Pengertian Ekosistem Dalam Biologi Dan Contoh Serta Macamnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Ekosistem

 

Ekosistem ialah proses yang terbentuk yang disebabkan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya, sehingga kita tahu bahwa ada komponen biotik (kehidupan) dan juga komponen abiotik (tidak hidup) yang terlibat dalam suatu ekosistem, kedua komponen ini tentu saling mempengaruhi satu sama lain. lainnya, misalnya, hanya hubungan hewan dengan air. Interaksi antara makhluk hidup dan makhluk tidak hidup ini akan membentuk satu kesatuan dan keteraturan. Setiap komponen yang terlibat memiliki fungsinya sendiri, dan selama tidak ada fungsi yang terganggu, keseimbangan ekosistem ini akan dipertahankan.

Ekosistem adalah penggabungan setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi mengarah ke struktur biotik tertentu dan siklus material terjadi antara organisme dan anorganisme. Matahari adalah sumber dari semua energi yang tersedia.

 

pengertian ekosistem dan contohnya


Macam-Macam Ekosistem Dan Contohnya

 

Secara umum ada tiga jenis ekosistem, yaitu ekosistem air, ekosistem darat, dan ekosistem buatan.

  • Akuatik (air)

  • Ekosistem air tawar

Karakteristik ekosistem air tawar termasuk variasi suhu yang tidak mencolok, kurangnya penetrasi cahaya, dan dipengaruhi oleh iklim dan cuaca.

  • Ekosistem air laut

Habitat lautan (oseanik) ditandai oleh salinitas tinggi (kadar garam) dengan ion CI mencapai 55%, terutama di daerah laut tropis, karena suhu tinggi dan penguapan besar.

  • Ekosistem pantai

Dinamakan demikian karena gundukan pasir yang paling tumbuh adalah Ipomoea pes caprae yang tahan terhadap gelombang dan angin. Tumbuhan yang hidup di ekosistem ini tersebar dan berdaun tebal.

  • Ekosistem sungai

Sungai adalah badan air yang mengalir dalam satu arah. Air sungai dingin dan jernih dan mengandung sedikit endapan dan makanan. Air dan gelombang mengalir secara konstan memberikan oksigen ke air. Suhu air bervariasi dengan ketinggian dan garis lintang.

  • Ekosistem terumbu karang
Baca Juga :  [Lengkap] Asmaul Husna Al-‘Adl Arti Dan Dalil Serta Cotohnya

Ekosistem ini terdiri dari karang di dekat pantai. Efisiensi ekosistem ini sangat tinggi. Hewan-hewan yang hidup di terumbu memakan organisme mikroskopis dan sisa-sisa organik lainnya.

  • Ekosistem laut dalam

Kedalamannya lebih dari 6.000 m. Umumnya ada ikan lele laut dan ikan laut yang bisa memancarkan cahaya. Sebagai produsen ada bakteri yang bersimbiosis dengan karang tertentu.

  • Ekosistem lamun

Lamun atau seagrass merupakan satu-satunya kelompok tanaman berbunga yang hidup di lingkungan laut. Tumbuhan ini hidup di perairan pantai yang dangkal.

  • Terestrial (darat)

Penentuan zona di ekosistem darat ditentukan oleh suhu dan curah hujan. Ekosistem darat dapat dikendalikan oleh iklim dan gangguan.

  • Hutan hujan tropis

Hutan hujan tropis ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Karakteristiknya adalah curah hujan 200-225 cm per tahun. Spesies pohon relatif besar, spesies berbeda satu sama lain tergantung pada lokasi geografisnya.

  • Sabana

Sabana dari daerah tropis berada di daerah dengan curah hujan 40-60 inci per tahun, tetapi suhu dan kelembaban masih tergantung pada musim.

  • Padang rumput

Padang rumput ditemukan di daerah yang membentang dari daerah tropis ke subtropis. Karakteristik padang rumput adalah curah hujan sekitar 25-30 cm per tahun, curah hujan tidak teratur, porositas tinggi (penyerapan air), dan drainase cepat (aliran air).

  • Gurun

Gurun ditemukan di daerah tropis yang berbatasan dengan padang rumput. Karakteristik ekosistem gurun adalah kering dan curah hujan rendah (25 cm / tahun).

  • Hutan gugur

Hutan gugur ditemukan di daerah beriklim sedang dengan empat musim, ditandai dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun. Jenis pohonnya kecil (10 hingga 20) dan tidak terlalu ketat.

  • Taiga

Taiga berada di belahan bumi utara dan di pegunungan di daerah tropis, yang karakteristiknya adalah suhu musim dingin yang rendah. Biasanya taiga adalah hutan yang terdiri dari satu spesies seperti konifer, pinus, dan sejenisnya.

  • Tundra
Baca Juga :  Membaca Cepat : Rumus, Tujuan, Manfaat, Contoh, Jenis, Ciri Dan 4 Tekniknya

Tundra berada di belahan bumi utara di lingkaran kutub utara dan terletak di puncak gunung yang tinggi. Pertumbuhan tanaman ini di daerah ini hanya 60 hari.

  • Karst (batu gamping / gua)

Karst berasal dari nama daerah batu kapur di wilayah Yugoslavia. Kawasan karst di Indonesia memiliki karakteristik yang hampir sama, yaitu, tanahnya subur untuk pertanian, peka terhadap erosi, tanah longsor.

  • Buatan

Ekosistem buatan merupoakan ekosistem yang diciptakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Ekosistem buatan mendapatkan subsidi energi dari luar, tanaman atau hewan peliharaan yang didominasi oleh pengaruh manusia, dan memiliki keanekaragaman yang rendah. Contoh ekosistem buatan adalah:

  1. bendungan
  2. hutan tanaman produksi seperti jati dan pinus
  3. agroekosistem berupa sawah tadah hujan
  4. sawah irigasi
  5. perkebunan sawit
  6. ekosistem pemukiman seperti kota dan desa
  7. ekosistem ruang angkasa

 

Baca Juga:

 

Demikian penjabaran tentang Pengertian Ekosistem Dalam Biologi Dan Contoh Serta Macamnya Lengkap semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca Pensil.Co.Id

Pengertian Ekosistem Dalam Biologi Dan Contoh Serta Macamnya Lengkap
5 (100%) 5 vote[s]