Pengertian Resensi Menurut Para Ahli Serta Manfaat, Jenis Dan Tujunnya

Diposting pada

Pengertian Resensi Menurut Para Ahli


Pengertian Resensi

Resensi berasal dari bahasa Belanda resentie dan bahasa Latin recensio, recensere atau juga revidere yang artinya mengulas kembali. Resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya. Karya yang  dinilai dapat berupa buku dan karya seni film dan drama. Menulis resensi terdiri dari kelebihan, kekurangan dan informasi yang diperoleh dari buku dan disampaikan kepada masyarakat.


Pengertian Resensi Menurut Para Ahli

  • Mukhsin Ahmadi

Resensi merupakan bentuk uraian informatif tentang isi dan kualitas buku kepada khalayak umum

  • Eka Budianta

Resensi buku merupakan tulisan dengan bentuk artikel yang sederhana.

  • Widjono

Resensi merupakan ulasan hasil dari karya orang lain, film produk teknologi, buku, dan lainnya. Sebagai pertimbangan dan juga gambaran terhadap seseorang tentang hasil karya yang dibuatnya.

  • Saryono

Resensi buku merupakan bentuk tulisan berupa artikel atau esai tentang suatu buku. Yang isi resensi buku itu merupakan laporan, ulasan, atau pertimbangan baik-buruk, keuat-lemah, bermanfaat-
tidak, benar-salah, Dengan pemakaian bahwa yang argumentative dengan mencantumkan foto buku atau foto copy sampul buku yang resensi.

  • Kurniawan Djunaedi

Resensi merupakan bentuk pendapat subjektif yang merupakan kepuasan terhadap hasil penelitian yang kelaurkan seorang peneliti.

  • KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Resensi buku merupakan bentuk pertimbangan atau pembicaraan tentang buku atau ulasan buku yang dilakukan penulisnya atau pembaca yang telah tuntas membacanya.

  • Panuti Sudjiman

Resensi merupakan hasil pembahasan serta penelitian yang sangat isngkat tentang karya tulis. Konteks ini secara tidak langsung, tentu memberi arti resensi sebagai penilaian, mengungkap sekilas, serta membahas singkat berbagai jenis buku.

  • WJS. Poerwadarminta

Resensi merupakan bentuk pertimbangan tetang buku tertentu yang dinilai kelebihan atau kekurangan sehingga memberikan dorongan terhadap khalayak umum terhadap buku tersebut dibaca dan dimiliki. Umumnya perbincangan buku yang diresensi dimuat pada surat kabar, cetak atau online.


Manfaat Resensi

1. Bahan pertimbangan

Memberikan gambaran kepada para pembaca tentang suatu karya dan mempengaruhi mereka atas karya tersebut.

2. Nilai ekonomis

Mendapatkan uang atau imbalan serta buku-buku yang diresensikan secara gratis dari penerbit buku apabila resensinya dimuat di koran atau majalah.

3. Sarana promosi buku

Buku yang diresensikan adalah buku baru yang belum pernah diresensi. Dengan demikian, resensi merupakan media untuk mempromosikan buku baru tersebut.

4. Pengembangan Kreativitas

Semakin sering menulis, maka semakin terasah kebiasaan menulis untuk setiap individu. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan kreativitas menulis.


Jenis Resensi

  • Informatif, disini resensi disampaikan secara singkat dan umum dari keseluruhan isi buku.
  • Deskriptif, yaitu resensi yang membahas secara detail pada setiap bagian atau bab nya.
  • Kritis, yaitu resensi yang mengulas detail buku menggunakan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi resensi biasanya objektif dan kritis dalam menilai isi buku.

Tujuan Resensi

  1. Mengetahui kelebihan dan kekurangan buku yang di resensi.
  2. Memberikan gambaran kepada pembaca dan penilaian umum dari sebuah karya secara ringkas.
  3. Memberikan masukan kepada penulis berupa kritis dan saran terhadap isi, substansi, cara penulisan buku.
  4. Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
  5. Menguji kualitas buku dan membandingkan terhadap karya lainnya.

Baca Juga:

Baca Juga :  Membaca Cepat : Rumus, Tujuan, Manfaat, Contoh, Jenis, Ciri Dan 4 Tekniknya
Baca Juga :  Cara Membuat Catatan Dan Memahami Bunyi Serta Alat Ucap Manusia

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Resensi Menurut Para Ahli Serta Manfaat, Jenis Dan Tujunnya Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca Pensil.Co.Id