Organisasi Semi Militer Bentukan Jepang Dan Tujuan Serta Pembubarannya

Diposting pada

Organisasi Semi Militer Bentukan Jepang

Organisasi Semi Militer Bentukan Jepang

Pada 8 Maret 1942, tepatnya di Kalijati tercapai kesepakatan antara Jepang dan Belanda yang pada dasarnya wilayah Indonesia tidak lagi dimiliki oleh Belanda melainkan diserahkan kepada Jepang. Kemudian Jepang membuat beberapa perubahan di Indonesia. Kedatangan Jepang mampu membius rakyat Indonesia untuk membantu Jepang.


Japang sangat terampil dan memberikan harapan palsu ke Indonesia. Dalam sejarah pendudukan Jepang di Indonesia (1942-1945) ada beberapa organisasi yang dibentuk oleh Jepang. Berikut ini adalah sejumlah organisasi yang dibentuk oleh Jepang (kecuali BPUPKI dan PPKI), penjelasannya adalah sebagai berikut: 9 Organisasi Bentukan Jepang Di Indonesia


1. Seinendan (Barisan Pemuda)

Seinendan merupakan organisasi barisan pemuda yang dibentuk tanggal 9 Maret 1943 oleh tentara Jepang di Indonesia. Tujuan dari organisasi seinendan ini adalah untuk mendidik dan melatih para pemuda agar dapat mempertahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri. Akan tetapi, maksud yang sebenarnya ialah untuk mempersiapkan pemuda Indonesia untuk membantu militer Jepang untuk menghadapi pasukan Sekutu.


Organisasi ini bercorak militer dan semi militer. Organisasi ini di bawah kepemimpinan Gunseikan. Persyaratan untuk menjadi anggota Seinendan tidak begitu sulit, seluma anggotanya tercatat sebanyak 35.500 orang pemuda dari seluruh jawa.


Jumlah ini berkembang menjadi kira-kira 500.000 orang pemuda pada akhir masa pendudukan Jepang. Secara resmi disebutkan bahwa pembentukan ini bertujuan untuk mendidik dan melatih para pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri, maksudnya yang disembunyikan ialah agar dengan demikian memperoleh tenaga cadangan untuk memperkuat usaha mencapai kemenangan akhir dalam perang saat itu, yaitu perang terhadap sekutu.

Baca Juga :  Pengertian Ilmu Sosial Serta Tujuan, Ruang Lingkup Dan Contohnya

Saat pelatihan organisasi ini diberikan pelatihan-pelatihan militer baik untuk mempertahankan diri maupun untuk penyerangan, mereka ini adalah pemuda-pemuda Asia yang berusia antara 15-25 tahun (kemudian diubah menjadi 14-22 tahun).


Seinendan Dibubarkan

Di bubarkan pada tahun 1943 karena seinendan lebih cenderung memihak kepada indonesia sedangkan tujuan di bentuknya seinendan adalah untuk membantu jepang dalam perang asia pasifik atau asia timur raya


2. Fujinkai (Himpunan Wanita)

Fujinkai dibentuk pada bulan Agustus 1943. Anggotanya terdiri dari wanita berusia 15 tahun ke atas. Fujinkai bertujuan untuk memberikan pelatihan militer bagi wanita semuda 15 tahun. Tugas Fujinkai adalah membantu memperkuat pertahanan dengan mengumpulkan dana dalam bentuk perhiasan, ternak, dan makanan untuk perang.


3. Keibodan (Barisan Pembantu Polisi)

Dibentuk pada tanggal 29 April 1943 dan bertujuan mengisi jiwa pemuda dengan semangat nasionalisme. Keibondan ini bertugas untuk membantu tugas – tugas polisi.


4. Suishintai (Barisan Pelapor)

Dibentuk pada 1 November 1944, sebagai hasil keputusan pengadilan ketiga dari Chuo Sangi In (Dewan Penasihat Pusat). Suishintai dipimpin oleh Ir. Soekarno, dan wakilnya, P. Suroso, Otto Iskandardinata dan Dr. Buntaran Martoatmojo. Tokoh-tokoh nasionalis yang duduk di Barisan Pelopor berusaha memanfaatkan peluang terbaik untuk menanamkan semangat nasionalisme di kalangan anak muda. Para pemuda dimobilisasi untuk mendengarkan pidato para pemimpin nasionalis. Dalam pidatonya, para pemimpin nasionalis selalu menyelipkan kata-kata untuk menginspirasi cinta bagi tanah air di kalangan pemuda.


5. Gakukotai (Barisan Pelajar)

Dibentuk tanggal 15 Desember 1944, Gakukotai beranggotakan para pelajar sekolah lanjutan.


6. Jawa Hokokai (Organisasi Kebaktian Rakyat Jawa)

Dibentuk pada tanggal 1 Maret 1944 dan bertujuan mengumpulkan pajak dan hasil bumi dan menyerahakannya ke Jepang.  Dan yang terakhir ialah Jibakutai (barisan Barani Mati)

Demikian penjelasan artikel diatas Organisasi Semi Militer Bentukan Jepang Di Indonesia semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih telah berkunjung ke situs Pensil.Co.Id. Selamat Membaca…..

Baca Juga :  Pengertian Manajemen Produksi Dan Contoh, Fungsi, Tujuan Serta Aspeknya

Baca Juga :