Kendala Dalam Berwirausaha

Diposting pada

Definisi Wirausaha

Kendala Dalam Berwirausaha – Pengertian, Solusi, Ciri Dan Sikap – Kewirausahaan berasal dari istilah entrepreneurship, sedangkan wirausaha berasal dari kata entrepreneur. Kata entrepreneur, secara tertulis digunakan pertama kali oleh Savary pada tahun 1723 dalam bukunya “Kamus Dagang’. Entrepreneur adalah orang yang membeli barang dengan harga pasti, meskipun orang itu belum mengetahui berapa harga barang (atau guna ekonomi) itu akan dijual.


Pengertian Wirausaha

Wirausaha adalah seorang pembuat keputusan yang membantu terbentuknya sistem ekonomi perusahaan yang bebas. Sebagaian besar pendorong perubahan, inovasi, dan kemajuan di perkonomian kita akan datang dari para wirausaha; orang-orang yang memiliki kemampuan untuk mengambil reasiko dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.


Kewirausahaan yang dibahasaindonesiakan berkewirausahaan sampai saat ini belum ada definisi yang telah disepakati bersama diantara para ahli. Hal ini dapat disimak dari adanya perbedaan beberapa definisi antara satu ahli dengan ahli lainnya.

Kendala-Dalam-Berwirausaha


Kendala Dalam Berwirausaha

  • Sulit untuk mendapatkan modal

Memang untuk menjalankan suatu bisnis tidak harus melulu membutuhkan modal. Bisnis dropshipperan juga bisa dikatakan tanpa memerlukan modal. Kita hanya perlu skill menjual. Namun bagaimanapun sebagai pemula yang baru akan menjalankan bisnis. Saya justru lebih setuju jika harus mengeluarkan modal untuk menjalankan bisnis. Tujuannya apa? Agar ada semangat untuk mengejar profit. Saya katakan tidak mungkin seorang wirausaha tidak membutuhkan profit. Jadi, jika serius untuk berwirausaha, harus siap modal terlebih dahulu.


Aritkel Lain : Definisi Pajak Menurut Para Ahli, UU, Jenis, Fungsi & Contohnya


  • Ikut-ikutan dan akhirnya tidak fokus

Kebanyakan kasus “ikut-ikutan” ini adalah terjadi pada Mahasiswa yang masih mempunyai jiwa semangat untuk berbisnis. Dan pada umumnya suka mengikuti trend yang sedang berkembang. Ketika trend sudah mulai pudar maka akan mencoba fokus untuk bisnis lainnya. Menjalankan sebuah bisnis tidak bisa dilakukan setengah-setengah. Harus fokus dan totalitas.


  • Mudah menyerah

Memulai sebuah usaha atau bisnis, sepertinya tidak akan langsung bisa sukses. Jatuh bangun diawal merintis sebuah usaha sudah pasti ada. Jadi jangan mudah menyerah, terus belajar dari kesalahan yang ada. Meskipun usaha Anda sudah bisa berjalan sempurna, saya yakin pasti Anda akan tetap menemukan hambatan.


  • Salah perhitungan biaya orperasional di awal

Saat kita memulai sebuah bisnis baru, biasanya yang sering terjadi adalah membelanjakan modal untuk membeli berbagai macam biaya operasional ataupun perlengkapan usaha yang sekiranya bisa jadi belum terlalu dibutuhkan. Atau bisa jadi Anda melakukan belanja promosi untuk usaha Anda. Tanpa disadari terlalu banyak melakukan promosi dibandingkan produksi ujung-ujungnya nanti orang akan banyak yang tahu tentang produk Anda, namun produk yang Anda miliki stock nya limit.


  • Takut gagal
  • Kurang percaya diri
  • Langkah Pemasaran
  1. Perasaan khawatir / takut gagal
  2. Tidak punya modal cukup
  3. Tidak punya skill atau kemampuan dalam berbisnis
  4. Tidak ada tempat untuk membuka usaha
  5. Takut meninggalkan pekerjaan
  6. Bingung mau berbisnis apa
  7. Malas

Berikut tips singkat menemukan jalan keluar bagi kamu yang punya ambisi membangun start-up bisnis.


