Pengertian Prosedur Menurut Para Ahli Dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Prosedur

Prosedur adalah serangkaian aksi yang spesifik, tindakan atau operasi yang harus dijalankan atau dieksekusi dengan cara yang baku (sama) agar selalu memperoleh hasil yang sama dari keadaan yang sama, semisal prosedur kesehatan dan keselamatan kerja.

Pengertian Prosedur Menurut Para Ahli Dan Contohnya

Dalam melaksanakankegiatan usahanya perusahaan menyusun suatu prosedur sebagai landasan dalam pelaksanaan kegiatannya. Prosedur disusun sebaik-baiknya agar dapat tercapai tujuan kegiatan yang direncanakan .


Pengertian Prosedur Menurut Para Ahli

  • Menurut Zaki Baridwan (1990)

Prosedur adalah urutan pekerjaan klerikal yang melibatkan beberapa orang dalam suatu bagian atau lebih, disusun untuk menjamin adanya perlakuan yang seragam terhadap transaksi yang sering terjadi.

  • Menurut Mulyadi (2001)

Prosedur merupakan urutan kegiatan klerikal, biasanya melibatkan beberapa orang dalam suatu departemen atau lebih yang dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang.

  • Menurut Mulyadi (2005:5)

“Prosedur ialah urutan kegiatan klerikal biasanya melibatkan beberapa orang dalam suatu departemen atau lebih, yang  dibuat untuk menjamin penanganan secara seragam transaksi perusahaan yang terjadi berulang-ulang”.

  • Menurut Narko (2003 :3)

“Prosedur adalah serangkaian titik rutin yang di ikuti dalam melaksanakan suatu wewenang fungsi dan operasional”.

Berdasarkan pengertian diatas tersebut dapat diketahui bahwa prosedur ialah suatu serangkaian kegiatan yang biasanya melibatkan beberapa orang, guna menangani segala transaksi perusahaan yang berulang terjadi secara seragam.

  • Menurut  Fauzi dalam kamus Akuntansi Praktis (1995: 214)

“Prosedur adalah urutan-urutan pekerjaan administrative, biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu bagian atau lebih yang  disusun untuk menjamin adanya perlakuan yang seragam terhadap transaksi-transaksi perusahaan yang sering terjadi”

  • Menurut W. Gerald cole yang dikutip oleh Zaki Badriawan dalam bukunya Sistem Akuntansi (1998:3)

“Prosedur adalah suatu urutan-urutan pekerjaan kerani( klerikal), biasanya melibatkan beberapa orang dalam satu bagian atau lebi, disusun untuk menjamin adanya perlakuan yang seragam terhadap transaksi-transaksi perusahaan yang terjadi.

Dari kedua pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa prosedur adalah kegiatan administrasi yang melibatkan beberapa orang untuk melaksanakan kegiatan perusahaan yang telah ditetapkan .


Lebih tepatnya, kata ini bisa mengindikasikan rangkaian aktivitas, tugas-tugas, langkah-langkah, keputusan-keputusan, perhitungan-perhitungan dan proses-proses, yang dijalankan melalui serangkaian pekerjaan yang menghasilkan suatu tujuan yang diinginkan, suatu produk atau sebuah akibat. Sebuah prosedur biasanya mengakibatkan sebuah perubahan.


Contoh Prosedur

  1. Instruksi atau resep, serangkaian perintah yang menunjukkan bagaimana menyiapkan atau membuat sesuatu
  2. Subrutin atau metode (ilmu komputer), sebuah sub program yang merupakan bagian dari program yang besar
  3. Algoritma, dalam matematika dan ilmu komputer, serangkaian operasi atau perhitungan untuk menyelesaikan tugas tertentu
  4. Prosedur operasi standar
  5. Prosedur hukum
  6. Prosedur parlemen

Contoh Teks Prosedur

Cara Menghidupkan Komputer

Komputer adalah salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum digunakan, komputer ini harus dioperasikan terlebih dahulu. Dalam pengoperasian komputer harus mengikuti setiap prosedur bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar. Untuk menghidupkan komputer dengan benar maka ikutilah langkah-langkah berikut:

Buka penutup (cover) monitor, CPU, keyboard dan printer.

  1. Pastikan saklar yang menyediakan arus listrik terhubungan dengan kabel power ke stabilizer atau CPU komputer
  2. Tekan tombol power pada CPU dan tombol power monitor.
  3. Komputer akan booting, tunggu proses ini sampai selesai.
  4. Setelah selesai proses booting, komputer siap digunakan.

Cara mematikan komputer

Sesudah selesai menggunakan komputer maka mesti dimatikan terlebih dahulu supaya tidak menyala terus. Sama halnya dengan prosedur dalam menyalakan komputer, kemudian untuk cara mematikan komputer juga membutuhkan prosedur agar komputer tak cepat mengalami kerusakan. Ikuti untuk tahap-tahap yang benar pada berikut ini:

  1. Tutuplah seluruh aplikasi atau program yang masih aktif.
  2. Tekan tombol “Start” dengan menggunakan mose pada desktop.
  3. Tekan menu “Turn off komputer”
  4. Di kotak dialog “Turn off komputer”. tekan tombol power monitor.
  5. Diamkanlah untuk beberapa saat sampai komputer mati.
  6. Klik tombol off di monitor dalam memadamkan monitor.
  7. Cabutlah kabel listrik pada jala-jala listrik.
  8. Tutuplah dengan menggunakan penutup.

Baca Juga:

Baca Juga :  Pengertian Standar Menurut Para Ahli Beserta Contohnya Lengkap
Baca Juga :  16 Pengertian Norma Menurut Para Ahli Beserta Macam Dan Contohnya

Sekian Penjelasan Diatas  Pengertian Prosedur Menurut Para Ahli Dan Contohnya Lengkap Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca Pensil.Co.Id