Pengertian Karya Seni Rupa Serta Unsur, Jenis, Fungsi Dan Contohnya

Diposting pada

Karya Seni Rupa

Seorang perupa (seniman, desainer, kriyawan, perajin, dsb.) mengolah unsur-unsur seni rupa fisik dan non fisik  sesuai dengan keterampilan dan kepekaan yang dimilikinya dalam mewujudkan sebuah karya seni rupa. Dalam sebuah seni rupa, unsur fisik dapat secara langsung di lihat dan atau diraba sedangkan unsur non fisik adalah prinsip atau kaidah-kaidah umum yang digunakan untuk menempatkan unsur-unsur fisik dalam sebuah karya seni.

Unsur-unsur fisik dalam karya seni rupa pada dasarnya meliputi semua unsur visual yang terdapat dalam sebuah benda. Dengan demikian pengamatan terhadap usur-unsur visual pada karya seni rupa ini tidak berada dengan pengamatan terhadap benda-benda yang ada di sekeliling kalian.

 

Contoh Seni Rrupa


Unsur Dan Objek Karya Seni Rupa

Cermati kembali paparan singkat tentang unsur-unsur rupa berikut ini:

  • Garis (Line)

Gaaris adalah unsur fisikk yang mendasar dan penting dalam mewujudkan sebuah karya seni rupa. Garis memiliki dimensi memanjang dan mempunyai arah serta sifat-sifat khusus seperti: pendek, panjang, vertikal, horizontal, lurus, melengkung, berombak, dan seterusnya.

Garis juga dapat anda gunakan untuk mengomunikasikan gagasan dan mengekspresikan diri. Garis tebal tegal lurus misalnya dapat memebrikan kesan kuat dan tegas, sedangkan garis tipis melengkung, memberikan kesan lemah dan ringkih. Karakter garis yang di hasilkan oleh alat yang berada akan menghasilkan karakter garis yang dihasilkan oleh alat yang berbeda akan menghasilkan karakter yang berbeda pula. Coba bandingkan karakter garis yang dihasilkan oleh jejak spidol pada kertas dan jejak arang pada kertas. Bandingkan pula jejak gari yang dibuat dengan ballpoint dan pensil. Buatlah berbagai bentuk garis, kemudian cobalah untuk merasakan kesan dari garis-garis yang kalian buat tersebut.

  • Raut (Bidang dan Bentuk)

Unsur rupa lainnya adalah “raut” yang merupakan tampak, potongan atau wujud dari suatu objek. Istilah “bidang” umumnya digunakan untuk menunjukan wujud benda yang cenderung pipih atau datar, sedangkan “bangun” atau “bentuk” lebih menunjukan kepada wujud benda yang memiliki volume (mass). Perhatikan gambar di samping dan di bawah ini. tuunjukanlah mana unsur “bidang” dan mana unsur “bentuk” atau “bangun” bagaimana kalian membedakan wujud “bangun” dan “bangun” atau “bentuk” dalam sebuah karya seni rupa dimensi.

  • Ruang

Unsur ruang dalam sebuah karya seni rupa 2 dimensi dari obyek yang terdapat pada karya seni rupa tersebut. Pada karya 2 dimensi kesan ruang dapat dihadirkan dalam karya dengan pengolahan unsur-unsur kerupaan lainnya seperti berbedaan internsitas warna, terang-gelap, atau menggunakan teknik menggambar perspektif untuk menciptakan ruang semu (khayal).

  • Tekstur

Terkstur atau barik adlah unsur rupa yang menunjukan kualitas taktis dari suatu permukaan atau penggambarkan tekstur permukaan suatu objek pada karya seni rupa. Berdasarkan wujudnya, tekstur dapat dibedakan atas tekstur asli dan tekstur buatan. Tekstur asli adalah perbedaan ketinggian permukaan objek yang nyata dan dapat diraba, sedangkan tekstur buatan adalah kesan permukaan objek yang timbul pada suatu bidang karena pengolahan unsur garis, warna, ruang, dan terang-gelap.

