukan modal). Investasi penting sekali untuk pembangunan sebab dengan tersedia modal yang lebih banyak, produksi barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat akan tersedia lebih banyak.


Ditinjau dari sudut penggunaan modal dalam proses produksi, modal dapat   dibedakan menjadi modal tetap dan modal lancar.

  1. Modal tetap adalah modal yang dapat dipakai lebih dari satu kali proses produksi. Contohnya, gedung pabrik, mobil, peralatan pabik, dan mesin-mesin.
  2. Modal lancar adalah modal yang habis dipakai dalam satu kali proses produksi. Contohnya, bahan baku bagi pabrik roti, seperti terigu, gula pasir, telur, mentega, dan aroma akan habis dalam satu kali proses produksi.

Pengertian Modal Menurut Para Ahli

  • Menurut Prof. Bakker

pengertian modal adalah : Modal diartikan baik berupa berupa barang-barang konkret yang masih ada dalam rumah tangga perusahaan perusahaan yang terdapat di neraca sebelah debit, maupun berupa berupa daya beli atau nilai tukar dari barang-barang itu yang tercatat disebelah kredit.


  • Menurut Bambang Riyanto (1998 : 10) Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan

“Modal adalah hasil produksi yang digunakan untuk memproduksi lebih lanjut. Dalam perkembangannya kemudian modal ditekankan pada nilai, daya beli atau kekuasaan memakai atau menggunakan yang terkandung dalam barang-barang modal”.


  • Menurut Lawrence J. Gitman (1997 : 482 )

Capital is a long term funds of the firm; all items on the right hand side of the firm balance sheet excluding current liabillities.Modal adalah dana jangka panjang dari suatu perusahaan; semua item pada sisi kanan neraca perusahaan tidak termasuk kewajiban lancar.


  • Menurut Drs. Moekijat ( 2000 : 63 ) dalam “ Kamus Manajemen”

“Ada banyak perumusan yang berlainan mengenai modal, biasanya modal dianggap terdiri dari uang tunai , kredit, hak membuat dan menjual sesuatu (paten), mesin-mesin dan gedung-gedung. Akan tetapi sering istilah tersebut dipergunakan untuk menyatakan hak milik total yang terdiri atas jumlah yang ditanam, surplus dan keuntungan-keuntungan yang tidak dibagi.”


Kita bisa menyimpulkan sendiri tentang pengertian modal, yaitu aset baik berupa barang-barang atau dana yang di jadikan sebagai pokok menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Itu artinya jika kita bisa mengatur dana modal dengan baik, maka kita juga akan mampu membangun usaha lebih baik, karena sejatinya modal adalah pondasi dalam menjalankan usaha.


Baca Juga:

Baca Juga :  21 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli Beserta Syaratnya Lengkap

Baca Juga :  Pengertian Gerak Benda Pada Bidang Datar Serta Contoh Dan Macamnya


Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Sumber Daya Menurut Para Ahli Dan Macamnya Lengkap Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca Pensil.Co.Id