Pengertian Kecerdasan Intelektual Menurut Para Ahli Serta Contoh & Faktor

Diposting pada

Kecerdasan Intelektual

Kecerdasan intelektual (bahasa Inggris: intelligence quotient, disingkat IQ) adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan untuk berpikir, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami ide-ide, penggunaan bahasa , dan pembelajaran.

Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu. Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan instrumen psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga saran bahwa IQ adalah pria dengan usia mental rasio usia kronologis.


Definisi Kecerdasan

Ada beberapa cara untuk mendefinisikan kecerdasan. Dalam beberapa kasus, kecerdasan bisa termasuk kreativitas, kepribadian, karakter, pengetahuan, atau kebijaksanaan. Namun, beberapa psikolog tidak termasuk hal-hal ini dalam hal definisi kecerdasan. Intelijen umumnya mengacu pada kemampuan atau kapasitas mental untuk berpikir, tapi tidak ada definisi yang memuaskan kecerdasan Stenberg dan Slater (1982) mendefinisikannya sebagai tindakan atau pemikiran yang bertujuan dan adaptif.


Struktur kecerdasan Menurut Beberapa Ahli

Menurut L.L. Thurstone

Kecerdasan dapat dibagi menjadi dua kecerdasan umum biasa disebut sebagai faktor-g dan kecerdasan tertentu. Tapi pada dasarnya kecerdasan dapat diselesaikan. Berikut adalah spesifikasi distribusi menurut LL Thurstone:

  1. Pemahaman dan kemampuan verbal
  2. Angka dan hitungan
  3. Kemampuan visual
  4. Daya ingat
  5. Penalaran
  6. Kecepatan perseptual

 

Skala Wechsler yang umum digunakan untuk memperoleh tingkat kecerdasan kecerdasan dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu kemampuan kecerdasan verbal (VIQ) dan kemampuan untuk menampilkan kecerdasan (PIQ).


Menurut Howard Gardner

Sementara itu, menurut Howard Gardner, seorang psikolog terkemuka dari Harvard University, mengatakan ada delapan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia, seperti:

Baca Juga :  Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli Dan Contoh, Ciri Serta Bentuknya
  • Kecerdasan linguistik
Orang yang memiliki kecerdasan ini adalah seseorang yang tahu bagaimana untuk memproses kata-kata ketika berbicara atau menulis. Jenis orang biasanya seperti teka-teki silang, bermain scrable, membaca, dan dapat menafsirkan bahasa tertulis jelas. Jika orang memiliki kecerdasan ini, maka pekerjaan yang cocok adalah seorang jurnalis, penyair, atau pengacara.
  • Kecerdasan matematik atau logika
Kecerdasan ini adalah tipe orang yang memiliki kecerdasan dalam hal angka dan logika. Mereka mudah untuk membuat klasifikasi dan kategorisasi, berpikir dalam pola sebab dan akibat, membuat hipotesis, dan pandangan rasional terhadap kehidupan. Sebuah pekerjaan yang cocok jika kecerdasan ini adalah ilmuwan, akuntan, atau progammer.
  • Kecerdasan spasial
Mereka yang jatuh ke dalam jenis ini memiliki sensitivitas yang tajam untuk visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk, dan ruang. Selain itu, mereka juga pandai membuat sketsa ide dengan jelas. Sebuah pekerjaan yang cocok untuk jenis kecerdasan adalah seorang arsitek, fotografer, desainer, pilot, atau insinyur.
  • Kecerdasan kinetik dan jasmani
Tipe orang ini mampu untuk mengekspresikan ide dan perasaan. Mereka menyukai olahraga dan aktivitas fisik mengandalkan. Pekerjaan yang mereka cocok untuk atlet, pengrajin, mekanik, dan penjahit.
  • Kecerdasan musikal
Mereka yang jatuh ke dalam jenis ini dapat mengembangkan, mengekspresikan, dan menikmati musik dan bentuk suara. Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan musikal seperti bersiul, mudah menghafal lagu-lagu baru untuk didengar, menguasai salah satu instrumen tertentu, sensitif terhadap suara sumbang, dan suka bekerja sambil bernyanyi. Sebuah pekerjaan yang cocok bagi mereka adalah penyanyi atau penulis lagu.
  • Kecerdasan interpersonal
Jenis orang biasanya memahami dan peka terhadap perasaan, niat, motivasi, karakter, dan temperamen orang lain. Selain itu, mereka juga mampu membangun kontak mata dengan baik, menghadapi orang lain dengan penuh perhatian, dan mendorong orang lain untuk menyampaikan cerita. Pekerjaan yang cocok untuk tipe orang, antara lain networker, negosiator, atau guru.
  • Kecerdasan intrapersonal
Baca Juga :  Karya Seni Rupa 2 Dimensi Dan Contohnya (Bab 1) Lengkap
Tipe orang ini memiliki kecerdasan pengetahuan diri dan mampu bertindak adaptif berdasarkan pengenalan diri. Karakteristik yang suka bekerja sendiri, cenderung mengabaikan, sering merenungkan diri sendiri, dan memahami kekuatan dan kelemahan. Sebuah pekerjaan yang cocok untuk mereka yaitu konselor atau teolog.
  • Kecerdasan naturalis

Orang yang memiliki kecerdasan ini mampu memahami dan menikmati alam dan menggunakannya secara produktif dan mengembangkan pengetahuan tentang alam. Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan ini yang mencintai lingkungan, mampu mengenali sifat dan perilaku hewan, dan bahagia kegiatan di luar ruangan atau alami. Kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh petani, nelayan, pejalan kaki, dan pemburu.


Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecerdasan, yaitu:

  • Faktor bawaan atau biologis

Di mana faktor-faktor ini ditentukan oleh faktor keturunan. Membatasi kemampuan seseorang atau keterampilan dalam memecahkan masalah, antara lain, ditentukan oleh faktor keturunan. Di mana bunga dalam mengarahkan tindakan menuju tujuan dan dorongan untuk bertindak.

  • Faktor pembentukan atau lingkungan

Dimana pembentukan adalah kondisi apapun di luar itu yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan.

  • Faktor kematangan

Di mana masing-masing organ dalam pertumbuhan tubuh manusia dan pembangunan.

  • Faktor kebebasan

Ini berarti bahwa orang dapat memilih metode tertentu dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Selain kebebasan untuk memilih metode, juga bebas untuk memilih masalah sesuai dengan kebutuhannya.


Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Kecerdasan Intelektual Menurut Para Ahli Serta Contoh & Faktor Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id
Pengertian Kecerdasan Intelektual Menurut Para Ahli Serta Contoh & Faktor
5 (100%) 3 vote[s]