Pengertian Pengetahuan Menurut Para Ahli 5/5 (1)

Diposting pada

Pengertian Pengetahuan Menurut Para Ahli, Jenis Dan Faktornya – Pengetahuan adalah informasi yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan termasuk, namun tidak terbatas pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur Probabilitas Bayesian adalah benar atau berguna.


Dalam arti lain, pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan pria yang diperoleh melalui akal pengamatan. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan kecerdasan untuk mengenali obyek atau peristiwa tertentu yang tidak pernah melihat atau rasakan sebelumnya. Misalnya ketika seseorang yang akrab rasa masakan baru, ia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk, rasa, dan aroma makanan.


Pengetahuan adalah informasi yang telah dikombinasikan dengan pemahaman dan potensi untuk menindaki; yang kemudian tertanam dalam pikiran seseorang. Secara umum, pengetahuan memiliki kemampuan prediktif terhadap sesuatu sebagai hasil pengenalan pola. Ketika informasi dan data dari mampu untuk menginformasikan atau bahkan menimbulkan kebingungan, pengetahuan mampu tindakan langsung. Ini adalah apa yang disebut potensial menindaki.


Pengertian Pengetahuan Menurut Para Ahli

  • Pudjawidjana, Mendefinisikan pengetahuan sebagai reaksi pada manusia dengan semua rangsangan yang terjadi di alat untuk melakukan indera penginderaan jauh pada objek tertentu.
  • Notoatmodjo, Berpendapat sedikit berbeda. Dia berpendapat kekuatan bahwasannya adalah hasil dari pengetahuan setelah orang melakukan penginderaan jauh.
  • Menurut Onny S. Prijono, Pengetahuan yang diperoleh dari nilai membiasakan orang-orang ini mengembangkan rasa ingin tahu.
  • Sumadi¬† (1996), Menunjukkan bahwa pengetahuan adalah kemampuan seseorang untuk mengingat fakta, simbol, proses, dan teori. 6 Pengertian Pengetahuan Menurut Para Ahli
  • Notoadmojo (2002), Mendefinisikan ide bahwa pengetahuan adalah hasil dari perilaku manusia yang terjadi setelah penginderaan dari objek tertentu, teori serupa diungkapkan oleh Locke.
  • Menurut Keraf (2001), Pengetahuan adalah seluruh pemikiran, ide, gagasan, konsep, dan pemahaman manusia, ia mengambil inisiatif untuk berbagi pengetahuan dengan: (1) pola, (2) jenis dapat digambarkan sebagai di halaman berikut.
Pengertian Pengetahuan

Jenis Pengetahuan

  • Pengetahuan Implisit

Pengetahuan implisit adalah pengetahuan yang masih tertanam dalam bentuk pengalaman seseorang dan berisi faktor-faktor yang tidak nyata seperti keyakinan pribadi, perspektif, dan prinsip-prinsip. Pengetahuan diam seseorang biasanya sulit untuk ditransfer ke orang lain, secara tertulis atau Lesan. Kemampuan bahasa, merancang, atau mengoperasikan mesin atau alat-alat yang memerlukan pengetahuan yang rumit tidak dapat selalu tampil secara eksplisit, dan juga tidak begitu mudah untuk mentransferkannya kepada orang lain secara eksplisit.

Baca Juga :  9 Pengertian Kecerdasan Moral Menurut Para Ahli Lengkap

Contoh sederhana dari pengetahuan implisit adalah kemampuan untuk mendorong sepeda. Pengetahuan umum tentang bagaimana untuk naik sepeda adalah bahwa untuk menjadi seimbang, jika motor ke kiri, kemudian arahkan kemudi ke kanan. Belok kanan, pertama mengarahkan roda pertama ke kiri sedikit, dan kemudian ketika sepeda cenderung kenan, mengarahkan tajam ke kanan. Tapi mengetahui itu tidak cukup bagi seorang pemula untuk dapat mendorong sepeda.


  • Pengetahuan Eksplisit

Pengetahuan eksplisit adalah pengetahuan yang telah didokumentasikan atau disimpan dalam wujud nyata dalam bentuk media, atau sejenisnya. Dia telah diartikulasikan dalam bahasa formal dan dapat relatif mudah disebarkan secara luas. Informasi yang tersimpan di ensiklopedia (termasuk Wikipedia) adalah contoh yang bagus dari pengetahuan eksplisit.


  • Pengetahuan empiris

Pengetahuan yang menekankan pengamatan dan rasa pengalaman dikenal sebagai pengetahuan empiris atau pengetahuan posteriori. Pengetahuan ini bisa didapatkan dengan melakukan pengamatan yang dilakukan secara empiris dan rasional. Pengetahuan empiris juga dapat berkembang menjadi pengetahuan deskriptif jika seseorang dapat menjelaskan dan menggambarkan semua ciri-ciri, karakteristik, dan gejala yang ada dalam objek empiris.


Pengetahuan empiris juga bisa didapatkan melalui pengalaman pribadi manusia yang terjadi berulang kali. Misalnya, seseorang yang sering dipilih untuk memimpin organisasi itu sendiri akan mendapatkan pengetahuan tentang manajemen organisasi.


  • Pengetahuan rasionalisme

Pengetahuan rasionalisme adalah pengetahuan yang diperoleh melalui akal. Rasionalisme menekankan pengetahuan a priori; tidak ada penekanan pada pengalaman. Misalnya pengetahuan matematika. Dalam matematika, hasil 1 + 1 = 2 tidak diperoleh melalui pengalaman atau pengamatan empiris, tetapi melalui pikiran untuk berpikir logis.


Faktor-faktor yang memengaruhi pengetahuan

  • Pendidikan
  • Media
  • Informasi

Tingkatan Pengetahuan

  1. Know (tahu)
  2. Comprehension (memahami)
  3. Aplication (aplikasi)
  4. Analysis (analisis)
  5. Evaluation (evaluasi)

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Pengetahuan Menurut Para Ahli, Jenis Dan Faktornya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id

Baca Juga :  16 Pengertian Norma Menurut Para Ahli Beserta Macam Dan Contohnya

Please rate this