Pengertian Standar Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Lengkap

Diposting pada

Standar, atau standar teknis penuh, adalah norma atau persyaratan yang biasanya dalam bentuk dokumen formal yang menciptakan kriteria, metode, proses, dan praktik yang seragam atau teknis. Standar juga dapat berupa artefak atau perangkat formal lain yang digunakan untuk kalibrasi. Standar primer biasanya terletak di dalam yurisdiksi badan standardisasi nasional.

Standar sekunder, tersier, ujian, dan bahan biasanya digunakan sebagai standar referensi dalam sistem metrologi. Kebiasaan, konvensi, produk perusahaan, atau perusahaan yang telah menerima standar komunitas dominan dan sering disebut sebagai “standar de facto”.

Suatu standar, dapat dikembangkan dengan caranya sendiri atau secara sepihak, misalnya oleh perusahaan, organisasi, militer, dll. Contoh standar perusahaan adalah Standard Operating Procedure (SOP). Standar juga dapat dikembangkan oleh kelompok-kelompok seperti asosiasi perdagangan atau asosiasi yang memiliki visi yang sama. Misalnya, klasifikasi jenis minyak, yang secara default dibuat oleh American Petroleum Institute (API), yang kemudian diadopsi sebagai standar internasional.

Pengertian Standar Menurut Para Ahli Beserta Contohnya


Setiap negara memiliki badan standardisasi dan biasanya memiliki lebih banyak keanekaragaman daripada standar sukarela dan umumnya mengembangkan standar. Standar-standar ini mungkin diperlukan jika diadopsi oleh pemerintah, kontrak bisnis, dll.

Proses standardisasi dapat melalui pengumuman resmi atau mungkin juga melibatkan konsensus resmi dari para ahli teknis.


Pengertian Standar Menurut Para Ahli

  • Menurut Wikipedia
Standar, atau standar teknis penuh, adalah norma atau persyaratan yang biasanya dalam bentuk dokumen formal yang menciptakan kriteria, metode, proses, dan praktik rekayasa seragam atau teknis.

Contoh Standar

Contoh dari standar perusahaan adalah Standard Operating Procedure (SOP). Standar juga dapat dikembangkan oleh kelompok-kelompok seperti asosiasi perdagangan atau asosiasi yang memiliki visi yang sama. Misalnya, jenis klasifikasi minyak adalah standar yang dibuat oleh American Petroleum Institute (API), yang kemudian diadopsi sebagai standar internasional.

Baca Juga:

Baca Juga :  16 Pengertian Norma Menurut Para Ahli Beserta Macam Dan Contohnya
Baca Juga :  Pengertian Sampel Menurut Para Ahli Serta Contoh Dan Tekniknya
Demikian Penjelasan Diatas Tentang Pengertian Standar Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id
Pengertian Standar Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Lengkap
5 (100%) 2 vote[s]