Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli Dan Contoh Serta Dampaknya 5/5 (1)

Diposting pada

Pengertian Etnosentrisme

 

Etnosentrisme merupakan penilaian kepada budaya lain berdasarkan nilai dan standar budaya mereka sendiri. Orang-orang etnosentris menghargai kelompok lain relatif terhadap kelompok atau budaya mereka sendiri, terutama dalam hal bahasa, perilaku, kebiasaan, dan agama.

Perbedaan dan perpecahan etnis ini menentukan kekhasan identitas budaya masing-masing kelompok etnis. Etnosentrisme dapat dilihat atau tidak dilihat, dan meskipun dianggap sebagai kecenderungan alami psikologi manusia, etnosentrisme memiliki konotasi negatif di masyarakat.

 

Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli


Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli

 

Berikut ini ialah etnosentrisme yang di jabarkan oleh para ahli

  • Matsumoto

Menurut Pendapat Dari Matsumoto, Etnosentrisme Merupakan Kecenderungan Untuk Melihat Dunia Hanya Melewati Perspektif Budaya Sendiri.

  • Daft

Menurut Pendapat Dari Daft, Etnosentrisme Merupakan Kepercayaan Bahwa Semua Kelompok, Semua Budaya Dan Subkultur Pada Hakekatnya Sama.

  • Sumnel

Menurut Pendapat Dari Sumnel, Etnosentrisme Merupakan Kecenderungan Manusia Yang Mengikuti Naluri Biologinya Yang Mementingkan Diri Sendiri Lebih Unggul Dari Orang Lain Dan Menjadi Seorang Individualistik.

  • Hariyono

Menurut Pendapat Dari Hariyono, Etnosentrisme Merupakan Suatu Perasaan In Group Dan Out Group Dalam Suatu Dasar Sikap Yang Dijalankan Oleh Seseorang.

  • Coleman Dan Cressey

Menurut Pendapat Dari Coleman Dan Cressey, Etnosentrisme Merupakan Seseorang Yang Berasal Dari Kelompok Etnis Yang Cenderung Melihat Budaya Mereka Sebagai Yang Terbaik Dibandingkan Dengan Kebudayaan Yang Lain.


Contoh Etnosentrisme di Indonesia

 

Etnosentrisme di Indonesia ialah perilaku carok dalam masyarakat Madura. Menurut Latief Wiyata, carok adalah tindakan atau percobaan pembunuhan yang dilakukan oleh seorang pria jika harga dirinya terganggu. Sekilas, konsep Carok dianggap perilaku brutal dan tidak manusiawi. Ini terjadi ketika konsep carok dinilai oleh pandangan budaya kelompok orang lain yang berpikir bahwa menyelesaikan masalah dengan menggunakan kekerasan dianggap tidak masuk akal dan tidak masuk akal.

Baca Juga :  Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Contohnya Lengkap

Contoh sikap etnosentrisme di sekolah

 

Bermusuhan dengan teman-teman dari etnis Papua yang kebetulan memiliki kulit hitam dan rambut keriting. Arti etnosentrisme itu sendiri berarti sikap fanatisme etnis.


Dampak Positif sikap etnosentrisme

 

  1. Bisa menjaga keaslian dan integritas suatu budaya.
  2. Bisa meningkatkan sikap patriotisme (loyalitas kepada bangsa) dan bangga akan budaya nasional
  3. Bisa memperkuat cinta warisan budaya.

Dampak Negatif sikap etnosentrisme

 

  1. Dapat menyebabkan konflik antar suku karena masing-masing dari mereka membanggakan budaya masing-masing tanpa menghormati budaya lain.
  2. Ada aliran politik terselubung dalam budaya nasional.
  3. Menghambat proses asimilasi atau kombinasi budaya yang ada dan tidak mampu mengembangkan budaya mereka sesuai dengan perkembangan zaman modern.

 

Baca Juga:

 

Demikian penjelasan diatas tentang Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli Dan Contoh Serta Dampaknya semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk semua pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this