10 Pengertian Kecerdasan Spiritual Menurut Para Ahli Dan Contoh No ratings yet.

Diposting pada

Pengertian Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan spiritual disingkat SQ adalah jiwa dari kecerdasan yang membantu seseorang untuk mengembangkan diri sepenuhnya melalui penciptaan kemungkinan untuk menerapkan nilai-nilai positif.

SQ adalah fasilitas yang membantu orang untuk mengatasi dan datang untuk berdamai dengan masalah. Ciri utama dari SQ ini ditunjukkan dengan kesadaran seseorang untuk menggunakan pengalamannya sebagai bentuk penerapan nilai dan makna.


Kecerdasan Spiritual Menurut Para Ahli


Kecerdasan spiritual dikembangkan dengan baik akan ditandai dengan kemampuan seseorang untuk menjadi fleksibel dan mudah beradaptasi dengan lingkungan, memiliki tingkat kesadaran yang tinggi, untuk menghadapi penderitaan dan rasa sakit, mampu mengambil pelajaran dari kegagalan, mampu mewujudkan hidup sesuai dengan visi dan misi, mampu melihat hubungan antara hal-hal, independen, dan akhirnya membuat seseorang mengerti arti hidupnya.


Pengertian Kecerdasan Spiritual Menurut Para Ahli

  • Menurut Zohar

Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang kita gunakan untuk membuat kebaikan, kebenaran, keindahan, dan kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari kita, keluarga, organisasi, dan lembaga.

  • Marshall

Penerjemah Helmy Mustofa (2005:25) Kecerdasan Spiritual adalah cara kita menggunakan makna, nilai-nilai, tujuan, dan motivasi dalam proses berpikir dan pengambilan keputusan.

  • Abdul wahid Hasan (2006:27)

“Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan yang digunakan untuk menyelesaikan dihadapi hidup permasahan, orang diminta untuk mengubah penderitaan menjadi semangat kreatif (motivasi) hidup yang tinggi sehingga penderitaan berubah menjadi kegembiraan hidup. Manusia harus dapat menemukan makna hidup “.

  • Menurut Marsha Sinetar (2001:9)

Kecerdasan spiritual adalah pikiran yang mendapat inspirasi, dorongan, dan efektivitas yang lebih baik.

  • Aribowo dan Irianto (2003:xiv)
Baca Juga :  Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Dan Kesimpulannya Lengkap

Kecerdasan spiritual adalah kemampuan kita untuk mengetahui dan memahami diri kita sepenuhnya sebagai makhluk spiritual dan sebagai bagian dari alam semesta. Dengan memiliki kecerdasan spiritual berarti bahwa kita memahami sepenuhnya makna dan hakikat kehidupan kita hidup.

  • Ary Ginanjar Agustian (2004:57)

Kecerdasan spiritual adalah kemampuan untuk memberi makna pada setiap perilaku dan kegiatan keagamaan, melalui langkah-langkah dan tauhid pemiran (Integrative) serta berprinsip sebagai Tuhan.


Ciri Kecerdasan Spiritual (SQ)

Kemampuan untuk berpikir diluar materi fisik dan diluar panca indra

Orang yang memiliki kecerdasan spiritual (SQ) memiliki kemampuan untuk berpikir tentang apa pun di luar materi fisik dan indera manusia. Kecerdasan spiritual (SQ) yang mampu berpikir dan percaya bahwa ada kekuatan lain yang melebihi kekuatan apapun di dunia ini. Kecerdasan spiritual (SQ) percaya bahwa segala sesuatu yang muncul atau materi bukanlah segalanya. Tapi ada kekuatan yang mendorong orang untuk menjadi lebih baik. Ada kekuatan yang menjaga dan memberikan keseimbangan di alam.


  • Kemampuan untuk mengungkapkan dan menemukan makna dari dari suatu hal

Kecerdasan spiritual (SQ) mengajarkan Anda bagaimana harus bersikap dan melihat semua kejadian dalam hidup Anda dari perspektif yang luas dan dari sudut pandang positif sehingga Anda dapat menemukan makna di balik setiap peristiwa yang terjadi dalam hidup Anda. Arti hidup adalah bahwa Anda dapat menemukan pembebasan rohai Anda dari unsur-unsur duniawi seperti godaan nafsu, keserakahan, kesombongan, kebencian, dendam, dll


  • Kemampuan untuk mengabdi pada sesama dan membuat dunia mejadi lebih baik

Kecerdasan spiritual (SQ) membuat Anda tumbuh menjadi hubungan makna meihat manusia sepenuhnya dan mampu dengan sesama manusia dan alam semesta. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjadi orang yang memiliki rasa peduli, simpati, empati, berbagi, dan terintegrasi satu sama lain dan alam semesta.

Baca Juga :  Pengertian Desentralisasi Menurut Para Ahli Serta Tujuan Dan Kelebihannya

Dengan memiliki sifat seperti ini secara tidak langsung akan mempengaruhi perkembangan diri Anda, lingkungan Anda dan alam semesta sehingga membuat diri Anda, lingkungan Anda dan alam semseta lebih baik.


Contoh Kecerdasan Spiritual

Anak-anak dan orang tua untuk toko dan belanja uang pengembalian lebih toko, anak-anak mengemis dan proposal dikembalikan ke orang tua mereka, ada orang tua yang mengatakan; “Aaah … tidak harus memberikan perubahan ke lebih menyakitkan”. Ketidakjujuran dan integritas ini vandalisme pelatihan yang efektif.


Keluarga pergi berlibur dan orang tua mengambil barang-barang seperti handuk atau hotel lain yang tidak diperbolehkan. Sering juga di pesawat, orang tua mengambil sendok (tidak sendok plastik, tapi sendok stainless), anak-anak sering akan mengatakan; “Ma … apa yang mungkin menjadi” jawab ibu; “Jika Anda tidak membungkam berisik” Ini adalah pelatihan yang mencuri.


Baca Juga:

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Kecerdasan Spiritual Menurut Para Ahli Dan Contohnya Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this