6 Pengertian Logika Menurut Para Ahli Dan Macam Serta Filsafat

Diposting pada

Pengertian Logika

Pengertian Logika Menurut Para Ahli- Logika berasal dari kata Yunani kuno (logos) yang berarti hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. Logika adalah salah satu cabang filsafat.

Sebagai ilmu, logika disebut dengan logike episteme (bahasa Latin: logica scientia) atau ilmu logika (ilmu pengetahuan) yang mempelajari kecakapan untuk berpikir secara lurus, tepat, dan teratur.

Pengertian Logika Menurut Para Ahli

Ilmu di sini mengacu pada kemampuan rasional untuk mengetahui dan kecakapan mengacu pada kesanggupan akal budi untuk mewujudkan pengetahuan ke dalam tindakan. Kata logis yang dipergunakan tersebut bisa juga diartikan dengan masuk akal.


Pengertian Logika Menurut Para Ahli

  • W. Poespoprodjo, Ek. T. Gilarso (2006)

Logika merupakan suatu ilmu dan kecakapan menalar, berpikir dengan tepat.

  • Soekadijo (1983-1994)

Logika merupakan metode atau teknik yang diciptakan untuk meneliti ketepatan nalar.

  • Harun (1980)

Logika adalah sebuah ilmu kecakapan menalar, berpikir secara tepat.

  • Aristoteles

Logika merupakan ajaran yang berpikir secara ilmiah membicarakan bentuk pikiran itu sendiri dan hukum-hukum yang menguasai pikiran.

  • Logika sebagai ilmu pengetahuan

Logika merupakan sebuah ilmu pengetahuan di mana objek materialnya adalah berpikir (khususnya penalaran/proses penalaran) dan objek formal logika adalah berpikir/penalaran yang ditinjau dari segi ketepatannya.

  • Logika sebagai cabang filsafat

Logika adalah sebuah cabang filsafat yang praktis. Praktis di sini berarti logika dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.


Dalam Ilmu Filsafat

Logika lahir bersama-sama dengan lahirnya filsafat di Yunani. Dalam usaha untuk menaruh pikiran-pikirannya serta pendapat-pendapatnya, filsuf-filsuf Yunani kuno tidak jarang mencoba membantah pikiran yang lain dengan menunjukkan kesesatan penalarannya.

Baca Juga :  Pengertian Tindak Pidana Beserta Sebab, Akibat Dan Solusinya

Logika digunakan untuk melakukan pembuktian. Logika mengatakan yang bentuk inferensi yang berlaku dan yang tidak. Secara tradisional, logika dipelajari sebagai cabang filosofi, tetapi juga bisa dianggap sebagai cabang matematika. Logika tidak bisa dihindarkan dalam proses hidup mencari kebenaran.


Macam-macam logika

  • Logika alamiah

Logika alamiah adalah kinerja akal budi manusia yang berpikir secara tepat dan lurus sebelum dipengaruhi oleh keinginan-keinginan dan kecenderungan-kecenderungan yang subjektif. Kemampuan logika alamiah manusia ada sejak lahir. Logika ini bisa dipelajari dengan memberi contoh penerapan dalam kehidupan nyata.

  • Logika ilmiah

Logika ilmiah memperhalus, mempertajam pikiran serta akal budi. Logika ilmiah menjadi ilmu khusus yang merumuskan asas-asas yang harus ditepati dalam setiap pemikiran. Berkat pertolongan logika ilmiah inilah akal budi dapat bekerja dengan lebih tepat, lebih teliti, lebih mudah, dan lebih aman. Logika ilmiah dimaksudkan untuk menghindarkan kesesatan atau, paling tidak, dikurangi.

Baca Juga:

Sekian Penjelasan Diatas Tentang Pengertian Logika Menurut Para Ahli Beserta Macam Dan Filsafat Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca Pensil.co.id

6 Pengertian Logika Menurut Para Ahli Dan Macam Serta Filsafat
5 (100%) 5 vote[s]