Pengertian Kekuasaan Politik Menurut Ahli Dan Contoh Serta Hubungannya No ratings yet.

Diposting pada

√ Kekuasaan Politik: Pengertian, Menurut Ahli, Contoh Dan Hubungannya

Pengertian Kekuasaan

Kekuasaan merupakan suatu kewenangan yang diperoleh seseorang/kelompok untuk menjalankan kewenangan itu sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak diperbolehkan dalam menjalankan kewenangan melewati kemampuan yang didapat seseorang atau kelompok untuk dapat mempengaruhi tingkah laku orang/kelomppok lain sesuai dengan keinginan dari si pelaku, atau juga Kekuasaan adalah kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain untuk berfikir serta berprilaku sesuai dengaan kehendak yang mempengaruhi.

Secara umum, kekuasaan bisa memiliki arti kekuasan raja, golongan, pejabat negara. Sehingga tidak salah juga jika dikatakan kekuasaan merupakan kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain, menurut kehendak yang ada terhadap pemegang kekuasaan itu. Kekuasaan juga bisa diartikan kemampuan untuk dapat mengendalikan tingkah laku orang lain baik dengan cara langsung dengan memberi perintah atau tidak langsung dengan memakai semua cara dan alat yang ada.


Definisi Kekuasaan Menurut Harold D.laswel

Kekuasaan merupakan hubungan dimana orang atau kelompok bisa menentukan tindakan orang lain atau kelompok lain kearah pihak pertama, perumusan yang paling umum dikenal yakni kekuasaan adalah kemampuan seseorang pelaku untuk dapat mempengaruhi pelaku lain dalam hal ini kekuasaan selalu berlangsung minimal antara dua pihak jadi di antara pihak itu berkaitan/berhubungan.


Pengertian Kekuasaan Politik

Menjelaskan konsep kekuasaan politik kita perlu melihat pada kedua elemennya, yakitu kekuasaan dari akar kata kuasa serta politik yang asal mulanya dari Yunani Politeia (kiat memimpin kota (polis). Sedangkan kuasa dan kekuasaan sering dikaitkan dengan kemampuan untuk dapat membuat gerak yang tidak ada kehadiran kuasa (kekuasaan) tidak akan terjadi, contohnya kita dapat menyuruh adik kita berdiri yang tidak akan dia lakukan tanpa perintah kita (pada saat itu) maka kita mempunyai kekuasaan atas adik ktia. Kekuasaan politik dengan demikian ialah kemampuan untuk membuat masyarakat serta negara membuat keputusan yang tanpa kehadiran itu tidak akan dibuat oleh mereka.

Baca Juga :  [Lengkap] Memahami Makna Iman Kepada Malaikat Dan Tugasnya

Jika seseorang, atau organisasi maupun partai politik dapat mengorganisasi sehingga berbagai badan negara yang relevan contohnya membuat aturan yang melarang ataupun mewajibkan hal atau perakara maka mereka memiliki kekuasaan politik.


Contoh Kekuasaan Politik

Variasi yang dekat dengan kekuasaan politik ialah kewenangan, kemampuan untuk membuat orang lain melakukan sebuah hal dengan dasar hukum atau mandat yang didapat dari suatu kuasa. Seorang polisi yang dapat menghentikan mobil di jalan tidan berarti dia mempunyai kekuasaan namun dia mempunyai kewenangan yang didapatnya dari UU Lalu Lintas, sehingga jika seseorang pemegang kewenangan melaksanakan kewenangannya tidak sesuai dengan mandat peraturan yang ia jalankan maka dia sudah menyalahgunakan wewenangnya, serta untuk itu dia dapat dituntut dan dikenakan sanksi.

Sedangkan kekuasaan politik, tidak berdasarkan dari UU namun harus dilaksanakan dalam rangka hukum yang berlaku sehingga dapat tetap menjadi penggunaan kekuasaan yang konstitusional.


Hubungan Kekuasaan Dengan Politik

Kekuasaan politik dengan demikian adalah kemampuan untuk membuat masyarakat dan negara membuat keputusan yang tanpa kehadiran kekuasaan tersebut tidak akan dibuat oleh mereka. Bila seseorang, suatu organisasi, atau suatu partai politik bisa mengorganisasi sehingga berbagai badan negara yang relevan misalnya membuat aturan yang melarang atau mewajibkan suatu hal atau perkara maka mereka mempunyai kekuasaan politik. Variasi yang dekat dari kekuasaan politik adalah kewenangan (authority), kemampuan untuk membuat orang lain melakukan suatu hal dengan dasar hukum atau mandat yang diperoleh dari suatu kuasa.

Dengan demikian kekuasan politik ialah suatu kemampuan untuk dapat membuat masyarakat dengan negara bisa melakukan atau membuat keputusan yang tanpa adanya kehadiran kekuasaan itu tidak akan dibuat oleh mereka. Jika seseorang atau organisasi dapat mengorganisasikan sehingga berbagai badan negara yang relevan misalnya membuat aturan yang melaatu hal atau perkara maka mereka mempunyai kekusaan politik. Demikian sementara penjelasan diatas semoga dapat bermanfaat untuk semua pembaca setia kami….Terimakasih.

Baca Juga :  Bentuk Pemerintahan Negara Indonesia Pada Masa Orde Lama (1959-1966)

Baca Juga:

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Kekuasaan Politik Menurut Ahli Dan Contoh Serta Hubungannya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pemabaca Pensil.Co.Id

Please rate this