16 Pengertian Norma Sosial Menurut Para Ahli ( Contoh Dan Tingkatan ) 5/5 (1)

Diposting pada

Norma Sosial

 

Pengertian Norma Sosial

Norma sosial adalah kebiasaan umum sebagai standar perilaku dalam masyarakat dan keterbatasan daerah-daerah tertentu. Norma akan dikembangkan bersama dengan kesepakatan sosial masyarakat, sering disebut sebagai peraturan sosial. Norma-norma tentang perilaku yang sesuai berkomitmen dalam menjalankan interaksi sosial mereka. Keberadaan norma dalam masyarakat memaksa seorang individu atau kelompok untuk bertindak sesuai dengan aturan sosial yang telah ditetapkan. Pada dasarnya, norma-norma yang diatur sedemikian rupa sehingga hubungan antara masyarakat manusia bisa tertib seperti yang diharapkan.

Norma tidak boleh dilanggar. Siapapun yang melanggar norma-norma atau tidak bertindak sesuai dengan ketentuan norma, akan mendapatkan hukuman. Misalnya, bagi siswa yang terlambat ke kelas tidak harus dihukum, bagi siswa yang curang selama memutar ulang tidak dapat memiliki mengulang.

Norma merupakan hasil buatan manusia sebagai makhluk sosial. Pada awalnya, aturan ini dibentuk secara tidak sengaja. Secara bertahap norma sadar terorganisir atau dibentuk. Berisis norma-norma sosial dalam peraturan, aturan, standar dan pedoman untuk perilaku yang sesuai atau wajar.


Pengertian Norma Sosial Menurut Para Ahli

  • John J. Macionis

Norma merupakan segala aturan dan harapan masyarakat yang memandu segala prilaku anggota masyarakat.

  • Richard T. Schaefer

Norma ialah standar dari perilaku yang lurus yang dipelihara oleh setiap masyarakat.

  • Craig Calhoun

Norma merupakan pedoman dan aturan yang menyatakan mengenai bagaimana cara seorang individu layaknya bertindak dalam situasi tertentu.

  • Antony Giddens

Norma ialah sebuah prinsip maupun aturan yang jelas, nyata atau konkret yang harus diperhatikan oleh setiap masyarakat.

  • Robert P. Lamm
Baca Juga :  21 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli Beserta Syaratnya Lengkap

Norma ialah standar dari perilaku yang lurus yang dipelihara oleh setiap masyarakat.

  • Broom & Selznic

Norma yaitu suatu rancangan yang ideal dari perilaku manusia yang memberikan batasan bagi suatu anggota masyarakatnya untuk mencapai tujuan hidup yang sejahtera.

  • Isworo Hadi Wiyono

Menyatakan bahwa norma ialah suatu bentuk peraturan ataupun petunjuk hidup yang memberikan acuan terhdap apa yang baik untuk dilakukan dan apa yang harus dihindari, dengan tujuan mewujudkan ketertiban dalam masyarakat.

  • Bagja Waluyo

Norma merupakan wujud atau bentuk nyata dari nilai yang merupakan acuan atau pedoman berisikan tentang keharusan berperilaku bagi setiap manusia.

  • Robert M. Z. Lawang

Norma merupakan suatu patokan dalam berperilaku yang memungkinkan seseorang menentukan apakah tindakannya itu akan dinilai oleh orang lain yang juga merupakan ciri bagi orang lain untuk menolak atau mendukung dari perilakunya.

  • Hans Kelsen

Norma yaitu sebuah perintah yang tidak personal dan anonim bagi setiap manusia.

  • E. Utrecht

Norma merupakan segala himpunan petunjuk hidup yang mengatur berbagai tata tertib dalam suatu masyarakat atau bangsa yang mana peraturan itu diharuskan untuk ditaati oleh setiap masyarakat, jika melanggar maka akan adanya tindakan dari pemerintah.

  • Marvin E. Shaw

Norma merupakan peraturan segala tingkah laku manusia yang ditegakkan oleh anggota masyarakat dan mengekalkannya keselarasan tingkah laku yang seharusnya.

  • Soerjono Soekanto

Norma ialah sebuah perangkat dimana hal itu dibuat agar hubungan didalam suatu masyarakat dapat berjalan seperti yang diharapkan. Segala norma yang dibuat akan mengalami proses dalam suatu masyarakat sehingga norma-norma tersebut diakui, dihargai, dikenal dan ditaati oleh warga mayarakat dalam kehidupannya sehari-hari.

  • Bellebaum

Norma yaitu sebuah alat untuk mengatur setiap indivudu dalam suatu masyarakat agar bertindak dan berperilaku sesuai dengan sikap dan keyakinan tertentu yang berlaku di masyarakat tersebut.

  • A. Ridwan Halim
Baca Juga :  9 Pengertian Kecerdasan Moral Menurut Para Ahli Lengkap

Norma ialah segala peraturan baik tertulis maupun tidak  yang pada intinya merupakan suatu peraturan yang berlaku sebagai acuan atau pedoman yang harus ditaati oleh setiap individu dalam masyarakat.

  • AA. Nurdiaman

Norma merupakan suatu bentuk tatanan hidup yang berisikan aturan-aturan dalam bergaul di masyarakat.


Tingkatan Norma Sosial Dan Contohnya

  • Cara (usage)

Cara adalah bentuk tertentu dari tindakan individu dalam masyarakat, tetapi tidak terus menerus. Contoh : cara makan yang wajar dan baik jika tidak terdengar seperti binatang.

  • Kebiasaan (folkways)

Kebiasaan yang berulang-ulang tindakan membentuk bentuk yang sama sadar dan memiliki tujuan yang jelas dan dianggap baik dan benar. Contoh : Berikan hadiah kepada mereka yang berprestasi dalam suatu kegiatan atau posisi, memakai pakaian yang baik selama pesta.

  • Tata kelakuan (mores)

Tata kelakuan adalah seperangkat tindakan yang mencerminkan sifat-sifat hidup dari sekelompok orang yang membuat usaha sadar untuk melaksanakan pengawasan oleh sekelompok anggotanya. Dalam kode etik ada paksaan atau melarang tindakan. Contoh : Melarang pembunuhan, pemerkosaan, atau Anda menikah.

  • Adat istiadat (custom)

Adat istiadat adalah kumpulan pola perilaku yang posisi tertinggi karena kekal dan sangat kuat terintegrasi bagi mereka yang memilikinya.

Please rate this