Pengertian Dikotil Dan Monokotil Serta Perbedaan & Contohnya Lengkap 5/5 (1)

Diposting pada

Pengertian Dikotil

Dikotil atau tumbuhan berbiji belah merupakan golongan tumbuhan berbunga yang mempunyai ciri khas sama; mempunyai spasang daun lembaga. Daun lembaga ini terbentuk sejak tahapan biji sehingga biji sebagian besar kelompoknya memiliki sifat mudah tebelah dua. Secara klasik, tumbuhan berbunga dibedakan menjadi dua kelompok besar, yakni tumbuhan berkeping biji dua serta tanaman yang berkeping biji tunggal (monokotil).

Pengertian Dikotil Dan Monokotil Serta Perbedaan Dan Contohnya


Pengertian Monokotil

Tumbuhan monokotil atau tumbuhan biji berkeping tunggal merupakan salah satu dari dua kelompok besar tumbuhan berbunga yang secara klasik diajarkan, kelompok lainnya ialah tumbuhan bijinya berkeping dua atau dikotil. Ciri monokotil yang paling khas ialah biji tunggal sebab hanya mempunyai satu daun lembaga, daun berseling, berakar serabut, tumbuhan biji berkeping satu, tulang daun sejajar serta memiliki bentuk pita. Kelompok tersebut diakui untuk takson (untuk kelas ataupun subkelas) dalam berbagai sistem klasifikasi tumbuhan serta memperoleh nama, contohnya Monocotyledoneae, Liliidae dan Liliopsida.

Di lihat dari analisis filogeni, kelompok tersebut dilihat bersifat monofiletik atau holofiletik. Sistem klasifikasi APG II melihat monokotil sebagai klad yang disebut Monokotil. kelompok tumbuhan ini mencakup bermacam tumbuhan paling bermanfaat dalam kehidupan manusia. Sebagai sumber pangan, sumber bahan baku industri, sumber energi nabati, dekorasi, perumahan, pakaian, media penulisan, zat perwarna, dsb.


Perbadaan Dikotil Dan Monokotil

  • Perbedaan Biji

Perbedaan monokotil dan dikotil yang paling menonjol bisa kita lihat dari jumlah keping bijinya. Tumbuhan dengan satu keping biji (monokotil) tidak akan mengalami pembelahan disaat berkecambah, conohnya pada tumbuhan padi, anggrek, jagung, dan kelapa. Sedangkan tumbuhan dengan 2 keping biji (dikotil) akan menjadi 2 pada saat perkecambahan, contohnya pada biji kakao, kacang-kacangan, karet serta bunga matahari.

  • Perbedaan Akar

Perbedaan yang sangat terlihat dipunyai tumbuhan monokotil serta dikotil juga bisa kita identifikasi langsung dari struktur akarnya. Tumbuhan monokotil biasanya dipunyai sistem akar serabut yang tipis serta kecil, sedangkan tumbuhan dikotil mempunyai sistem akar tanggung yang bercabang, kuat dan menembus tanah.


Perbedaan mencolok yang dipunyai tumbuhan

  • Perbedaan Batang

Perbedaan monokotil serta dikotil berikutnya bisa diidentifiaksi dari morfologi batangnya. Batang tumbuhan dikotil umumnya bercabang serta mempunyai kambium pada pertatasan antara jaringan floem dan xilem, sedangkan batang tumbuhan monokotil bisanya tidak bercabang tetapi terus tumbuh meninggi dan tidak mempunyai kambium. Perlu dipajami bahwa ada atau tidaknya kambium bisa diketahui dengan menyayat kulit batang tumbuhan.

  • Perbedaan Daun

Bentuk tulang daun di tumbuhan monokotil serta dikotil begitu berbeda. Bentuk daun tumbuhan monokotil biasanya memanjang layaknya pita dengan tulang daun yang sama, sedangkan bentuk daun tumbuhan dikotil biasanya melebar dengan tulang daun menjari atau menyirip.

  • Perbedaan Bunga

Perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil bisa diidentifikasi dari bunganya. Bunga tumbuhan monokotil biasanya mempunyai kelopak dengan jumlah 3 atau kelipatannya, dan sedangkan bunga tumbuhan dikotil bisanya memiliki kelopak dengan jumlah 2, 4, 5 atau kelipatannya.

  • Berkas Pengangkut

Tumbuhan monokotil dan dikotil juga mempunyai perbedaan pada berkas pengangkut. Berkas pengangkut pada tumbuhan monokotil bisanya tersebar, baik pada pembuluh tapis ataupun pada pembuluh kayunya, sedangkan berkas perangkut pada tumbuhan dikotil bisanya teratur.


Nama-nama Dikotil

Tumbuhan dikotil mempunyai beberapa suku, yaitu:

  • Suku getah – getahan (Euphorbiaceae), jika dilukai bagian tubuhnya akan mengeluarkan getah berwarna putih.

Contoh : Havea Brasiliensis (karet), Manihot utilissima (ketela pohon)

  • Suku kacang – kacangan (Papilionaceace), cirinya mahkota bunga berbentuk kupu – kupu, buahnya polong dan sering ditemukan bintil akar.

Contoh : Vigna sinensis (kacang panjang), Arachis hypogaea (kacang tanah)

  • Suku terung terungan (Solanaceae), cirinya bunga berbentuk bintang, terompet, buah buni /buah kotak dengan lapisan dalam berair atau berdaging.

Contoh : Capsicum annum (cabai), Solanum lycopersicum (tomat)


Nama-Nama Monokotil

Menurut bermacam sistem klasifikasi, monokotil mendapat berbagai nama namun dengan kesepakatan anggota yang sangat stabil.

  1. Monocotyledoneae dalam sistem de Candolle dan sistem Engler.
  2. Kelas Liliopsida dalam sistem Takhtajan dan sistem Cronquist.
  3. Monocotyledones dalam sistem Bentham & Hooker dan sistem Wettstein.
  4. Klad Monokotil dalam sistem APG dan sistem APG II.
  5. Anak kelas Liliidae dalam sistem Dahlgren dan sistem Thorne (1992).

 

Baca Juga : 

Baca Juga :  Pengertian Sumber Daya Menurut Para Ahli Dan Macamnya
Baca Juga :  9 Pengertian Fonologi Menurut Para Ahli Dan Contohnya Lengkap

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Dikotil Dan Monokotil Serta Perbedaan & Contohnya Lengkap Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this