Pengertian Goodwill Dalam Ekonomi Bisnis & (Negatif) Serta Contohnya

Diposting pada

Pengertian Goodwill

Pengertian Goodwill Dalam Ekonomi Bisnis Positif Dan Negatif – Goodwill adalah bagian dari aset dalam neraca, yang mencerminkan kelebihan pembayaran aset yang dibutuhkan oleh perusahaan dibandingkan dengan nilai pasar. Atau aset tidak berwujud yang mewakili jumlah yang lebih besar dari nilai buku yang dibayarkan oleh perusahaan untuk mendapatkan perusahaan lain.


Secara teoritis, ini adalah nilai sekarang dari keuntungan berlebih perusahaan di masa depan dalam suatu industri. Nilai ini sama dengan harga pembelian dikurangi nilai buku dari aset bersih yang diinginkan oleh perusahaan dikurangi jumlah aset yang ingin didepresiasi perusahaan, yang menambah nilai pasar wajar. Nilai pasar yang adil akan sama dengan harga pembelian.


Pengertian Goodwill Dalam Ekonomi Bisnis


Goodwill Negatif

Goodwill negatif adalah perbedaan antara bagian pengakuisisi dari nilai wajar aset bersih dan biaya perolehan anak perusahaan yang diakuisisi.


Contoh Goodwill

Ada perusahaan Z yang ingin membeli perusahaan A untuk ekspansi bisnis, perusahaan A memiliki total aset Rp 10.000, total kewajiban: Rp. 3500 dan total ekuitas sebesar Rp. 6500. perusahaan A menjual mahal kepada perusahaan Z karena mereka tahu posisi strategis mereka untuk perusahaan Z, setelah negosiasi cukup melelahkan, akhirnya perusahaan A ingin dibeli oleh perusahaan Z seharga Rp. 8500, dan perjanjian.


Baca Juga:

Baca Juga :  Pengertian Saham Secara Umum- Menurut Ahli, Jenis, Manfaat & Contohnya

Baca Juga :  Pengertian Sampel Menurut Para Ahli Serta Contoh Dan Tekniknya


Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Goodwill Dalam Ekonomi Bisnis Positif Dan Negatif Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id