Cara Membuat Catatan Dan Memahami Bunyi Serta Alat Ucap Manusia

Diposting pada

 

Cara Membuat Catatan

Dalam membaca pemahaman, jika bahan bacaan banyak dan tak semua hal-hal penting dapat diingat dan dipahami, pembaca perlu membuat catatan. Catatan ini dibuat sebagai sarana membantu anda menguatkan ingatan atau pemahaman terhadap isi bacaan sesuai denga tujuan membaca.

Tidak semua uraian dicatat. Tujuan membaca secara umum adalah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan atau memahami gagasan yang disampaikan penulis dalam bacaan. Agar catatan terarah, Hal-hal yang perlu dicatat adalah, seperti berikut.


  1. Kata-kata kunci berupa kata/frasa/klausa yang dapat mengantarkan pada pikiran pokok.
  2. Ide pokok atau gagasan utama setiap paragraf.
  3. Data dan fakta yang mendukung gagasan seperti hasil penelitian, angka-angka, dan lain-lain.
  4. Informasi yang diangap menarik termasuk pemikiran baru, opini, tanggapan, atau menyelesaikan suatu masalah.
  5. Pendapat atau penilaian penulis mengenai hal-hali tertentu.
  6. Jika yang dibaca berbentuk buku, jangan lupa catat halaman tempat informasi yang dicatat berada untuk memudahkan mencari kembali.

Rangkuman

Membuat catatan merupakan salah satu cara bagi pembaca dalam menyimpulkan bahan informasi dari sebah sumber. Dengan membuat catatan pembaca dapat mengingat kembali, informasi penting yang dibutuhkan. Untuk membuat catatan yang baik dan terarah, hal-hal yang perlu dicatat ide pokok setiap paragraf, mencatat data dan fakta, mencatat informasi yang diangap menarik, atau pendapat penulis tentang sesuatu.


Bunyi dan Alat Ucap Manusia

Artikulasi ialah bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Artikulasi dibedakan atas (1) bunyi vokal  yaitu a, I, u, e, o, dan (2) bunyi konsonan yaitu bilabial, laringal, veral, labio dental, alpico interdental/dental, spiral, uvalar, apikal.


Melafalkan Kata secara Baku dan Membedakannya dari Lafal Daerah

Penulisan kata baku telah diatur dalam Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Untuk penggunaan secara lisan, pelafalan harus sesuai dengan huruf yang membentuk kata tersebut dan tidak terpengaruh unsur lafal daerah.


Pelafalan Kata Serapan

Kata serapan adalah kata yang berasal dari bahasa asing yang di Indonesiakan, penyerapan terjadi karna dua hal yaitu proses adaptasi dan proses asimilasi.

Untuk melatih cara melafalkan kata dengan artikulasi yang jelas, bacalah wacana dihalaman awal bab ini dengan artikulasi yang jelas, lalu mintalah teman sebangku anda mengoreksinya.  Lakukan bergantian!

Buatlah kelompok yang terdiri atas 4-5 orang, lalu carilah naskah drama pendek. Kemudian lakukan hal-hal berikut.


  1. Ucapkanlah dialog-dialog drama tersebut dengan intonasi dan lafal yang jelas sarta tepat. Jika perlu, diperankan di depan kelas.
  2. Kelompok lain mengamati dan memberi komentar.
  3. Diskuso bersama kelompok kata-kata yang dilafalkan dengan lafal daerah atau logat sehari-hari.
  4. Daftarkan dan jelaskan asal lafal daerah yang dignakan. selamat mencoba semoga berhasil…

Baca Juga:

Baca Juga :  Pengertian Membaca Indah Menurut Para Ahli Serta Syarat, Jenis & Manfaatnya
Baca Juga :  Pengertian Sampel Menurut Para Ahli Serta Contoh Dan Tekniknya

 

Demikian Penjelasan Tentang  Cara Membuat Catatan Dan Memahami Bunyi Serta Alat Ucap Manusia Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca Pensil.Co.Id

Cara Membuat Catatan Dan Memahami Bunyi Serta Alat Ucap Manusia
5 (100%) 3 vote[s]