Pengertian Legitimasi Menurut Para Ahli (Hukum Dan Kekuasaan) No ratings yet.

Diposting pada

Pengertian Legitimasi Menurut Para Ahli (Hukum Dan Kekuasaan)


Pengertian Legitimasi

Legitimasi adalah kualitas hukum yang berbasis pada penerimaan putusan dalam peradilan, dapat pula diartikan seberapa jauh masyarakat mau menerima dan mengakui kewenangan, keputusan atau kebijakan yang diambil oleh seorang pemimpin. Dalam konteks legitimasi, maka hubungan antara pemimpin dan masyarakat yang dipimpin lebih ditentukan adalah keputusan masyarakat untuk menerima atau menolak kebijakan yang diambil oleh sang pemimpin.

Legitimasi Hukum

Legitimasi hukum adalah pengakuan hukum yang terdapat di tengah masyarakat yang bisa di katakan ada kaitannya dengan tindakan perbuatan hukum yang berlaku serta berbagai undang-undang yang sah dan sudah di tetapkan.

Pengertian Legitimasi Menurut Ahli

  • Devid Easton
Legitimasi kekuasaan merupakan keyakinan masyarakat untuk menaati serta menerima sebuah kebijakan yang telah dibuat oleh penguasa dan memenuhi semua tuntutan yang ada pada rezim penguasa tersebut.

Sedangkan Legitimasi tradisional mengenai seberapa jauh masyarakat mau menerima kewenangan, keputusan atau kebijaksaan yang diambil pemimpin dalam lingkup tradisional, seperti dalam kehidupan keraton yang seluruh masyarakatnya terikat akan kewenagan yang dipegang oleh pimpinan mereka dan juga karena hal tersebut dapat menimbulkan gejolak dalam nurani mereka bahwa mereka adalah bawahan yang selalu menjadi alas dari pemimpinnya.

Legitimasi dapat diperoleh dengan berbagai cara yang dapat dikelompokkan dalam tiga kategori yakni secara simbolis, prosedural atau material (Ramlan Surbakti, 1992), sedangkan Max Weber mendefinisikan tiga sumber untuk memperoleh legitimasi adalah tradisional, karisma dan legal/rasional.

Dari cara dan sumber perolehan tersebut lahirlah beberapa tipe legitimasi yaitu: legitimasi tradisional, legitimasi ideologi, legitimasi kualitas pribadi, legitimasi prosedural dan legitimasi instrumental.


Baca Juga :

Baca Juga :  Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli Beserta Ciri Dan Hakekatnya
Sekian Penjelasan Diatas Tentang Pengertian Legitimasi Menurut Para Ahli (Hukum Dan Kekuasaan) Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this

One thought on “Pengertian Legitimasi Menurut Para Ahli (Hukum Dan Kekuasaan)

  1. Tulisan pendek ini dpt digunakan utk memahami krisis legitimasi yg dihadapi oleh Bang Ahok. Krn tdk adanya legimasi masy Betawi thdp Ahok, tdk ada jalan lain selain ia hrs mengundurkan diri sbg Cagub DKI Jaya. Empat Parpol pendukungnya sdh shrnya menarik dukungan mrk thdp Bang Ahok demi keselamatan bangsa & negara.Jangan korbankan bangsa yg kita cintai ini hanya demi satu orang

Comments are closed.