24 Pengertian Kecerdasan Emosional Menurut Para Ahli Serta Contoh Dan Cirinya 5/5 (1)

Diposting pada

Pengertian Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional (EQ) merupakan kemampuan dalam menerima, menilai, mengelola, dan mengendalikan emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya. Dalam hal ini, ini merujuk pada perasaan emosional dalam hubungan informasi.

 

Pengertian Kecerdasan Emosional Menurut Para Ahli

 

Sementara itu, kecerdasan ialah kemampuan untuk memberikan alasan yang sah untuk menjadi suatu hubungan. Kecerdasan emosional (EQ) baru-baru ini dinilai tidak kalah pentingnya dengan kecerdasan quotient (IQ). Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan emosional dua kali lebih penting daripada intelektual dalam berkontribusi pada kesuksesan seseorang.

Menurut Howard Gardner (1983) ada lima poin utama kecerdasan emosional seseorang, yaitu mampu mengenali dan mengelola emosi, peka terhadap emosi orang lain, mampu merespons dan bernegosiasi dengan orang lain secara emosional, dan dapat menggunakan emosi sebagai alat untuk memotivasi diri mereka sendiri.


Pengertian Kecerdasan Emosional Menurut Para Ahli

  • Goleman (1997)

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan lebih yang harus memotivasi diri, meghadapi kegagalan daya tahan, mengendalikan emosi dan menunda kepuasan, dan mengatur suasana hati. Dengan kecerdasan emosional bahwa seseorang dapat menempatkan emosinya pada porsi yang tepat, memilah kepuasan dan mengatur suasana hati.

  • Steiner (1997)

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk memahami emosi diri sendiri dan orang lain, serta mengetahui bagaimana kondisi emosional diri untuk meningkatkan etika maksimal sebagai kekuatan pribadi.

  • Sementara Cooper dan Sawaf (1998)

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk merasakan, memahami, dan secara selektif menerapkan daya dan kepekaan emosi sebagai sumber energi dan pengaruh manusia. Kecerdasan emosional membutuhkan perasaan pengawasan, belajar mengenali, menghargai perasaan dalam diri mereka sendiri dan orang lain dan merespon dengan tepat, efektif menerapkan energi emosional dalam kehidupan sehari-hari.

  • Howes dan Herald (1999)

Kecerdasan emosional merupakan komponen yang menggunakan emosi yang cerdas. Lebih lanjut dijelaskan bahwa emosi manusia adalah perasaan terdalam, naluri tersembunyi, emosi dan sensasi ketika diakui dan dihormati, kecerdasan emosional memberikan pemahaman yang lebih dalam dan lebih lengkap tentang diri sendiri dan orang lain.

  • Dio (2003)

Kecerdasan emosional merupakan kemampuan untuk mengetahui apa yang orang lain rasakan, termasuk cara yang tepat untuk menangani masalah tersebut. Orang lain yang disebutkan di sini mungkin termasuk atasan, rekan kerja, bawahan atau pelanggan juga.


Ciri-Ciri Kecerdasan Emosional

  • Mampu menjadi pemimpin yang baik

Para pemimpin yang luar biasa memiliki satu kesamaan. Selain memiliki bakat, etos kerja dan ambisi yang kuat, mereka juga memiliki tingkat kecerdasan emosional. Dalam penelitiannya, psikolog Daniel Goleman membandingkan orang-orang yang unggul dalam peran kepemimpinan mereka dengan kemampuan rata-rata.

  • Mengenal kekuatan dan kelemahan diri sendiri

Tidak semua orang mempunyai kesadaran diri yang jujur ​​tentang dirinya. Orang yang mempuyai kecerdasan emosional untuk mengetahui cara mengelola kekuatan dan kelemahan, dan mampu menganalisis cara kerja yang paling efektif.

  • Mampu fokus dan memperhatikan sesuatu

Apakah Anda mudah terganggu oleh hal-hal lain sambil fokus pada sesuatu? Jika demikian, maka Anda dapat melarikan diri dari pencapaian kecerdasan emosional Anda.

  • Ketahui alasan mengapa Anda merasa marah

Kita semua mengalami fluktuasi emosional sepanjang hari dan kebanyakan dari kita bahkan tahu apa yang tidak mereka lakukan.

  • Mampu bergaul dengan banyak orang

Menurut Goleman, bisa berteman dan menciptakan hubungan persahabatan yang efektif adalah salah satu tanda kecerdasan emosional seseorang.

  • Peduli dan jadilah orang yang bermoral

Salah satu aspek kecerdasan emosional adalah identitas moral, yang terkait dengan sejauh mana kita prihatin dengan kondisi orang lain. Jika Anda seseorang yang peduli tidak hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga untuk orang lain dan lingkungan.

  • Selalu mau membantu dan memperhatikan orang lain

Bila Anda selalu memperhatikan orang lain, apakah akan menyapa seseorang atau membantu orang tua menyeberang jalan, Anda menunjukkan kecerdasan emosional. Bagi banyak dari kita, sebagian besar waktu untuk benar-benar fokus hanya pada diri sendiri.

  • Pandai membaca ekspresi wajah orang lain

Dikembalikan oleh Goleman, bisa merasakan perasaan orang lain adalah bagian penting dari memiliki kecerdasan emosi yang baik.

  • Setelah gagal, Anda dapat segera bangkit kembali

Bagaimana Anda menerima kegagalan dan bangun dengan cepat menunjukkan bagaimana kecerdasan emosi Anda.