Cara mengatasi perasaan takut gagal memulai usaha

Masalah utama yang paling sering terjadi dalam kewirausahaan adalah dihantui perasaan takut gagal secara berlebihan. Pada prinsipnya, ketakutan dan keberanian merupakan sifat alamiah manusia. Semua orang pasti pernah merasa takut, khawatir atau ragu saat hendak melakukan sesuatu. Demikian juga ketika ingin mengawali bisnis. Bayang-bayang kegagalan kerap bikin calon pengusaha takut duluan sebelum mencoba.


Tidak ada yang salah dengan perasaan khawatir mengalami kegagalan. Apalagi jika sebelumnya belum pernah berkenalan dengan dunia bisnis. Hal ini juga pernah dialami oleh sebagian besar para pengusaha yang sekarang sukses menjalankan roda bisnisnya.

Takut gagal tidak selalu punya konotasi negatif. Perasaan was-was akan membuat kita lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan. Tapi jangan jadikan itu sebagai tembok penghalang jalan sukses kita.

Aritkel Lain :


Bagaimana cara menghilangkan perasaan takut gagal?

  1. Berpikirlah dengan logika terbalik. Bagaimana jika ternyata bisnis kita berhasil? Bagaimana caranya kita menghabiskan uang dari hasil laba keuntungan bisnis kita tersebut?
  2. Sentuh harga diri kita. Jika tetangga sebelah anak tukang becak yang hanya lulusan SMP saja bisa sukses berbisnis, mengapa kita takut? Gengsi dong say!
  3. Bergaul dengan orang yang optimis. Dapatkan energi positif dari bacaan dan tontonan inspiratif dan kurangi baca berita provokatif. Contohnya baca kisah sukses walt disney

Intinya bagaimana kita memaintaint diri kita sendiri untuk memacu keberanian. Karena ketakutan adalah musuh terbesar yang harus dilawan habis-habisan. Tanpa keberanian memulai, sampai lebaran monyet juga tidak akan pernah mencapai impian

Baca Juga :  Pengertian Sistem Pemilihan Umum Di Indonesia Beserta Asas Dan Tujuannya

Solusi mengatasi masalah modal

Untuk mengatasi kurangnya modal (masa iya tak punya modal sama sekali?), berikut ini beberapa alternatif solusinya:

  1. Pakai apa yang sudah kita punya sebagai modal awal. Contohnya motor, handphone, tabungan… Dan yang paling penting dengkul!!
  2. Pilih bisnis yang tak perlu banyak modal uang. Contohnya: dropship yang hanya butuh hape sama koneksi internet. Makelar tanah, mobil, motor yang cukup modal banyak relasi
  3. Bekerja dulu di bidang yang sesuai dengan bisnis yang anda rencankan. Contoh: Jika anda ingin membuka bengkel las, carilah kerja di bengkel las. Dengan cara ini kita akan mendapatkan keuntungan ganda. Selain menerima gaji untuk modal kelak, kita juga bisa belajar seluk beluk bisnis jasa las yang sangat berguna saat nanti resmi membuka usaha sendiri
  4. Pinjam modal alias utang pada saudara, teman atau bank. Catatan: untuk memulai usaha yang sifatnya coba-coba, hindari kredit dari bank apalagi rentenir yang harus diangsur dan berbunga. Resikonya cukup besar. Paling aman ya minta ortu atau calon mertua
  5. Cari investor. Presentasikan apa keuntungannya jika mereka mau mendanai proyek bisnis anda. Ini dapat anda lakukan jika ide bisnis anda sudah terencana secara matang dan terkonsep dengan jelas baik sistem manajemen maupun prospek pemasarannya. Logikanya, mana ada investor yang mau diajak kerja sama jika proposalnya saja amburadul?

Dan masih banyak cara mendapatkan modal awal guna membangun usaha baru. Penjelasan detailnya bisa baca tips ini: Cara mencari modal usaha


Trik menyelesaikan masalah tidak punya skill

Selain modal, kemampuan skill termasuk ketrampilan dan pengalaman sebenarnya merupakan faktor utama dalam mengelola sebuah usaha. Namun jangan khawatir, jika anda belum punya skill berbisnis, ada cara lain untuk mengakalinya.