  • Warna

Warna adalah unsur rupa yang paling menarik perhatian. Menurut teori warna Brewster, semua warna yang ada berasal dari tiga warna pokok (primer) yaitu merah, kuning dan biru. Dalam berkarya seni rupa terdapat beberapa teknik penggunaan warna, yaitu secara harmonis,heraldis, murni, monokromatik dan polikkromatik. Cara penggunaan warna yang bagaimana yang paling kalian sukai? Jelaskan alasan kalian!

  • Gelap-Terang

Unsur gelap terang pada karya seni rupa timbul karena adanya perbedaan intensitas cahaya yang jauh pada permukaan benda. perbedaan ini menyebabkan munculnya tingkat nada warna (value) yang berbeda. Bagian yang karena cahaya akan lebih terang dan bagian yang kurang atau terkena cahaya akan tampak lebih gelap.


Contoh Karya Seni Rupa

  1. Arsitektur.
  2. Patung.
  3. Kaligrafi.
  4. Kerajinan Keramik.
  5. Lukisan.
  6. Relief.
  7. Topeng.
  8. Gantungan.

Jenis Karya Seni Rupa

  • Jenis Seni Rupa Berdasarkan Dimensi

Dwimatra adalah karya seni dua dimensi yang dibentuk dalam dua ukuran, yaitu panjang dan lebar dan hanya bisa dilihat dari depan. Contoh seni dua dimensi adalah seni lukis, seni batik, seni sketsa, dan seni ilustrasi.
Seni tiga dimensi adalah karya seni yang memiliki tiga unsur, yaitu panjang, lebar, dan tinggi serta memiliki kesan ruang, bentuk dan volume serta dapat dilihat dari segala arah. Misalnya bonsai, seni pahat, seni keramik, diorama dan lain-lain.

  • Jenis Seni Rupa menurut Waktu

Seni tradisional, seni kuno yang memiliki aturan dan standar sendiri dan bersifat statis berarti bahwa bentuk dan gayanya tidak berubah. Aspek seni tradisional ini dipertahankan dari generasi ke generasi, dari generasi ke generasi hingga sekarang.
Seni modern, adalah karya seni tradisional yang diperbarui di mana aturan atau pola telah berubah dan bergantung pada kreativitas pembuatnya atau bersifat individualistis. Contoh seni modern termasuk lukisan, grafik, patung dan kerajinan.
Seni Kontemporer, adalah karya seni yang muncul karena tren atau kondisi saat ini.

  • Jenis Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Seni Rupa Murni adalah sebuah karya seni yang dibuat hanya untuk nilai-nilai estetika dan hanya ide-ide dari pencipta, bukan untuk digunakan.
Seni Rupa Terapan, adalah seni yang lebih mengarah pada penggunaan nilai. Misalnya keramik, poster, senjata tradisional dan lain-lain.


Fungsi Karya Seni Rupa

  • Fungsi Individu

Fungsi seni rupa individu adalah untuk memuaskan diri mereka sendiri. Ini berarti bahwa seseorang menciptakan karya seni hanya untuk mengekspresikan dirinya untuk memuaskan pikiran.

Tentu saja hasil karyanya akan memancarkan aura yang sangat dalam karena itu merupakan hasil ledakan ekspresi dari seseorang apakah itu sedih, bahagia, dan sebagainya.

  • Fungsi Sosial

Padahal fungsi dari bentuk seni sosial adalah yang memberi banyak kepuasan orang, misalnya seni di bidang rekreasi yang dapat dinikmati oleh banyak orang, seni dalam komunikasi sehingga dapat menarik di depan banyak orang, serta seni di bidang spiritual.


Baca Juga:

Baca Juga :  22 Pengertian Seni Menurut Para Ahli Serta Fungsi, Macam Dan Contohnya
Baca Juga :  Tari - Jenis, Fungsi, Unsur, Contoh, jenis, Bentuk & Gambarnya

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Karya Seni Rupa Serta Unsur, Jenis, Fungsi Dan Contohnya Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Semua Pembaca Pensil.Co.Id