Pengertian Gerak Benda Pada Bidang Datar Serta Contoh Dan Macamnya 5/5 (1)

Diposting pada

Pengertian Gerak Pada Benda

Gerak adalah perubahan posisi suatu objek dari lokasi awalnya. Suatu objek dikatakan bergerak jika objek bergerak ke posisi objek lain apakah posisi itu berubah atau mendekati. Roda sepeda bisa bergerak dengan mudah. Saat pedal diayuh, roda sepeda bergerak dengan cepat.
 
Sekarang, dorong meja belajar Anda. Bandingkan dengan gerakan roda sepeda! Tentu saja roda sepeda bergerak lebih mudah. Benda bergerak karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi gerakan suatu objek.

 

 

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Gerak Benda

Pergerakan suatu benda dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti benda, ukuran benda, dan permukaan suatu benda.
  • Bentuk Benda
Bentuk objek berbeda-beda. Ada objek dalam bentuk lingkaran, kotak, dan segitiga. Bentuk suatu benda dapat mempengaruhi pergerakannya. Misalnya, roda sepeda mudah digerakkan. Roda melingkar.
  • Ukuran Benda
Benda besar atau kecil. Ukuran suatu objek dapat mempengaruhi pergerakannya. Bola sepak lebih besar dari bola pingpong.
  • Permukaan Benda
Permukaan objek kasar dan halus. Jenis permukaan suatu benda dapat mempengaruhi gerak benda tersebut. Benda yang memiliki permukaan halus lebih mudah bergerak daripada benda dengan permukaan kasar. Karena benda dengan permukaan kasar lebih gesek daripada benda dengan permukaan lebih halus. Contoh : Sepeda di jalan yang beraspal lebih mudah bergerak dibanding dijalan yang berbatu.

Benda dengan permukaan lebih luas akan jatuh lebih lambat dari benda dengan permukaan sempit. Kecepatan benda jatuh bisa berbeda meskipun terbuat dari bahan yang sama dan berat yang sama. Ini terjadi karena luas permukaan benda yang bergesekan dengan udara berbeda.

Macam-Macam Gerak Benda

Gerakan benda bisa bervariasi. Benda bergerak berguling, bergeser, meluncur, berputar, terpental, jatuh, tenggelam dan mengambang, dan mengalir. Menggelinding, menggelinding adalah bergerak dengan memutar sambil bergerak. Contoh penggunaan benda bergerak dalam kehidupan sehari-hari.

Saat matahari bersinar panas, udaranya sangat panas. Tubuh Anda pasti terasa panas dan berkeringat. Ketika udara panas, orang biasanya membutuhkan kipas angin. Aliran udara yang dihasilkan dapat membuat tubuh kita terasa sejuk. Aliran udara dihasilkan oleh rotasi baling-baling kipas. Jadi, gerakan baling-baling kipas angin bisa membuat udara dingin. Itulah salah satu contoh penggunaan gerak dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai objek gerak dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.


Pemanfaatan Gerak Benda Dan Contohnya

Pemanfaatan gerak benda dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia. Berikut ini contohnya:
  1. Memperpendek jarak tempat; dengan mengendarai mobil atau kendaraan lainnya, jarak yang jauh terasa lebih dekat. Gerak roda kendaraan dapat mengantarkan pengendara atau penumpang lainnya ke tempat tujuan lebih cepat daripada jalan kaki
  2. Memudahkan pekerjaan; perhatikan peralatan yang ada di rumahmu. Ada kipas angin, jam dinding, mesin cuci, blender dan kursi roda. Alat-alat itu menggunakan gerak roda berputar. Alat-alat itu dapat mempermudah pekerjaan manusia. Dengan adanya mesin cuci seorang ibu tidak perlu mencuci menggunakan tangan lagi, cukup dengan menekan tombol yang tersambung ke listrik, mesin cuci bergerak sendiri mencuci pakaian kotor.

Baca Juga:

Baca Juga :  Pengertian Sumber Daya Menurut Para Ahli Dan Macamnya
Baca Juga :  Proses Peredaran Darah Yang Terjadi Pada Tubuh Dan Sistem Pereadaran Darahnya

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Gerak Benda Pada Bidang Datar Serta Faktor, Jenis & Pemanfaatannya Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this