  • Mampu menilai karakter orang lain

Orang dengan kecerdasan emosi yang baik selalu tahu karakter orang lain sebagai suara juga. Mereka dianggap memiliki intuisi yang baik untuk penampilan seseorang.

  • Mau mengikuti kata hati

Cerdas emosi berarti Anda merasa nyaman mengikuti kata hati Anda sendiri. “Jika Anda percaya dan memercayai intuisi Anda, Anda memiliki kecerdasan emosional,” kata Goleman.

  • Memiliki kemampuan memotivasi diri sendiri

Apakah Anda selalu ambisius dan pekerja keras? Jika Anda memiliki motivasi diri yang sangat baik, mampu fokus dan selalu fokus mengejar tujuan, Anda bisa dikatakan memiliki EQ yang baik.

  • Tahu kapan harus mengatakan ‘TIDAK’

Menurut Goleman, ini artinya Anda bisa mendisiplinkan diri dan menghindari kebiasaan tidak sehat. Orang yang cerdas secara emosi umumnya dapat mentolerir stres dan bahkan dapat mengendalikan keinginan mereka sendiri.

  • Dimensi Kecerdasan Emosional

Kesadaran emosional (keterampilan emosional) yang bertujuan untuk membangun kepercayaan pribadi melalui pengakuan emosi yang dialami dan kejujuran terhadap emosi yang dirasakan. Baik kesadaran emosional tentang diri sendiri dan orang lain, dan kemampuan untuk mengelola emosi secara intim, dapat membuat seseorang menyalurkan energi dari reaksi emosional ke arah yang benar dan konstruktif.

Kebugaran emosional (kebugaran emosional), yang bertujuan untuk memperkuat antusiasme dan kekuatan untuk menghadapi tantangan dan perubahan. Ini termasuk kemampuan untuk memercayai orang lain dan untuk mengelola konflik dan mengatasi kekecewaan dengan cara yang paling konstruktif.

Kedalaman emosional (kedalaman emosi) yang meliputi komitmen untuk menyelaraskan hidup dan bekerja dengan potensi dan bakat unik yang dimiliki. Komitmen ini dalam bentuk rasa tanggung jawab, pada gilirannya memiliki potensi untuk memperbesar efeknya tanpa perlu menggunakan otoritas untuk memaksakan otoritas.

Emosional Alchemy (elchemist emosional) merupakan kemampuan kreatif untuk mengalir dengan masalah dan tekanan tanpa larut di dalamnya. Ini termasuk keterampilan untuk bersaing dengan solusi yang lebih sensitif yang mungkin masih bersembunyi dan peluang untuk mengevaluasi masa lalu, untuk saat ini, dan menjaga masa depan.


Contoh Dan Faktor Kecerdasan Emosional

  • Mengenali Emosi Diri

Untuk mengenali kemampuan dan mengenali emosi ketika itu terjadi. Kemampuan ini adalah dasar dari kecerdasan emosional, kesadaran diri sebagaimana dinyatakan oleh psikolog metamood, bahwa kesadaran seseorang akan emosinya sendiri.

  • Mengelola Emosi

Kelola emosi dari kemampuan individu untuk menangani perasaan yang dapat mengungkapkan hak atau keharmonisan, sehingga mencapai keseimbangan dalam diri individu. Menjaga agar emosi yang mengganggu tetap terkendali adalah kunci kesejahteraan emosional. Emosi yang berlebihan, yang meningkat dengan intensitas terlalu lama akan merusak stabilitas kita (Goleman, 2002: 77-78). Kemampuan-kemampuan ini termasuk kemampuan untuk menghibur diri sendiri, melepaskan kecemasan, kemurungan atau pelanggaran dan konsekuensinya serta kemampuan untuk bangkit dari rasa urgensi.

  • Memotivasi Diri Sendiri

Presatasi harus melalui motivasi individu, yang berarti memiliki ketekunan untuk memegang kepuasan dan kontrol impuls, dan memiliki perasaan motivasi yang positif, yaitu antusianisme, keinginan, optimisme, dan kepercayaan diri.

  • Mengenali Emosi Orang Lain

Kemampuan mengenali emosi orang lain juga disebut empati. Menurut Goleman (2002: 57) kemampuan seseorang untuk mengenali orang lain atau peduli, menunjukkan kemampuan empati seseorang. Individu yang memiliki kemampuan empatik lebih mampu menangkap sinyal sosial tersembunyi yang dibutuhkan oleh orang lain sehingga mereka dapat menerima perspektif orang lain, peka terhadap perasaan orang lain dan lebih mampu mendengarkan orang lain.

  • Membina Hubungan

Kemampuan untuk membangun hubungan yang mendukung popularitas keterampilan, kepemimpinan, dan kesuksesan interpersonal (Goleman, 2002: 59). Keterampilan dalam berkomunikasi keterampilan dasar dalam hubungan yang sukses. Sulit bagi individu untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan dan juga sulit untuk memahami keinginan dan keinginan orang lain.

 

Baca Juga:

Baca Juga :  Pengertian Kecerdasan Intelektual Menurut Para Ahli Serta Contoh & Faktor
Baca Juga :  10 Pengertian Kecerdasan Spiritual Menurut Para Ahli Dan Contoh

 

Demikian Penjabaran Tentang 24 Pengertian Kecerdasan Emosional Menurut Para Ahli Serta Contoh Dan Cirinya Semoga Bermanfaat Ya… Untuk Semua Pembaca Setia Pensil.Co.Id

Please rate this