Pengertian Laras Bahasa Menurut Para Ahli Dan Contohnya Lengkap 5/5 (1)

Diposting pada

Pengertian Laras Bahasa

Laras Bahasa adalah bahasa yang digunakan untuk berbagai keperluan, atau dalam konteks sosial tertentu. Banyak laras bahasa yang dapat diidentifikasi tanpa batas yang jelas antara mereka.

Definisi dan kategorisasi laras yang berbeda bahasa apapun di antara ahli bahasa antara lain:

Pengertian Laras Bahasa


Pengertian Laras Bahasa Menurut Ahli

Salah satu model pembagian laras bahasa yang paling terkemuka diajukan oleh Joos (1961) yang membagi lima laras bahasa menurut derajat keformalannya, yaitu:

  1. Beku (frozen)
  2. Resmi (formal)
  3. Konsultatif (consultative)
  4. Santai (casual)
  5. Akrab (intimate)

Menurut Felicia (2001:8), raga bahasa dibagi berdasarkan media pengantarnya atau saranannya,yang terdiri atas:

  1. Ragam lisan
  2. Ragam tulis

Berbagai beku digunakan dalam situasi yang sangat sedikit kebijaksanaan dan memungkinkan fleksibilitas dengan Kitab Suci, keputusan pengadilan, dan upacara pernikahan.

Ragam resmi digunakan dalam komunikasi resmi sebagai pidato resmi, pertemuan resmi dan jurnal ilmiah. Ragam konsultatif digunakan dalam pembicaraan berpusat pada transaksi atau pertukaran informasi seperti dalam percakapan di sekolah dan di pasar.


Ciri-ciri Laras Bahasa

Menurut Nik Safiah Karim (1989), kajian terhadap laras bahasa perlu mempertimbangkan dua faktor yang utama iaitu ciri keperihalan peristiwa bahasa dan ciri linguistik yang wujud . Ciri keperihalan pula dibahagikan kepada dua aspek utama, iaitu situasi luaran dan situasi persekitaran.

Situasi luaran adalah latar belakang sosial dan kebudayaan sesuatu masyarakat bahasa yang merangkumi struktur sosial dan keseluruhan cara hidup yang menentukan perlakuan setiap anggota masyarakat.

Situasi persekitaran pula meliputi aspek-aspek yang terlibat secara langsung dalam penggunaan bahasa. Terdapat empat situasi persekitaran yang menyebabkan wujudnya bahasa yang berlainan atau laras.


Ragam Bahasa

Ragam digunakan dalam suasana informal dan santai dapat digunakan oleh orang-orang yang belum tentu mengenal satu sama lain secara intim. Berbagai menggunakan familiar di kalangan orang-orang yang memiliki hubungan dekat dan intim.


Ragam Bahasa Berdasarkan Situasi

Berdasarkan situasi pemakainnya, ragam bahasa dapat dibagi menjadi 3 yakni ragam formal, ragam semi formal, dan ragam non-formal.

  • Ragam Formal
  1. Ragam formal digunakan dalam situasi resmi. Bentuk ragam ini (atau disebut juga ragam baku) yaitu ragam yang mengikuti kaidah atau aturan kebahasaan. Beberapa contoh keperluan dan kegiatan sehari-hari yang menggunakan ragam fomal:
  2. Komunikasiresmi
  3. Wacanateknis
  4. Pembicaraan di depankhalayakramai
  5. Pembicaraandengan orang yang dihormati
  • Ragam Semi Formal

Jenis ragam ini memiliki ciri mengikuti kaidah dan aturan yang tetap tetapi tidak secara konsisten dilakukan pada saat tertentu. Sebagai contoh yaitu bahasa jurnalistik, dimana biasanya pembaca berita membacakan beritanya tidak selalu dengan kata-kata yang baku, melainkan terkadang ditengah kata-kata baku yang mereka ucapkan terselip kata-kata yang biasa kita ucapkan sehari-hari (bahasa santai).

  • Ragam Non-formal

Ragam non-formal tidak menggunakan kata baku, dan tidak memiliki kaidah atau aturan yang tetap. Contohnya ketika kita berbicara dengan teman.


Contoh Laras Bahsa

Perbedaan dalam berbagai bahasa lisan dan bahasa tulis (berdasarkan tata bahasa dan kosa kata):

  • Tata bahasa

(Bentuk kata, tata bahasa, struktur kalimat, kosakata)


Contoh Ragam bahasa lisan

  1. Melyana sedang membaca koran
  2. Ari ingin menulis surat
  3. Tapi Anda tidak perlu menolak proposal

Baca Juga:

Baca Juga :  Pengertian, Jenis, Contoh Prosa Lama Dan Baru Lengkap
Baca Juga :  Pengertian Membaca Indah Menurut Para Ahli Serta Syarat, Jenis & Manfaatnya

Demikian Penjelasan Diatas TentangĀ Pengertian Laras Bahasa Menurut Para Ahli Dan Contohnya LengkapĀ Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this