Pengertian Kedaulatan Rakyat Menurut Para Ahli (Keluar Dan Kedalam) Serta Bentuknya

Diposting pada

Pengertian Kedaulatan

Kedaulatan adalah suatu hak eksklusif untuk menguasai suatu wilayah pemerintahan, masyarakat, atau atas diri sendiri terdapat penganut dalam dua teori yaitu berdasarkan pemberian dari Tuhan atau Masyarakat. Dalam hukum konstitusi dan internasional, konsep kedaulatan terkait dengan suatu pemerintahan yang memiliki kendali penuh urusan dalam negerinya sendiri dalam suatu wilayah atau batas teritorial atau geografisnya, dan dalam konteks tertentu terkait dengan berbagai organisasi atau lembaga yang memiliki yurisdiksi hukum sendiri. Penentuan apakah suatu entitas merupakan suatu entitas yang berdaulat bukanlah sesuatu yang pasti, melainkan seringkali merupakan masalah sengketa diplomatik.

Pengertian Kedaulatan Rakyat Menurut Para Ahli

Beberapa pemikiran mengenai kedaulatan dan pemegang kedaulatan suatu negara setelah revolusi Perancis dikemukakan oleh Jean-Jacques Rousseau dalam karyanya Du Contrat Social Ou Principes Du Droit Politique (Mengenai Kontrak Sosial atau Prinsip-prinsip Hak Politik) membagi tingkat kedaulatan menjadi dua yaitu de facto dan de jure.


Pengertian Kedaulatan Rakyat

Teori kedaulatan rakyat menyatakan bahwa kekuasaan tertinggi dalam suatu negara berada di tangan rakyat. Teori ini berusaha mengimbangi kekuasaan tunggal raja atau pemimpin agama. Dengan demikian, teori kedaulatan rakyat menyatakan bahwa Teori ini menjadi dasar dari negara-negara demokrasi. Penganut teori ini adalah John Locke, Montesquieu dan J.J Rousseau.


Pengertian Kedaulatan Rakyat Menurut Ahli

  • John Locke menyatakan bahwa terbentuknya negara didasarkan pada asas pactum unionis dan pactum subjectionis. Pactum unionis adalah perjanjian antarindividu untuk membentuk negara, sedangkan pactum subjectionis adalah perjanjian antara individu dan negara yang dibentuk. Perjanjian tersebut menentukan bahwa individu memberikan mandat kepada negara atau pemerintah. Mandat rakyat diberikan agar pemerintah mendapat kekuasaan dalam mengelola negara berdasarkan konstitusi yang ditetapkan dalam pactum subjectionis.
  • Wikipedia Kedaulatan adalah suatu hak eksklusif untuk menguasai suatu wilayah pemerintahan, masyarakat, atau atas diri sendiri terdapat penganut dalam dua teori yaitu berdasarkan pemberian dari Tuhan atau Masyarakat.

Bentuk Kedaulatan

Bentuk kedaulatan dibedakan atas dua macam, yaitu kedaulatan ke dalam dan kedaulatan ke luar.

  • Kedaulatan ke Dalam (Interne Souvereiniteit

Kedaulatan ke dalam yaitu kekuasaan atau kewenangan tertinggi dalam mengatur dan menjalankan organisasi negara sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

  • Kedaulatan ke Luar (Externe Souvereiniteit)

Kedaulatan ke luar yaitu pemerintah berkuasa bebas, tidak terikat, dan tidak tunduk kepada kekuatan lain, selain ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. Demikian juga negara lain harus pula menghormati kekuasaan negara yang bersangkutan, dengan tidak mencampuri urusan dalam negerinya.

Baca Juga:

Baca Juga :  Fungsi, Hak, Kewajiban Dan Wewenang DPR Berdasarkan UUD 1945

 

Demikian Penjelasan TentangĀ Pengertian Kedaulatan Rakyat Menurut Para Ahli (Keluar Dan Kedalam) Serta Bentuknya Semoga Bermanfaat Untuk Pembaca Pensil.Co.Id

Pengertian Kedaulatan Rakyat Menurut Para Ahli (Keluar Dan Kedalam) Serta Bentuknya
5 (100%) 2 vote[s]