Pengertia Teks Eksposisi Serta Tujuan, Struktur Dan Contohnya Lengkap

Diposting pada

Pengertia Teks Eksposisi

 

Eksposisi adalah salah satu jenis pengembangan paragraf dalam penulisan yang dimana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat.

 

Contoh Teks Eksposisi Tentang Internet


Tujuan Teks Eksposisi

Tujuan dari teks eksposisi adalah untuk memaparkan atau menjelaskan sebuah informasi kepada pembaca sejelas-jelasnya. Sehingga pembaca mendapatkan informasi dan pengetahuan secara rinci terhadap sebuah kejadian.

Contoh-contoh tulisan eksposisi adalah berita di koran dan petunjuk penggunaan.


Struktur Teks Eksposisi

  • Topik:
  1. Data faktual, yaitu suatu kondisi yang benar-benar terjadi, ada, dan dapat bersifat historis tentang bagaimana suatu alat bekerja, bagaimana suatu peristiwa terjadi, dan sebagainya
  2. Suatu analisis atau penafsiran objektif terhadap seperangkat fakta
  3. Fakta tentang seseorang yang berpegang teguh pada suatu pendirian
  • Urutan analisis:
  1. Urutan kronologis/proses, biasanya memaparkan proses, yaitu memberi penjelasan tentang bekerjanya sesuatu atau terjadinya suatu peristiwa
  2. Urutan fungsional
  3. Urutan atau analisis sebab akibat
  4. Analisis perbandingan
  • Langkah-langkah penulisan:
  1. Menentukan tema
  2. Menentukan tujuan karangan
  3. Memilih data yang sesuai dengan tema
  4. Membuat kerangka karangan
  5. Mengembangkan kerangka menjadi karangan

Langkah-langkah Menyusun Paragraf Proses Pola pengembangan karangan eksposisi bisa bermacam-macam, di antaranya pola pengembangan proses. Paragraf proses itu menyangkut jawaban atas pertanyaan bagaimana bekerjanya, bagaimana mengerjakan hal itu (membuat hal ini), bagaimana barang itu disusun, bagaimana hal itu terjadi. Berikut langkah penulisannya :

  1. Penulis harus mengetahui perincian secara menyeluruh.
  2. Membagi perincian atas tahap tahap kejadiannya. Bila tahap-tahap kejadian ini berlangsung dalam waktu yang berlainan, penulis harus memisahkan dan mengurutkannya secara kronologis.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Internet memiliki sisi manfaat dan sisi yang tidak berguna. Bahkan, dampak yang sangat buruk. Benar-benar ibarat pedang bermata dua. Sejatinya, internet diciptakan sebagai media untuk menyebarkan segala bentuk data yang bernilai positif. Namun, internet kini telah beralih fungsi sebagai media penyebarluasan hal-hal yang merugikan.

Berikut ini merupakan beberapa dampak negatif penggunaan internet.

  • Kecanduan Hubungan Maya

Hal ini merupakan dampak yang melibatkan seseorang secara berlebihan untuk menjalin hubungan maya. Hubungan melalui internet biasanya berawal dari chat. Melalui chat, seseorang akan merasakan kecocokan sehingga memutuskan untuk menuangkan perhatian berlebih pada rekan chatnya. Bahkan, seseorang bisa melupakan dunia nyata gara-gara kecanduan chat.


Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Para dokter didunia menemukan penemuan terbaru yang sangat menarik tentang penyebab kerusakan hati. Mungkin kamu akan terkejut dengan hasil penelitian ini, tidur yang terlalu malam serta bangun yang terlalu siang itu adalah faktor terbesar yang menyebabkan kerusakan hati.Untuk bisa tidur secara waktu yang teratur kamu bisa mencoba memakai spring bed yang membuat kamu nyaman. Cobalah kasur spring bed murah dari American Pillo. Karena ada waktu-waktu tertentu pada saat tidur yang menyebabkan kesehatan ditubuh manusia, dan dibawah ini adalah waktu-waktu tidur serta akibatnya :

  1. Hindari tidur lewat dari jam 10 malam, karena pada pukul 11 sampai pukul 1 dini hari adalah proses detoksasi yaitu pengeluaran racun dibagian hati. Proses ini terjadi pada saat kamu dalam keadaan tertidur pulas, karena pada saat tertidur pulas pikiran yang ada di otak kamu dalam keadaan relax.
  2. Pada pukul 1 sampai 3 dini hari adalah bagian detoksasi di bagian empedu dalam kondisi tidur.
  3. Pukul 3 sampai 5 pagi adalah proses detoksasi dibagian paru-paru, dan ini akan menghindari kamu dari penyakit yang menyerang paru-paru kamu.

Selain untuk kesehatan ternyata tidur tepat waktu bisa membantu kamu untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga kamu akan selalu merasa bugar dan cepat dalam berpikir. Dengan tidur tepat waktu, serta menghindari tidur larut malam akan membuat kamu menjadi lebih produktif dalam pekerjaan yang kamu lakukan. Dan berikut ini ada manfaat tidur yang teratur bisa untuk kecantikan dan juga kemajuan karir. Tidur yang teratur akan membuat kamu menjadi lebih cantik karena bisa mencerahkan kulit,rambut, mata serta bisa mencegah jerawat di wajah.

 

Baca Juga:

Baca Juga :  6 Pengertian Referensi Beserta Contoh Dan Jenisnya Lengkap
Baca Juga :  Pengertian, Jenis, Contoh Prosa Lama Dan Baru Lengkap

 

Demikian Penjelasan Diatas TentangĀ Pengertia Teks Eksposisi Serta Tujuan, Struktur Dan Contohnya Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Pembaca Pensil.Co.Id

Pengertia Teks Eksposisi Serta Tujuan, Struktur Dan Contohnya Lengkap
5 (100%) 6 vote[s]