6 Pengertian Referensi Beserta Contoh Dan Jenisnya Lengkap

Diposting pada
Referensi adalah sesuatu yang digunakan pemberi informasi (pembicara) untuk menyokong atau memperkuat pernyataan dengan tegas. Dikenal juga dengan sebutan rujukan.
Referensi mungkin menggunakan faktual ataupun non faktual. Referensi faktual terdiri atas kesaksian, statistik contoh, dan obyek aktual. Referensi dapat berwujud dalam bentuk bukti, nilai-nilai, dan/ atau kredibilitas. Sumber materi referensi adalah tempat materi tersebut ditemukan.
Pengertian Referensi Beserta Contoh

  • Referensi faktual

Referensi faktual adalah kesaksian, statistik, contoh-contoh, dan objek-objek faktual yang kemudian digunakan oleh pemberi informasi (pembicara) untuk menyokong atau memperkuat pernyataan atau tuntutannya.

Referensi faktual digunakan untuk menetapkan tingkat kemungkinan tinggi atau bukti logis sementara referensi non faktual dapat digolongkan sebagai “bukti etis atau bukti emosional”.


  • Referensi non faktual

Referensi non faktual adalah cerita, contoh, hipotesis, kutipan-kutipan sastra, analogi, dan sebagainya yang digunakan oleh seseorang untuk menyokong atau memperkuat pernyataan atau tuntutannya.

Referensi non faktual pada umumnya digunakan untuk memperkuat rujuan faktual, menambah minat pada referensi faktual, atau membuat referensi faktual dapat dipercaya (meningkatkan kejelasan).

Referensi non faktual dapat digolongkan sebagai “bukti etis atau bukti emosional”, sementara referensi faktual digunakan untuk menetapkan tingkat kemungkinan tinggi atau bukti logis.

Dalam sebuah presentasi referensi non faktual dapat membantu para penyimaknya untuk terlibat secara personal.


Jenis-Jenis Referensi

  1. Materi-materi referensi faktual dan rujukan non faktual mungkin muncul dalam tiga bentuk:
  2. Bukti seperti contoh-contoh, statistik, dan kesaksian.
  3. Nilai-nilai yang dianut oleh orang-orang yang menerima argumentasi (anggota khalayak).
  4. Kredibilitas pemberi informasi (pembicara)

Contoh

Contohnya: Seorang pemberi informasi mungkin merujuk pada pengalamannya sendiri untuk menyakinkan pemirsanya bahwa ia adalah orang yang cakap.

Baca Juga:

Baca Juga :  8 Pengertian Kecerdasan Buatan Menurut Para Ahli Dan Contoh Serta Tujuannya
Baca Juga :  Pengertian Sampel Menurut Para Ahli Serta Contoh Dan Tekniknya
 
 
Demikian Penjelasan Tentang 6 Pengertian Referensi Beserta Contoh Dan Jenisnya Lengkap  Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id
6 Pengertian Referensi Beserta Contoh Dan Jenisnya Lengkap
3.9 (78.06%) 124 vote[s]