  • Kursus atau belajar secara otodidak lewat buku, majalah, website maupun forum diskusi online di internet. Banyak tips dan tutorial bisnis yang bisa didapat secara gratis. Contohnya: ya di blog ini.
  • Rajin ikut seminar dan pelatihan kewirausahaan. Bisa juga minta diajari langsung oleh kenalan yang sudah lama berkecimpung dalam dunia wiraswasta.
  • Gunakan skill orang lain. Cari orang yang ahli di bidangnya dan rekrut sebagai manajer untuk mengelola bisnis anda. Catatan: Ini bisa dilakukan jika anda punya uang untuk modal sekaligus menggaji karyawan.
  • Jika anda tak punya uang untuk kursus atau membayar pegawai, gunakan cara seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu bekerja dulu sambil menyerap ilmu pada perusahaan lain.

Aritkel Lain : Pengertian Inflasi Dan Penyebabnya Menurut Para Ahli


Cara memecahkan problem mencari lokasi usaha

Hambatan bagi orang yang ingin mendirikan usaha adalah terbentur masalah belum memiliki tempat usaha strategis. Sebenarnya banyak pilihan lokasi usaha untuk disewa. Masalahnya, lokasi strategis dan ramai itu sudah pasti harga sewanya sangat mahal. Sedangkan modal saja pas-pasan, apalagi buat sewa tempat?

Santai. Inilah solusinya jika anda mengalami masalah belum memiliki tempat usaha.


  1. Manfaatkan tempat tinggal. Bisa rumah sendiri maupun kontrakan bisa dijadikan tempat untuk membuka usaha. Bahkan jika tinggalnya di kolong jembatan sekalipun! Ini karena tidak semua bisnis itu butuh lokasi strategis
  2. Pilih jenis bisnis yang bisa dilakukan di mana saja. Contohnya: Bisnis online, makelar, jasa servise panggilan, jasa ojek, pemborong bangunan.
  3. Ajak kerja sama orang yang punya tempat strategis namun tak dimanfaatkan alias nganggur. Tawarkan pembagian keuntungan sebagai ganti uang sewa. Atau jika perlu pinjam tempatnya secara gratis (bisa dengan macarin atau nikahin anaknya mungkin hehehe)
  4. Ajukan permohonan pada instansi pemerintah yang punya lahan kosong untuk dijadikan lokasi bisnis. Cara ini memang tidak mudah. Butuh “kelicinan” birokrasi dan kenalan “orang dalam.” Tapi tak ada salahnya dicoba bukan?
  5. Memanfaatkan “lahan kosong tak bertuan” secara non permanen. Cara ini biasa dipakai oleh pedagang di pinggir jalan dengan sistem bongkar pasang. Contohnya penjual buah, makanan, jas hujan, helm serta PKL lain. Resikonya ya diuber-uber satpol PP
  6. Gunakan armada mobile (pick up, sepeda motor) sehingga bisa berpindah-pindah tempat usaha. Contohnya: jual alat rumah tangga keliling, jual tahu bulat dll. Jika tak puya kendaraan, gunakan pundak dan dengkul untuk memikul barang dagangan anda seperti pedagang jaman Majapahit dulu (tak segitunya kelees… )

Tips mengatasi hambatan berbisnis bagi karyawan yang takut meninggalkan pekerjaan

Wah, ini nih dilema terbesar bagi karyawan yang ingin banting stir jadi juragan. Apalagi yang punya jabatan mentereng dengan gaji tinggi di perusahaan bonafid. Problem terberat apabila sudah berkeluarga. Jarang ada orang yang berani nekad resign dari tempat kerja dan mengambil resiko besar untuk berbisnis.

Bagi anda yang punya kasus begini, berikut ini bisa jadi solusi jalan tengahnya. Selengkapnya baca di: Tips berbisnis sampingan buat karyawan


Mulai dari bisnis sampingan terlebih dahulu. Cari usaha yang bisa dilakukan di sela waktu bekerja. Jadi you bisa berwiraswasta tanpa meninggalkan pekerjaan. Nanti jika bisnisnya sudah jalan dan jelas menjanjikan laba lebih besar dari gaji tiap bulan yang diterima, lebih baik fokus menekuni bisnis.

