Pengertian Musik Sebagai Simbol Dan Contoh Beserta Elemennya No ratings yet.

Diposting pada

Musik Sebagai Simbol

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari berbagai kelompok orang. Keragaman kelompok masyarakat di Indonesia berdampak pada keanekaragaman produk budaya juga. Salah satu hasil budaya dari masing-masing kelompok masyarakat adalah seni, termasuk musik.

Pengertian Musik Sebagai Simbol Dan Contoh


Pengertian Musik Sebagai Simbol

Musik, seperti cabang seni lainnya, sangat sarat dengan simbol-simbol tertentu yang terkait erat dengan makna tertentu dalam kehidupan penghuninya. Simbol-simbol ini muncul pada karakter suara yang dihasilkan oleh instrumen ini (musikal), termasuk vokal manusia. Secara musikal, simbol-simbol musik dapat dilihat pada elemen-elemen di dalamnya, seperti nada rendah, ritme, dinamika, atau tempo.


Elemen Musik Sebagai Simbol Musik

Mari kita bahas setiap elemen musik sebagai simbol musik. Pertama nada atau melodi yang dilakukan oleh suatu instrumen, termasuk suara manusia atau vokal. Misalnya, bagaimana Anda mengartikan suara tinggi, keras atau melengking (seperti nyanyian burung, sirene ambulans, suara bel sepeda) dan suara rendah (seperti instrumen bass). Simbol musik juga dapat dilihat dari dinamika musik / suara. Bagaimana Anda mengartikan urutan suara yang awalnya terdengar lembut yang semakin sulit (crescendo)? Bagaimana Anda mengartikan serangkaian suara yang awalnya terdengar keras tetapi semakin lembut?

Tempo juga bisa dilihat sebagai simbol musik. Di mana Anda rasakan ketika Anda mendengar lagu Suweng Cublak-Cublak dinyanyikan dengan tempo cepat? Apa kesan Anda saat mendengar lagu dinyanyikan dengan tempo lambat.

Simbol musik juga bisa dilihat dari aspek non-musik. Salah satu contoh simbol non-musik adalah alat musik yang didasarkan pada bentuk, bahan instrumen, warna, atau ornamen yang muncul pada instrumen. Salah satu contoh bentuk simbolis dalam hal bahan dasar instrumen adalah instrumen komunitas tradisional Sunda, seperti suling Sunda, baik suling enam lubang Sunda maupun empat lubang.


Contoh Musik Tradisional

Selain seruling, instrumen tradisional Sunda yang terbuat dari bambu ialah angklung. Dalam masyarakat Sunda, angklung terdiri dari beberapa jenis. Salah satunya adalah angklung Sunda / Indonesia, yang merupakan jenis angklung yang sering kita saksikan dalam pertunjukan musik. Dalam proses memainkan musik angklung, pemain memiliki satu angklung, tetapi satu pemain dapat menahan banyak nada dalam permainan di bawah ini:

Berdasarkan temuan Anda pada kolom di atas, kita dapat mengatakan bahwa ketiga jenis angklung atau tiga jenis instrumen yang Anda sebutkan dari tiga kelompok orang berbeda memiliki karakter musik dan non-musik yang berbeda. Perbedaan ini menunjukkan bahwa musik, sebagai alat untuk mengekspresikan ide atau ide musisi, terkait erat dengan cara aktor musik mengekspresikan ide-ide mereka.

Cara pelaku mengekspresikan ide dalam musik tidak dapat dipisahkan dari berbagai pengalaman yang diperoleh di komunitas. dengan kata lain, karakter musik dan non-musik dari musik yang diproduksi oleh aktor musikal tidak dapat dipisahkan dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang ia pelajari di masyarakat. sebagai anggota masyarakat, pemutar musik memperoleh berbagai pengalaman untuk berperilaku sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku di masyarakat, termasuk perilaku musiknya.

Baca Juga:

Baca Juga :  Tari - Jenis, Fungsi, Unsur, Contoh, jenis, Bentuk & Gambarnya
Baca Juga :  Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik (Pengertian, Eksplorasi Dan Gerak)

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Musik Sebagai Simbol Dan Contoh Beserta Elemennya Semoga Dapat Bermanfaat bagi Semua Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this