20 Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli Berserta Tujuan Dan Elemennya 5/5 (1)

Diposting pada
Dalam perencanaan manajemen adalah “Patokan” untuk memfasilitasi manajer untuk mencapai tujuan, membuat strategi untuk mencapai tujuan itu, dan mengembangkan rencana untuk kegiatan kerja organisasi. Perencanaan adalah proses yang paling penting dari semua fungsi manajemen karena tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain – mengatur, mengarahkan dan mengendalikan – tidak akan berfungsi.

Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana tidak tertulis dan bukan tujuan bersama anggota organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilakukan oleh suatu organisasi dalam periode waktu tertentu.
Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli Berserta Tujuan Dan Elemennya

20 Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli

  • Garth N.Jone

Perencanaan merupakan proses seleksi dan pengembangan daripada tindakan terbaik untuk mencapai tugas.

  • Kusmiadi (1995)

Perencanaan merupakan proses dasar yang kami gunakan untuk memilih tujuan dan menggambarkan cara mencapainya.

  • Soekartawi (2000)

Perencanaan merupakan pemilihan alternatif atau alokasi berbagai sumber daya yang tersedia.

  • Deacon

Perencanaan merupakan upaya untuk mengatur berbagai keputusan dasar, yang dianggap paling penting dan yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan yang dinyatakan.

  • Goetz

Perencanaan merupakan kemampuan untuk memilih satu kemungkinan dari berbagai kemungkinan yang tersedia dan yang dianggap paling tepat untuk mencapai tujuan.

  • George Pickett & John J. Hanlon

Perencanaan merupakan proses menentukan bagaimana mencapai suatu tujuan begitu tujuan itu ditetapkan.

  • Drs. H. Malayu S. P. Hasibuan

Perencanaan merupakan sejumlah keputusan mengenai keinginan dan berisi pedoman implementasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Jadi, setiap rencana mengandung dua elemen, yaitu: “tujuan dan pedoman”.

  • Melville Brance, 1980

Perencanaan merupakan proses kegiatan yang sedang berlangsung dan memutuskan apa yang dapat dilakukan dan diinginkan untuk masa depan dan bagaimana mencapainya.

  • Peter Hall, 1992

Perencanaan merupakan kompilasi tindakan berurutan yang mengarah pada pencapaian tujuan.

  • Faludi, 1973

Perencanaan sebagai proses untuk menentukan tindakan berorientasi masa depan melalui serangkaian pemikiran.

  • Waterson, 1965

Perencanaan meruapkan upaya sadar, terorganisir, dan berkesinambungan untuk memilih alternatif untuk mencapai tujuan tertentu.

  • Louis A.Allen

Perencanaan merupakan menentukan serangkaian tindakan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

  • George R. Terry (1975)

Perencanaan merupakan pemilihan dan penghubungan fakta, membuat dan menggunakan asumsi yang terkait dengan masa depan dengan menggambarkan dan merumuskan kegiatan tertentu yang diyakini diperlukan untuk mencapai hasil tertentu.

  • Henry Fayol

Perencanaan merupakan pemilihan atau penentuan tujuan organisasi dan penentuan strategi kebijakan proyek, program, prosedur, metode, sistem anggaran dan standar yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

  • Harold Koontz dan Cyril O’Donnel

Perencanaan merupakan fungsi manajer yang berurusan dengan memilih tujuan alternatif, kebijakan, prosedur, program.

  • Abdulrachman (1973)

Perencanaan adalah pemikiran rasional berdasarkan fakta dan / atau perkiraan yang mendekati (estimasi) dalam persiapan untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

  • Sondang P. Siagian (1994: 108)

Perencanaan bisa didefinisikan sebagai keseluruhan proses pemikiran dan tekad hati-hati daripada hal-hal yang akan dilakukan di masa depan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

  • Prajudi Atmosudirdjo

Perencanaan merupakan perhitungan dan penentuan sesuatu yang akan dieksekusi dalam mencapai tujuan tertentu, oleh siapa, dan bagaimana.

  • Drs. Ulbert Silalahi, M.A

Perencanaan merupakan kegiatan untuk menetapkan tujuan dan merumuskan serta mengatur pemanfaatan, informasi, keuangan, metode, dan waktu manusia untuk memaksimalkan efisiensi dan efektivitas dalam mencapai tujuan.

  • Cuningham

Perencanaan merupakan memilih dan menghubungkan pengetahuan, fakta, imajinasi, dan asumsi untuk masa depan dengan tujuan memvisualisasikan dan merumuskan hasil yang diinginkan, urutan kegiatan yang diperlukan, dan perilaku dalam batas yang dapat diterima dan digunakan dalam penyelesaian.


Tujuan Perencanaan

Stephen Robbins dan Mary Coulter mengemukakan banyak tujuan perencanaan.

Tujuan pertama adalah untuk memberikan panduan bagi para manajer dan karyawan non-manajerial. Dengan rencana tersebut, karyawan dapat mengetahui apa yang harus mereka capai, dengan siapa mereka harus bekerja bersama, dan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi. Tanpa rencana, departemen dan individu dapat bekerja secara independen secara acak, sehingga pekerjaan organisasi tidak efisien.


Tujuan kedua adalah untuk mengurangi ketidakpastian. Ketika seorang manajer membuat rencana, dia dipaksa untuk melihat jauh ke depan, memperkirakan perubahan, memperkirakan dampak perubahan ini, dan berencana untuk menghadapinya.

Tujuan ketiga adalah meminimalkan pemborosan. Dengan pekerjaan yang ditargetkan dan terencana, karyawan dapat bekerja lebih efisien dan mengurangi pemborosan. Selain itu, dengan suatu rencana, seorang manajer juga dapat mengidentifikasi dan menghapus hal-hal yang dapat menyebabkan ketidakefisienan di perusahaan.

Tujuan akhir adalah untuk menetapkan tujuan dan standar yang digunakan dalam fungsi selanjutnya, yaitu proses kontrol dan evaluasi. Proses mengevaluasi atau mengevaluasi adalah proses membandingkan rencana dengan kenyataan. Tanpa rencana, manajer tidak akan dapat menilai kinerja perusahaan. Terlepas dari empat hal ini, sebagian besar studi menunjukkan hubungan antara perencanaan dan kinerja perusahaan.


Elemen Perencanaan

  • Sasaran
Sasaran merupakan sesuatu hal yang ingin dicapai oleh individu, grup, atau seluruh organisasi. Sasaran sering pula disebut tujuan. Sasaran memandu manajemen membuat keputusan dan membuat kriteria untuk mengukur suatu pekerjaan.
  • Rencana

Rencana atau plan merupkana dokumen yang digunakan sebagai skema untuk mencapai tujuan. Rencana biasanya mencakup alokasi sumber daya, jadwal, dan tindakan penting lainnya. Paket dibagi berdasarkan cakupan, periode waktu, spesifisitas, dan frekuensi penggunaan. Berdasarkan ruang lingkup, rencana tersebut dapat dibagi menjadi rencana strategis dan rencana operasional. Rencana strategis adalah rencana umum yang berlaku di semua tingkatan organisasi sedangkan rencana operasional adalah rencana yang mengatur kegiatan sehari-hari anggota organisasi.

 

Baca Juga:

Baca Juga :  Pengertian Sampel Menurut Para Ahli Serta Contoh Dan Tekniknya
Baca Juga :  Pengertian Resensi Menurut Para Ahli Serta Manfaat, Jenis Dan Tujunnya

 

Sekian Penjelasan Diatas Tentang Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli Berserta Tujuan Dan Elemennya Semoga Bermanfaat Untuk Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this