Baca Juga :  Pengertian Goodwill Dalam Ekonomi Bisnis & (Negatif) Serta Contohnya

Rekrut tenaga profesional untuk menangani bisnis kita seperti sudah dijelaskan sebelumnya. Mungkin ini sedikit beresiko jika orang kepercayaan kita berbuat curang. Cara mengatasinya adalah menerapkan sistem pengawasan berupa laporan operasional dan keuangan. Jika ada indikasi mencurigakan dari pembukuan, anda bisa memperingatkan atau memecatnya dan mencari kandidat baru sebagai penggantinya.


Aritkel Lain : Pengertian Manajemen Produksi Dan Contoh, Fungsi, Tujuan Serta Aspeknya


Cara agar tidak bingung mau berbisnis apa

Kebanyakan pilihan akan membuat kita bingung. Ingin buka startup ecommerce, tapi kelihatannya bisnis jasa perhotelan lebih prospektif. Mau terjun ke bisnis otomotif tapi kok banyak pesaingnya. Tertarik bidang bisnis teknologi, namun ragu: Nokia dan Blacberry saja bangkrut, apalagi pendatang baru. Usaha jasa catering kayaknya cocok karena saya jago masak…, tapi masa iya bisnis begituan? Kalau diketawain orang gimana? Aduh, bingung! Pusing! Bete! Galau!


Tenang saja. Agar tidak bingung memilih jenis usaha apa yang sekiranya cocok, kita bisa menggunakan pendekatan ini:

  1. Bidang usaha apa yang paling kita minati?
  2. Jenis bisnis apa yang paling kita kuasai?
  3. Bisnis apa yang kira-kira prospek jangka panjangnya bagus?
  4. Berapa budged modal yang bisa kita dapatkan?
  5. Dimana bisnis kita akan dijalankan?

Uraian lengkap dari hal diatas silahkan klik link ini: 5 pertimbangan menentukan jenis usaha


Cara memerangi rasa malas

Malas! Satu kata yang bikin Indonesia tidak akan pernah maju. Kalau sudah ngomongin soal penyakit malas, dokter paling jago di dunia tidak akan pernah bisa menyembuhkannya

Jangan khawatir, kami akan membantu mengubah sifat malas kamu jadi senjata ampuh buat meraih bisnis. Kamu tak perlu menghilangkan kebiasaan malas tersebut. Tak apa terus dipelihara. Tapi dengan konteks yang berbeda:

Caranya, ubahlah arti kemalasan tersebut dengan:


  1. Malas jadi orang miskin terus menerus
  2. Malas dihina cewek incaran gara-gara ngapel jalan kaki doang
  3. Malas bikin malu keluarga
  4. Malas tiap hari tidur melulu, bikin boring!
  5. Malas lihat banyak pengangguran tidak punya pekerjaan
  6. Malas nunggu kebijakan pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan bagi masyarakat Indonesia
  7. Malas jadi bawahan orang lain

Jenis kemalasan inilah yang dibutuhkan oleh calon entrepreneur sejati dalam membangun kerajaan bisnisnya. Jadi, siapa bilang malas itu identik dengan sifat buruk? Jika mampu memanfaatkan “the power of malas” tersebut, saya yakin kalian bakal jadi orang sukses!

“Kesuksesan tidak selalu berawal dari kesempatan, tapi lebih pada niat pelaku. Waspadalah… Waspadalah!” kata-kata bijak Bang Napi.


Kesimpulan: Tidak ada masalah tanpa solusi. Sepelik apapun hambatan awal yang kita hadapi ketika hendak merintis bisnis dari nol, pasti ada cara pemecahan. Seperti kata pepatah, dimana ada usaha disitu ada jalan keluar. Punya alasan lain untuk menunda peluang di depan mata?

Ada beberapa cara bagaimana mengelola proses berfikir kreatif sehingga akan timbul ide-idea baru yang kita inginkan :


  • Perhatikan sesuatu dengan lebih Detail.

