21 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli Beserta Syaratnya Lengkap No ratings yet.

Diposting pada

Pengertian Ilmu

Ilmu atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Aspek-aspek ini terbatas untuk menghasilkan formulasi yang pasti. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandang, dan kepastian pengetahuan yang diperoleh dari pembatasan.

Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli

  • KBBI

Ilmu berarti pengetahuan bidang sistematis terorganisir sesuai dengan metode ilmiah yang dapat digunakan untuk menjelaskan dan mengklarifikasi kondisi tertentu di bidang pengetahuan.

  • Mohammad Hatta

Ilmu pengetahuan diadakan sebab-akibat bekerja di masalah yang sama kelas temperamen, dan sesuai dengan posisi yang terlihat dari luar, dan dari dalam.

  • M. Izuddin Taufiq

Ilmu pengetahuan adalah pencarian informasi atau data melalui observasi, studi dan eksperimen, yang bertujuan untuk membentuk sifat, pondasi dasar dan asal usulnya.

  • Afanasyef

Ilmu adalah pengetahuan manusia tentang alam, pikiran dan masyarakat. Dia mencerminkan sifat dan berbagai konsep, kategori dan hukum, hukum dan kebenaran diuji oleh pengalaman praktis.

  • Ashely Montagu

Ilmu dalam sistem yang berasal dari penelitian, pengamatan juga mencoba untuk menentukan prinsip-prinsip dasar dari hal yang sedang dipelajari.

  • John G. Kemeny

Ilmu adalah semua pengetahuan yang dikumpulkan dengan menggunakan metode ilmiah dan merupakan hasil dari sebuah proses yang dibuat menggunakan metode ini.

  • Poespoprodjo

Ilmu adalah proses yang terus menerus perbaikan diri yang terdiri dari pengembangan uji teoritis dan empiris.

  • Francis Bacon

Ilmu adalah satu-satunya pengetahuan faktalah berlaku dan hanya dapat menjadi obyek pengetahuan.

  • Thomas Kuhn

Sains adalah serangkaian kegiatan yang dapat menghasilkan banyak penemuan, baik dalam bentuk penolakan atau pengembangan.

Baca Juga :  6 Pengertian Pengetahuan Menurut Para Ahli


  • The Liang Gie

Ilmu adalah serangkaian aktivitas manusia dan metode rasional kognitif seperti prosedur dan langkah-langkah yang mengarah pada pengumpulan sistematis pengetahuan untuk mencapai kebenaran dan mendapatkan pemahaman dan penjelasan yang benar.

  • Harsojo

Ilmu adalah seperangkat akumulasi pengetahuan sistematis.

  • Dr. Maurice Bucaille

Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala sesuatu dalam bentuk apapun, baik dalam jangka pendek atau panjang.

  • Ernest Van Den Haag

Ilmu adalah sesuatu empiris, rasional (alasan yang dapat diterima), sebuah aspek umum dan sistematis, dan empat terjadi secara bersamaan.

  • Prof Dr Syed Naquib Alattas

Ilmu adalah kedatangan makna pada orang yang dapat menyebabkan perubahan berdasarkan ilmu yang dicapai atau diperoleh.

  • Ralp Ross

Ilmu adalah sesuatu empiris, rasional (alasan yang dapat diterima), sebuah aspek umum dan sistematis, dan keempat terjadi secara bersamaan.

  • Karl Pearson

Ilmu adalah informasi yang stabil dan komprehensif tentang fakta-fakta pengalaman dengan istilah sederhana.

  • Wikipedia

Ilmu atau ilmu pengetahuan adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki,
menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi
kenyataan dalam alam manusia.

Ilmu tidak hanya pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum satu set disepakati dan teori berbasis pengetahuan dapat diuji secara sistematis dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu. Dalam terang filsafat, ilmu pengetahuan dibentuk karena orang mencoba untuk berpikir lebih jauh tentang pengetahuan mereka. Ilmu adalah produk dari epistemologi.

Ilmu alam hanya dapat dipastikan setelah lapangan terbatas di bahani, atau psikologi hanya bisa meramalkan perilaku manusia jika lingkup visi terbatas pada persyaratan umum perilaku manusia beton. Berkenaan dengan contoh ini, ilmu-ilmu alam untuk menjawab pertanyaan tentang seberapa jauh matahari dan bumi, atau ilmu psikologi menjawab apakah seorang wanita muda cocok menjadi perawat.

Syarat-Syarat Ilmu

Berbeda dengan pengetahuan, ilmu merupakan pengetahuan khusus tentang apa penyebab sesuatu dan mengapa. Ada persyaratan ilmiah sesuatu dapat disebut sebagai ilmu. Sifat ilmiah sebagai persyaratan ilmu banyak terpengaruh paradigma ilmu-ilmu alam yang telah ada lebih dahulu.
  • Objektif
Baca Juga :  6 Pengertian Logika Menurut Para Ahli Dan Macam Serta Filsafat

Berbeda dengan pengetahuan, ilmu merupakan pengetahuan khusus tentang apa yang menyebabkan sesuatu dan mengapa. Ada sesuatu persyaratan ilmiah dapat disebut sebagai ilmu. Sifat ilmiah sebagai persyaratan ilmu banyak terpengaruh paradigma ilmu-ilmu alam yang telah ada lebih dulu.

  • Metodis
Ilmu harus memiliki obyek studi yang terdiri dari satu kelas dari sifat dasarnya masalah yang sama, tampak dari luar maupun dalam bentuk. Benda mungkin ada, atau mungkin ada keberadaannya belum diuji.
  • Sistematis

Dalam perjalanan mencoba untuk menemukan dan menggambarkan sebuah benda, ilmu harus terurai dan dirumuskan dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti bahwa secara keseluruhan, komprehensif, terintegrasi, dan mampu menjelaskan serangkaian penyebab dan efek dari Objek.

  • Universal

Kebenaran yang ingin dicapai adalah kebenaran universal yang bersifat umum (non-spesifik).

Demikian Penjelasan Tentang 21 Pengertian Ilmu Menurut Para Ahli Beserta Syaratnya Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this