Tujuan, Proses, Fungsi, Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli

Diposting pada

Evaluasi adalah proses penilaian. Dalam perusahaan, dapat didefinisikan sebagai proses evaluasi akan mengukur efektivitas strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Data yang diperoleh dari hasil pengukuran akan digunakan sebagai analisis situasi program berikutnya.


Evaluasi pembelajaran

Evaluasi pembelajaran adalah untuk mengevaluasi kegiatan atau mengoreksi hal-hal yang telah terjadi atau dilakukan selama pembelajaran yang telah terjadi. Atau dengan kata lain diulang kegiatan mereka mengetahui hal-hal penting dalam bentuk keuntungan dan kerugian yang terjadi dalam kegiatan yang telah terjadi dengan harapan bahwa itu akan melakukan yang terbaik ketika kegiatan yang akan dilakukan kemudian untuk belajar belajar.


Tahapan Sebelum Mengadakan Evaluasi

Ada pesanan yang mendasari atau sebelum proses evaluasi, yaitu:

  1. Mengembangkan konsep dan melakukan penelitian awal. Konsep harus direncanakan dengan baik sebelum eksekusi terorganisir dan pesan harus tes untuk memeriksa kompatibilitas antara draft yang disiapkan oleh eksekusi pesan.
  2. Dengan uji coba yang dilakukan, evaluator mencoba untuk mencari respon dari penonton. Respon penonton adalah penting untuk mengukur efektivitas pesan.
Pengertian Evaluasi

Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli

  • Menurut Yunanda (2009) pengertian istilah “Evaluasi merupakan kegiatan yang direncanakan untuk menentukan keadaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan patokan untuk kesimpulan”.
  • Hikmat (2004:3) bahwa Evaluasi adalah proses menilai pencapaian tujuan dan pengungkapan masalah kinerja proyek untuk memberikan umpan balik untuk meningkatkan kualitas kinerja proyek.
  • Griffin & Nix (1991:3) menyatakan : “Pengukuran, penilaian dan evaluasi hirarki. Evaluasi didahului oleh penilaian (assessment), sedangkan penilaian yang didahului dengan pengukuran. Pengukuran didefinisikan sebagai suatu kegiatan untuk membandingkan pengamatan dengan kriteria, penilaian (assessment) adalah kegiatan menafsirkan dan menggambarkan hasil pengukuran, sedangkan evaluasi adalah untuk menentukan nilai atau implikasi perilaku”.
  • Suchman (Arikunto dan Jabar,2010:1) memandang bahwa, “evaluasi sebagai proses penentuan hasil yang dicapai beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung pencapaian tujuan”.
  • Stutflebeam dalam Arikunto dan Jabar (2010:2) mengatakan bahwa, “evaluasi adalah penggambaran proses, mencari dan memberikan informasi yang berguna bagi para pengambil keputusan dalam menentukan alternatif keputusan”.
Baca Juga :  Pengertian, Jenis, Contoh Prosa Lama Dan Baru Lengkap

Proses Evaluasi

Dalam melakukan proses evaluasi, ada beberapa hal yang akan dibahas adalah apa evaluasi, proses evolusi, ketika evaluasi diadakan, mengapa harus ada evaluasi, di mana proses evaluasi diadakan, dan evaluasi. Ini harus dievaluasi sumber daya yang tersedia, efektivitas menyebarkan pesan, keputusan pemilihan media dan keputusan yang tepat dalam anggaran untuk mengadakan sejumlah promosi dan iklan.


Evaluasi tersebut perlu dilakukan untuk menghindari kesalahan perhitungan pembiayaan, memilih strategi terbaik dari berbagai alternatif strategi yang tersedia, meningkatkan efisiensi iklan pada umumnya, dan melihat apakah tujuan telah tercapai. Di sisi lain, perusahaan kadang-kadang enggan untuk melakukan evaluasi karena mahal, ada masalah dengan penelitian, ketidaksetujuan dari apa yang akan dievaluasi, merasa telah mencapai tujuan, dan banyak waktu terbuang.


Secara garis besar, proses evaluasi dibagi menjadi awal (pretest) dan akhir (posttest). Evaluasi pretest dilakukan untuk menguji konsep dan eksekusi yang direncanakan. Sementara itu, evaluasi yang dilakukan posttest untuk melihat pencapaian tujuan dan berfungsi sebagai masukan untuk analisis situasi berikutnya.


Evaluasi bisa dilakukan dalam atau di luar. Evaluasi diadakan di dalam ruangan pada umumnya menggunakan metode penelitian laboratorium dan sampel akan digunakan sebagai kelompok eksperimen. Kelemahan, kurangnya realisme dari metode ini dapat diterapkan. Sementara itu, evaluasi akan diselenggarakan di luar ruangan dengan menggunakan metode penelitian lapangan di mana kelompok eksperimen masih diperbolehkan untuk menikmati kebebasan dari lingkungan sekitarnya.


Realisme dari metode ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk mencapai hal ini dengan evaluasi yang baik, diperlukan sejumlah langkah yang harus dilalui yang jelas mendefinisikan masalah, mengembangkan pendekatan untuk masalah, merumuskan desain penelitian, melakukan riset lapangan untuk mengumpulkan data, menganalisis data yang diperoleh, dan kemampuan untuk memberikan hasil.

Baca Juga :  Cara Membuat Catatan Dan Memahami Bunyi Serta Alat Ucap Manusia

Tujuan Evaluasi

Tujuan evaluasi ada nada umum da tertentu, jika tujuan dari evaluasi ini masih umum, tujuan deperinci tujuan tertentu. Secara umum, tujuan evaluasi pembelajaran dapat diartikan sebagai upaya untuk menentukan efektivitas dan efisiensi sistem pembelajaran baik pada tujuan, meteri, metode, media, sumber belajar, lingkungan dan sistem penilaian itu sendiri. Jadi tujuan penyesuaian evaluasi, terutama dengan jenis studi evaluasi pembelajaran itu sendiri, seperti evaluasi dan perencanaan pembangunan, evaluasi, pemantauan, evaluasi dampak, evaluasi ekonomi dan program efisiensi yang komprehensif.


Fungsi Evaluasi

Fungsi evaluasi pembelajaran yang cukup luas untuk ditafsirkan, tapi evaluasi Scriven mengungkapkan dua fungsi, yaitu sebagai fungsi dari fungsi formatif dan sumatif. Fungsi formatif dilaksanakan apababila hasil yang diperoleh dari evaluasi kegiatan diarahkan pada peningkatan bagiantertentu atau bagian dari kurikulum yang sedang dikembangkan.


Sementara fungsi sumatif berkaitan dengan kesimpulan tentang kebaikan dari sistem secara keseluruhan, dan fungsi ini hanya dapat dilaksanakan jika pengembangan kurikulum telah dianggap lengkap.


Demikian Penjelasan Tentang Tujuan, Proses, Fungsi, Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id
Tujuan, Proses, Fungsi, Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli
5 (100%) 2 vote[s]