Ketika anda memegang sebuah Celullar Phone, perhatikan bentuknya lebih detail dan pikirkan apa yang bisa dilakukan dengan bentuk seperti itu. “sebuah benda kecil yang revolusional!” maka pikirkan hal lebih detail atau lebih besar dari yang bisa dihasilkan, misalnya bagaimana bila bentuknya lebih kecil sehingga bisa menempel didekat telinga anda setiap waktu, atau dibuat layar lebih besar dengan tidak merubah ukuran unitnya (Anda pasti bisa membayangkan bentuknya..). Ini adalah hal Gila atau mungkin bodoh yang timbul dari memperhatikan hal kecil dan detail, tetapi bisa menjadi ide baru yang belum terpikirkan orang lain.


Aritkel Lain : Pengertian Goodwill Dalam Ekonomi Bisnis & (Negatif) Serta Contohnya


  • Cari tahu sesuatu dari lingkungan yang baru .

Ini yang sering menjadi ungkapan ketika ada pertanyaan “Anda mau pergi kemana?” dan dijawab “Saya Pergi mencari Inspirasi baru…”

Pergi ke tempat yang berbeda dari lingkungan anda, bersiaplah dengan keingin tahuan yang besar pada diri Anda, dan dapatkan lebih banyak sesuatu yang baru dan memberikan inspirasi bagi anda.


  • Mencoba berpikir dengan Cara berbeda.

Ketika banyak orang melakukan hal yang sama atau cara berpikir yang tidak berbeda, mengapa saya harus seperti itu? saya punya pemikiran yang lain..dan saya punya kebenaran untuk melakukan hal yang saya mau. Bagaimana kalau saya terlihat bodoh? atau dianggap keluar dari “jalur”?

Ingat satu hal : “kesalahan pemikiran adalah sebuah perbedaan hasil, bukan kekacauan yang ditimbulkan, tergantung bagaimana memberi arah kepada tujuan utamanya” Jadi berbeda itu tantangan untuk menambahkan sesuatu menjadi lebih Luas.


  • Menggabungkan 2 atau beberapa unsur

Ada beberapa unsur yang kita ketahui dan sudah bekerja, mengapa kita tidak mencari hal baru dengan menyatukan itu menjadi sebuah konsep baru, mengapa ada ballpoint yang berisi potongan pencil?, mengapa ada pesawat Amphibi yang dapat mendarat di air? itu adalah ide-ide baru dari dua unsur untuk mencari hasil yang lebih luas dan lebih menarik.

Baca Juga :  Pengertian Etnosentrisme Menurut Para Ahli Dan Contoh Serta Dampaknya

  • Minta pendapat dari Orang Lain.

Dalam sebuah Team atau kelompok, Anda akan memberikan pertanyaan kepada mereka suatu hal yang Anda pikirkan. mereka akan menyatakan gagasannya dan tugas Anda menggali lebih dalam dari beberapa gagasan yang dianggap bagus, ini adalah langkah pertama bagaimana mengembangkan sebuah pemikiran menjadi Ide yang baru, itu adalah kepintaran yang perlu dilatih.


  • Pengembangan dari kondisi yang sudah ada.

Ketika kita menemukan sebuah kondisi yang kita anggap kurang sempurna, tentunya akan dicari bagaimana membuat sesuatu yang lebih mudah, lebih baik atau lebih menguntungkan. pencarian konsep baru ini memicu pemikiran akan cara-cara baru untuk mengembangkan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya.


  • Memelintir bentuk yang ada menjadi bentuk baru

Seperti mendapatkan sebuah mainan susun seperti “Lego” ketika anda mendapat bentuk mobil, dirubah menjadi pesawat terbang atau sepeda motor. “Kenapa harus mandi untuk membersihkan tubuh, bagaimana jika meminum sesuatu tubuh anda akan bersih sendiri?

Hal-hal yang biasa terjadi dapat menjadi tantangan untuk memikirkan “Bagaimana jika tidak seperti ini?” saya akan menemukan hal yang lain dan terbalik untuk menghasilkan sesuatu yang lebih baik…


  • Searching Images di Internet

Kadang Saya mencari apa yang baru dalam pemikiran masyarakat saat ini, apakah itu ungkapan atau jargon populer? atau trend kebiasaan baru di masyarakat. Saya akan membuka internet mencoba menggali inspirasi lewat gambar, misalnya Google Images. kadang kita menemukan beberapa gambar yang unik atau inspiratif, disanalah mulai menggali, mengembangkan dan memprosesnya menjadi satu pemikiran baru (kadang saya terpicu untuk membuat kegilaan baru..!)


