Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Contohnya Lengkap No ratings yet.

Diposting pada

Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Contohnya Lengkap

Sila Ketuhanan Yang Maha Esa adalah sila yang meliputi dan menjiwai sila-sila lainnya dalam pancasila. Hal ini berarti bahwa realisasi dan perwujudan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa mendasari (meliputi dan menjiwai) tidak dapat nilai yang terrkandung dalam sila-sila lainnya.

Percaya dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dalam perwujudannya adalah menjallankan ajaran agama, merupakan dasar iman bagi setiap pemeluk agama. Apabila keimanan dan keyakinan itu telah mantap, maka dengan sendirinya akan embuahkan amal nyata sesuai dengan ketentuan agama.

Dalam upaya meningkatkan ketaatan umat beragama dalam menjalankan ibadah sesuia dengan agamanya masing-masing dalam negara kita diatur dalam GBHN yang isinya antara lain “… kehidupan keagamaan dalam kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa makin dikembangkan sehingga terbina hidup rukun di antara sesama umat beragama…”.

Dan lebih tegas lagi pengaturan kehidupan agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di atur dalam Tap MPR no. II/MPR/1978 (P4) dan peraturan perundang-uundangan lainnya.


Ketrekaitan Sila  Pertama dengan Sila-sila lainnya dan Upaya Pemerintah RI dalam Membina dan Meningkatkan Kegiatan Beribadah dan Keyakinan Menurut Agama dan Kepercayaan


Keterkaitan Sila Pertama dengan Sila-sila lainnya

Dari segi nilai yang terkanduung dalam sila ketuhanan Yang Maha Esa dapat di sebutkan bahwa sila ini merupakan dasar kerohanian, dasar moral bagi bangsa indonesia dalam melaksanakan hidup bernegara wajib memperhatikan dan menghormati petunjuk-petunjuk Tuhan Yang Maha Esa.

Sila Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan dasar cita-cita kenegaraan kita. Peraturan-peraturan yang baik bagi masyarakat,pemerintah, dan negara pada hakikatnya tidak boleh menyimpang dari jalan lurus untuk mencapai kebahagiaan rakyat dan keselamatan masyarakat, perdamaian dunia, serta persaudaraan bangsa-bangsa. Adapun keterkaitan sila Ketuhanan Yang Maha Esa dengan sila-sila lainnya.


Baca Juga:
Baca Juga :  Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Contohnya Lengkap
Demikian Penjelasan Diatas Tentang Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara Beserta Contohnya Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this