Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik (Pengertian, Eksplorasi Dan Gerak)

Diposting pada

Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik

Dalam bab 3 kita memiliki pemahaman tentang gagasan musik sebagai simbol, nilai-nilai estetika dalam musik, fungsi musik, dan permainan musik. Pada bab 4, materi akan difokuskan pada kolaborasi elemen dasar tarian (gerak) dan seni rupa (gambar atau visual) dalam permainan musik.


Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik


Penjelasan dalam bab ini akan dimulai dengan pemahaman tentang kolaborasi artistik, eksplorasi musik, kolaborasi musik dengan gerak. Dalam prosesnya, kolaborasi seni dalam permainan musik bertujuan untuk membantu melestarikan nilai-nilai estetika di masyarakat dan meningkatkan apresiasi siswa terhadap budaya lokal. Berdasarkan tujuan itu, kolaborasi seni dalam permainan musik diharapkan menjadi tempat bagi siswa untuk dapat mengekspresikan ide atau ide mereka di bidang seni bidaya.


Untuk lebih memahami kolaborasi seni dalam permainan musik, cari beberapa referensi dari berbagai sumber. Anda dapat memiliki pemahaman yang lebih baik dengan mendengarkan dan menonton berbagai kegiatan seni kolaboratif dalam permainan musik yang dilakukan oleh pemain musik, baik dengan menonton pertunjukan musik langsung, mendokumentasikan acara musik di situs internet (misalnya youtube), mendengarkan dokumentasi audio dan berbagai karya musik, dan membaca banyak referensi tentang alat musik.


Pengertian Kolaborasi Seni

Kolaborasi seni bisa diartikan sebagai kolaborasi dua atau lebih cabang seni.


Pernahkah Anda menyaksikan kolaborasi antara musik dan gerak yang merupakan substansi dasar tarian? Atau, kolaborasi antara musik dan gambar atau visual adalah substansi dasar seni? Atau, kolaborasi antara seni musik, gerakan, dan gambar atau visual dalam sebuah pertunjukan?

Hubungan erat antara musik dan gerakan telah lama diakui oleh para pakar pendidikan musik. Bahkan Barrett, McCoy, dan Velblen (1997) berpendapat bahwa, “melalui gerakan tubuh, suara, dan bermain musik, misalnya, menunjukkan bagaimana seseorang menggunakan organnya untuk belajar musik, internalisasi berirama, dan menghubungkan suara dan gerakan”.

Baca Juga :  Pengertian Sosiologi Secara Umum Beserta Kegunaan Dan Perkembangannya

Untuk memahami hubungan antara musik dan gerakan, amati perilaku orang-orang di sekitar Anda yang mendengar atau memutar musik. apa yang mereka lakukan?

Anda akan menemukan bahwa tiga orang dalam gambar menggerakkan tubuh mereka sambil berjalan mengikuti irama permainan musik. Ketika diamati, di antara jari-jari kaki mereka ada benda yang terbuat dari batok kelapa yang menghasilkan suara-suara tertentu saat berjalan.


Tempurung kelapa di antara jari kaki pemain pada gambar 2 dapat dianggap sebagai salah satu alat perkusi, alat yang dipandang sebagai salah satu peralatan atau properti musik ucapan. Untuk memahami kegunaan salam batok kelapa. Topeng juga dipakai sesekali sebagai perlengkapan atau properti dalam permainan musik. Untuk memahami manfaat topeng pada Gambar 3, coba bahas pertanyaan-pertanyaan berikut:


Apa kegunaan topeng ketika mereka sedang menari dengan diiringi oleh permainan musik?

Harap dicatat bahwa kolaborasi antara beberapa cabang seni dalam permainan musik dapat dilakukan. Namun, perlu diingat bahwa setiap gerakan atau peralatan yang digunakan dalam permainan musik harus disesuaikan dengan tema musik. Berdasarkan pengamatan dan hasil diskusi Anda tentang gerakan dan peralatan atau properti yang digunakan, Gambar 1, 2, dan 3 berhubungan dengan tema apa?


Eksplorasi Musik Dalam Permainan Musik

Kita tentu melihat sekelompok orang memainkan musik menggunakan instrumen yang kita kenal dengan baik, seperti gitar, drum, atau keyboard. Namun, pernahkah Anda melihat sekelompok orang bermain musik menggunakan alat perkusi sederhana, seperti sepotong bambu, botol, bel, atau segelas air yang dipukul dengan sendok? Lihat lagi Gambar 2 dalam deskripsi Bagian A.


Bisakah sekelompok orang menggunakan alat perkusi sederhana untuk memutar musik? Ingatlah definisi musik yang Anda diskusikan di Bab 3. Sekalipun Anda hanya menggunakan alat perkusi sederhana, suara yang dihasilkannya tetap musik. Mengapa?