  • Selalu mencatat apa yang baru dipikirkan

Ketika Anda menemukan hal yang inspiratif, segera mencatat apa yang dipikirkan dan buat sketsa sederhana pada saat itu. ketika anda menuliskan gagasan Ini akan mendorong Anda untuk berpikir pengembangan atau perubahan bentuk baru yang anda inginkan. Saya sering mendapatkan pemikiran-pemikiran baru pada saat tidak bisa tidur, dan saya akan segera bangun untuk mencatat atau membuat sketsa sehingga tanpa disadari akan mengalir datang pengembangan baru dari apa yang saya pikirkan.


Banyak cara-cara untuk menimbulkan gagasan baru dalam karya Anda. Ide kreatif adalah bagaimana memikirkan sesuatu yang baru yang diyakini belum dipikirkan orang lain, membiasakan selalu mencari hal-hal baru dalam kegiatan Anda, ini dapat membuat Anda menjadi seorang Creator yang hebat.


Aritkel Lain : Pembangunan Nasional Indonesia Pada Masa Orde Baru Lengkap


Ciri dan Sikap Wirausahawan

Wirausahawan yang sukses haruslah orang yang mampu melihat kedepan, berpikir dengan penuh perhitungan, serta mencari pilihan dari berbagai alternatif masalah dan solusinya. Goffrey G. Meredith(1996) mengemukakan ciri-ciri wirausahawan sebagai berikut:


  • Percaya Diri

Seorang pengusaha harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi

  • Berorientasi pada Tugas dan Hasil

Seorang wirausahawan harus fokus pada tugas dan hasil

  • Berani Mengambil Risiko

Setiap proses bisnis harus memiliki risikonya masing-masing, dan apabila anda ingin memperoleh keuntungan, maka anda harus mau mengeluarkan biaya sekecil apapun biaya itu.


  • Kepemimpinan

Wirausahawan yang berhasil, ditentukan pula o

leh kemampuan dalam memimpin atau yang kita sering sebut dengan kepemimipinan.

  • Keorisinilan

Nilai keorisinilan dari semua yang dihasilkan oleh wirausahawan akan sangat menentukan keberhasilan mereka dalam mencapai keunggulan bersaing.


  • Berorientasi pada Masa Depan

Memiliki pandangan jauh kedepan dan bila perlu sudah tiba lebih dahulu pada masa depan merupakan kemampuan yang biasanya ada pada setiap wirausahawan yang sukses.

Berdasarkan wirausahawan diatas, dapat kita identifikasi sikap seorang wirausahawan yang dapat dilihat dari kegiatannya sehari-hari sebagai berikut:


  • Disiplin

Dalam melaksanakan kegiatannya, seorang wirausahawan harus memiliki kedisiplinan yang tinggi.

  • Komitmen Tinggi

Komitmen adalah kesepakatan mengenai sesuatu hal yang dibuat oleh seseorang, baik terhadap dirinya maupun orang lain.


  •  Jujur

Kejujuran merupakan landasan moral yang terkadang dilupakan oleh seorang wirausahawan

  • Kreatif dan Inovatif

Untuk memenangkan persaingan, maka seorang wirausahawan harus memiliki daya kreativitas yang tinggi.

  • Mandiri

Seseorang dikatakan mandiri apabila orang tersebut dapat melakukan keinginan dengan baik tanpa adanya ketergantungan pada pihak lain dalam mengambil keputusan atau bertindak, termasuk mencukupi kebutuhan hidupnya, tanpa adanya ketergantungan dengan pihak lain.


  • Realistis

Seseorang dikatakan realistis bila orang tersebut mampu menggunakan fakta atau realita sebagai landasan berpikir yang rasional dalam setiap pengambilan keputusan maupun tindakan atau perbuatannya.


Aritkel Lain : Riset Pemasaran Adalah


Demikian penjelasan artikel diatas tentang Kendala Dalam Berwirausaha – Pengertian, Solusi, Ciri Dan Sikap semoga dapat bermanfaat bagi pembaca setia Pensil.Co.Id