8 Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli Serta Konsep Dan Cabang Ilmunya 5/5 (1)

Diposting pada

Pengertian Ekologi

Ekologi merupakan studi tentang interaksi antara organisme dan lingkungannya dan satu sama lain. Ekologi didefinisikan sebagai studi tentang interaksi antara makhluk hidup dan interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya. Istilah ekologi pertama kali diusulkan oleh Ernst Haeckel (1834-1914). Dalam ekologi, kehidupan dipelajari sebagai suatu unit atau sistem dengan lingkungannya.

Ekologi tidak lepas dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu faktor abiotik dan biotik. Faktor abiotik meliputi suhu, air, kelembaban, cahaya, dan topografi, sedangkan faktor biotik terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba hidup. Ekologi juga terkait erat dengan tingkat organisasi makhluk hidup, yaitu populasi, komunitas, dan ekosistem saling mempengaruhi dan merupakan sistem yang menunjukkan persatuan.

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Ekologi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang relatif baru yang muncul pada tahun 70-an. Namun, ekologi memiliki pengaruh besar pada cabang biologi. Studi ekologi tentang bagaimana makhluk hidup dapat bertahan hidup dengan mengatur hubungan antara makhluk hidup dan benda mati dalam kehidupan atau lingkungan.


Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

  • Menurut Miller (1975)

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme serta dengan satu sama lain dan dengan lingkungan.

  • Menurut Otto Soemarwoto

Ekologi adalah ilmu mengenaihubungan timbal balik antara hidup dan lingkungan sekitarnya.

  • Menurut C. Elton

Ekologi adalah ilmu yang meneliti sejarah alam atau perkehidupan alami juga dengan ilmiah.

  • Menurut Resosoedarmo

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara hidup dan lingkungan.
Menurut Andrewartha, Ekologi adalah ilmu yang membahas penyebaran dan kelimpahan organisme.

  • Menurut Krebs

Ekologi adalah ilmu yang meneliti interaksi yang menentukan distribusi dan kelimpahan organisme.

  • Menurut Eugene P. Odum

Ekologi adalah review alam dan fungsi terstruktur, struktur dan interaksi antara organisme dan lingkungan mereka.

  • Ernst Haeckel (1834-1914)

Dalam ekologi, kehidupan dipelajari sebagai suatu unit atau sistem dengan lingkungannya.

  • Para Ahli Ekologi Mempelajari Hal Berikut:

  1. Transfer energi dan materi dari makhluk hidup ke makhluk hidup lainnya dan lingkungan adalah faktor yang menyebabkannya.
  2. Perubahan populasi atau spesies pada waktu yang berbeda dari faktor-faktor yang menyebabkannya.
  3. Terjadi antara hubungan spesies (interaksi antara spesies) makhluk hidup dan hubungan antara kehidupan dan lingkungan.

Sekarang ekologi (orang yang mempelajari ekologi) difokuskan pada wilayah Bumi dan penelitian perubahan iklim.


Konsep Ekologi

Keterkaitan dan ketergantungan antara semua komponen ekosistem harus dipertahankan dalam kondisi stabil dan seimbang (homeostasis). Perubahan pada satu komponen akan mempengaruhi komponen lainnya. Homeostasis adalah kecenderungan sistem biologis untuk menolak perubahan dan selalu seimbang.

Ekosistem mampu mempertahankan dan mengatur diri mereka sendiri dan komponen penyusun organisme dan populasi. Dengan demikian, ekosistem dapat dianggap sebagai cybernetics. Tetapi orang-orang cenderung mengganggu sistem kontrol alami ini.

Ekosistem adalah kumpulan dari berbagai alam, seperti hewan, tumbuhan, lingkungan, dan orang terakhir.


Ekologi dalam politik

Ekologi memunculkan banyak gerakan filosofis dan politis yang kuat – termasuk gerakan konservasi, kesehatan, lingkungan, dan ekologi yang kita kenal sekarang. Saat ini, semua digabungkan dengan gerakan perdamaian dan Enam Prinsip, yang disebut gerakan hijau. Secara umum, menjadikan kesehatan ekosistem sebagai prioritas utama bagi moral dan politik manusia, sebagai cara untuk mencapai kesehatan manusia yang lebih baik dan harmoni sosial, dan ekonomi.