Iya. Karena para pemain adalah alat perkusi sederhana yang menghasilkan buni sesuai dengan tema yang diinginkan oleh pembuat musik.


Gerak Dalam Permainan Musik

Gerakan tubuh sering dilakukan oleh seseorang ketika tampil di suatu acara disertai dengan bermain musik. Secara umum, acara semacam itu menggunakan tema-tema tertentu. Namun, apa pun tema acara, peserta yang berpartisipasi dalam acara tersebut, peserta yang berpartisipasi dalam acara tersebut akan melibatkan gerakan-gerakan tertentu yang bisa dilihat sebagai simbol. Bagi penonton, gerakannya sering dikaitkan dengan nilai-nilai estetika di komunitas tempat para peserta berasal.

Baca Juga :  Asmaul Husna Al-Wakil Beserta Dalil Dan Artinya Lengkap

Tumbuh merespons permainan musik yang terdengar melalui gerakan, seperti gerakan tangan, kaki, dan kepala. Dalam permainan musik, gerakan tubuh dilakukan dengan cara-cara tertentu yang dilihat sesuai dengan nilai-nilai keindahan di masyarakat. termasuk keluarga. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut:

Gerakan tubuh dalam permainan musik tidak hanya menunjukkan nilai-nilai estetika masyarakat, tetapi juga menunjukkan hubungan antara pola gerakan dan musik, terutama tempo dan irama. Di bagian ini Anda mempelajari pola berbagai gerakan, kaki, tubuh, dan kepala. Mari kita gunakan berbagai pola pergerakan anggota tubuh sesuai dengan tempo dan irama lagu yang terdengar.


Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik

Pada bagian C kami telah mencoba berkolaborasi permainan musik dengan pola berbagai gerakan tangan, kaki, tubuh dan kepala. Namun, kolaborasi musik juga dapat dilakukan dengan cabang seni lainnya, seperti seni. John Paynter (1972) pernah menyarankan tentang kemungkinan melibatkan kegiatan lain dalam pembelajaran musik. Hal ini menyebabkan pembelajaran musik dilakukan melalui berbagai kreativitas yang dilakukan sesuai dengan potensi dan pengetahuan yang Anda miliki.


Berdasarkan pemikiran Paynter, mari berkolaborasi dalam gerakan, properti, dan ekspresi dalam permainan musik. Karya seni apa yang bisa kita gunakan dalam berkolaborasi dengan seni?


Contoh Kolaborasi Seni Dalam Permainan musik


Rangkuman Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik

Kolaborasi seni diharapkan bisa dipakai untuk mempresentasikan ide dan gagasan siswa dalam seni, sebagai media hiburan, untuk memperindah, merencanakan dan mengatur karya seni fungsional dan ekspresif. Kegiatan bereksperimen dan menciptakan seni dalam kebahagiaan seumur hidup bagi siswa dan dapat digunakan sebagai alat untuk ekspresi dan analisis karya seni. Salah satu bentuk eksperimen adalah eksplorasi suara.


Eksplorasi sumber daya suara dipandang penting karena dengan ketersediaan berbagai suara yang dihasilkan oleh berbagai sumber suara, siswa dapat lebih termotivasi untuk melakukan seni kolaborasi sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan mereka. Eksplorasi sumber suara dapat dilakukan dengan memanfaatkan item di lingkungan sekitarnya dan memodifikasi alat perkusi yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan mengekspresikan ide atau ide siswa di sekolah-sekolah pada bidang musik.

Baca Juga :  Pengertian Erosi Dan Abrasi Beserta Penyebab Dan Dampaknya

Kolaborasi seni dalam drama musikal menunjukkan bahwa dalam prosesnya, musik tidak dapat dipisahkan dari cabang seni lainnya, seperti tarian dan seni. Kolaborasi musik dan gerakan menunjukkan hubungan yang erat antara keduanya. Realitas menunjukkan bahwa ada musik yang bergerak dan bergerak dengan musik.


Hal yang sama terjadi pada kolaborasi musik dengan seni. Properti sebagai hasil dari seni rupa sangat dibutuhkan dalam permainan musik untuk memperkuat tema yang dipilih oleh siswa berdasarkan pengamatan yang mereka lakukan di lingkungan sosial mereka. Properti yang digunakan oleh seseorang juga dipandang penting untuk menunjukkan nilai-nilai estetika masyarakat.


Kolaborasi seni bisa dilihat sebagai kegiatan yang tidak hanya melatih perasaan siswa (perasaan), namun juga meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir secara logis. Kolaborasi seni dalam permainan musik juga dilihat untuk meningkatkan apresiasi siswa terhadap nilai-nilai estetika di masyarakat setempat, seperti yang terlihat dalam pola berbagai gerakan tubuh dan properti yang digunakan.


Baca Juga:

Demikian Penjelasan Tentang Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik (Pengertian, Eksplorasi Dan Gerak) Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id