Pengertian Moral Menurut Para Ahli Dan Contoh Serta Nilainya 5/5 (1)

Diposting pada

Pengertian Moral

Moral merupakan istilah manusia yang mengacu pada manusia atau tindakan lain yang memiliki nilai positif. Manusia yang tidak mempunyai apa yang disebut imoralitas moral dan imoralitas berarti mereka tidak memiliki nilai positif di mata manusia lain. Jadi moral adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh manusia.

 

Pengertian Moral Menurut Para Ahli


Pengertian Moral Menurut Para Ahli

  • Immanuel Kant

Moral merupakan jaminan dan sikap batin dan bukan hanya memenuhi beberapa aturan dari luar, apakah itu hukum negara, hukum agama atau hukum adat.

  • Sonny Keraf

Moral merupakan patokan yang digunakan untuk menentukan apakah tindakan orang miskin sebagai manusia, mungkin sebagai anggota masyarakat, atau sebagai orang dengan posisi tertentu atau profesi tertentu.

Moral secara eksplisit terkait dengan proses sosialisasi individu tanpa orang-orang bermoral yang tidak dapat melakukan proses sosialisasi. Moral sekarang memiliki nilai implisit karena banyak orang memiliki sikap moral atau tidak bermoral dari perspektif yang sempit. Sifat moral yang diajarkan di sekolah-sekolah dan manusia harus memiliki moral jika mereka ingin dihormati oleh orang lain.

Moral adalah nilai absolut dalam masyarakat secara keseluruhan. Penilaian ukuran budaya moral lokal. Moral adalah suatu tindakan / perilaku / ucapan seseorang dalam interaksinya dengan manusia. jika seseorang melakukannya sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat dan masyarakat merasa diterima dan menyenangkan, maka orang itu dianggap memiliki moral yang baik, dan sebaliknya.

Moral adalah produk budaya dan agama. Setiap budaya memiliki standar moral yang bervariasi sesuai dengan sistem nilai yang berlaku dan telah dibangun sejak lama.


Nilai Moral

  • Religus

Sikap dan perilaku patuh dalam menjalankan ajaran agamanya, toleran menyembah agama lain, dan hidup harmonis dengan agama lain.

  • Toleransi

Sikap dan tindakan yang menghormati perbedaan dalam agama, etnis, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain berbeda dari mereka.

  • Jujur

Perilaku didasarkan pada menjadikan dirinya orang yang selalu dapat dipercaya dalam kata-kata, tindakan, dan pekerjaan.

  • Disiplin

Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan mematuhi berbagai aturan dan peraturan. Perilaku yang menunjukkan upaya tulus dalam mengatasi berbagai kendala dan tugas belajar, dan menyelesaikan tugas sebaik mungkin.

  • Demokratis

Cara berpikir, berperilaku, dan bertindak yang menilai hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

  • Kreatif

Pikirkan dan lakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang sudah Anda miliki.


Contoh Moral

Jika kita menemukan sebuah dokumen yang penting dan ada sejumlah uang yang terdapat di dalam tas. Seandainya kita mempunyai moral yang baik maka kita akan memberikan dokumen dan uang tersebut beserta tas itu kepada pemilik atau jika kita tidak mengetahuinya maka alahkah baiknya kita serahkan kepada pihak yang berwajib.

 

Baca Juga:

Baca Juga :  24 Pengertian Kecerdasan Emosional Menurut Para Ahli Serta Contoh Dan Cirinya
Baca Juga :  20 Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli Berserta Tujuan Dan Elemennya

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Moral Menurut Para Ahli Dan Contoh Serta Nilainya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this