Orang yang memiliki kepercayaan pada apa yang disebut ekologi politik. Beberapa telah ditugaskan untuk Kelompok Hijau, tetapi sebenarnya ada ekologi politik di sebagian besar partai politik. Sangat sering mereka menggunakan argumen ekologis untuk melanjutkan kebijakan, terutama kebijakan hutan dan energi. Seringkali argumen ini bertentangan satu sama lain, karena banyak akademisi melakukannya dengan baik.


Ekologi Dalam Ekonomi

Banyak ahli ekologi menghubungkan ekologi dengan ekonomi manusia:

  1. Lynn Margulis mengatakan bahwa studi ekonomi tentang bagaimana manusia membuat kehidupan. Studi ekologi tentang bagaimana setiap hewan hidup.
  2. Mike Nickerson mengatakan bahwa “tiga per lima dari ekologi ekonomi” karena ekosistem menciptakan sumber daya dan limbah, yang menganggap ekonomi sebagai “bebas”.

Ekonomi ekologis dan teori pengembangan manusia mencoba memisahkan pertanyaan ekonomi dari yang lain, tetapi sulit. Banyak orang mengira ekonomi baru saja menjadi bagian dari ekologi, ekonomi dan mengabaikannya. “Modal alam” adalah salah satu contoh teori yang menggabungkan dua hal ini.


Ekologi dalam kacamata antropologi

Terkadang ekologi dibandingkan dengan antropologi, karena keduanya menggunakan banyak metode untuk mempelajari satu hal yang kita tidak bisa hidup tanpanya. Antropologi adalah tentang bagaimana tubuh dan pikiran kita dipengaruhi oleh lingkungan kita, ekologi adalah tentang bagaimana lingkungan kita dipengaruhi oleh tubuh dan pikiran kita.

Beberapa orang berpikir mereka hanya ilmuwan, tetapi paradigma mekanistik bersikeras menempatkan subjek manusia dalam objek kontrol ekologis – masalah subjek-objek. Tetapi dalam psikologi evolusi atau psychoneuroimmunology misalnya, jelas bahwa kemampuan manusia dan tantangan ekonomi tumbuh bersama. Antoine de Saint-Exupery yang terdefinisi dengan baik: “Bumi mengajarkan kita lebih banyak tentang diri kita daripada semua buku. Karena itu, kita menolak Manusia menemukan dirinya ketika dia membandingkan dirinya dengan rintangan.”


Cabang Ilmu Ekologi

Karena masih sangat besar, ekologi memiliki beberapa cabang ilmu pengetahuan yang lebih terfokus, yaitu:

  1. Ekologi Tingkah Laku
  2. Ekologi Bahasa
  3. Ekologi Komunitas dan Sinekologi
  4. Ekologi Fisiologi
  5. Ekologi Ekosistem
  6. Ekologi Evolusi
  7. Ekologi Global
  8. Ekologi Manusia
  9. Ekologi Populasi
  10. Ekologi Akuatik
  11. Ekologi Api
  12. Ekologi Fungsional
  13. Ekologi Polinasi
  14. Ekologi Hutan
  15. Ekologi Laut
  16. Ekologi Laut Tropis
  17. Ekologi Pangan dan Gizi
  18. Ekologi Hutan Mangrove
  19. Ekologi Kesehatan
  20. Ekologi Antariksa
  21. Ekologi Pedesaan
  22. Ekologi Serangga
  23. Ekologi Habitat
  24. Ekologi Pelestarian
  25. Ekologi Hewan
  26. Ekologi Produksi
  27. Ekologi Purbakala
  28. Ekologi Sosial
  29. Ekologi Radiasi
  30. Ekologi Tumbuhan Penganggu
  31. Ekologi Lanskap
  32. Ekologi Molekuler
  33. Ekologi Robot
  34. Ekologi Industri

 

Baca Juga:

Baca Juga :  Pengertian Populasi Menurut Para Ahli Beserta Daftar Pustaka Dan Contohnya
Baca Juga :  Pengertian Gerak Benda Pada Bidang Datar Serta Contoh Dan Macamnya

 

Demikian Penjabaran TentangĀ 8 Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli Serta Konsep Dan Cabang Ilmunya Semoga Bermanfaat Untuk Pembaca Setia Pensil.Co.Id

Please rate this