Karya Seni Rupa 2 Dimensi (Medium, Bahan, Teknik) Dan Penjelasannya 5/5 (1)

Diposting pada

Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Sebelum melakukan karya seni 2 dimensi, sangat penting bagi kita untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai alat, bahan, dan teknik yang biasa digunakan dalam praktik menciptakan seni. Kita hanya bisa mengenal karakter bahan, alat, dan teknik yang hanya bisa Anda lakukan dengan kegiatan praktis.

Cobalah untuk menghargai karya seni dengan pendekatan aplikatif. Dengan demikian, selain wawasan Anda tentang apresiasi Anda semakin kaya, keterampilan Anda dalam karya seni juga akan lebih baik.

Karya Seni Rupa 2 Dimensi


Medium Dan Bahan Karya Seni Rupa

Bahan berkarya seni rupa adalah barang habis pakai yang dipakai untuk mewujudkan karya seni. Sesuai dengan keanekaragaman jenis karya seni, bahan untuk membuat seni rupa juga dari berbagai jenis dan varietas, beberapa di antaranya berfungsi sebagai bahan utama (sedang) dan ada juga bahan pendukung. Misalnya, secara umum, seniman yang membuat lukisan menggunakan kanvas dan cat sebagai bahan utama dan kayu dan kuku sebagai bahan pendukung. Kayu digunakan sebagai bahan bingkai (spanram) untuk menempatkan kanvas dan paku untuk menghubungkan kanvas pada permukaan bingkai kayu.

Bahan untuk bekerja seni rupa bisa dikategorikan ke dalam bahan alami dan bahan sititik berdasarkan sumber bahan dan pengolahan. Bahan baku alami adalah bahan yang bahan dasarnya berasal dari alam. Bahan-bahan ini dapat dipakai secara langsung tanpa memproses bahan kimia di pabrik atau industri terlebih dahulu. Bahan baku olahan adalah bahan alami yang telah diproses melalui proses manufaktur khusus. Berdasarkan sifat materialnya, bahan seni rupa ini juga dapat dikategorikan menjadi bahan keras dan bahan lunak, cairan dan bahan padat, dan sebagainya.


Alat Berkarya Seni Rupa

Alat untuk berkarya seni memiliki banyak jenis dan varietas. Beberapa karya seni material memiliki peralatan khusus yang tidak digunakan pada jenis pekerjaan lain. Tetapi ada juga alat atau bahan yang digunakan di hampir semua proses artistik. Alat tulis, misalnya, adalah peralatan yang digunakan dalam proses pembuatan hampir semua jenis karya seni, terutama saat membuat desain karya seni.

Dalam karya seni dua dimensi, setidaknya ada beberapa kategori utama alat untuk bekerja, yaitu alat untuk membentuk, menggambar, dan mewarnai serta mencetak (menduplikasi), dan bahan, di samping kategori alat utama. kita juga mengenal alat-alat lain, yaitu alat yang dimaksudkan tidak khusus untuk kegiatan kerja seni tetapi sangat dibutuhkan dalam kegiatan seni seperti alat potong (pisau dan gunting), pengering, alat pengukur, dan sebagainya. Alat-alat ini mendukung untuk memfasilitasi atau memfasilitasi proses pembuatan pekerjaan.

Karena kemajuan teknologi, saat ini semua fungsi alat yang digunakan dalam karya seni relatif dapat dilakukan oleh komputer. tetapi perlu diperhatikan bahwa komputer hanyalah alat. Karya seni, bagaimanapun, membutuhkan kepekaan yang sulit dihasilkan dari program komputer. Sensitivitas adalah kompetensi unik dan unik yang hanya dimiliki oleh manusia, dari satu orang ke orang lain.


Teknik Berkarya Seni Rupa

Dalam membuat karya seni keterampilan murni atau terapan diperlukan untuk menggunakan alat proses dan bahan untuk mewujudkan objek di bidang kerja. Misalnya, untuk mewujudkan sebagai objek dalam sebuah karya, sebuah lukisan, seorang seniman atau seorang seniman lukisan diperlukan untuk menguasai keterampilan teknis menggunakan alat (kuas) dan memproses bahan (cat) pada kanvas (medium). Seorang pematung diperlukan untuk menguasai keterampilan teknis menggunakan patung dan mengolah bahan kayu untuk membuat patung.

Ada juga karya seni yang diberi nama sesuai dengan teknik utama yang digunakan dalam ukiran mereka. Seni batik, misalnya, menunjukkan jenis-jenis karya seni yang dibuat dengan teknik batik, serta seni kerajinan tenun, untuk menyebutkan jenis-jenis karya seni yang dibuat dengan teknik tenun.

Berbagai jenis dan karakteristik bahan yang digunakan dalam karya seni membutuhkan berbagai alat dan teknik untuk mengolahnya. Teknik karya seni dapat secara khusus digunakan sebagai teknik utama dalam mewujudkan satu jenis karya seni tetapi juga dapat digunakan untuk mewujudkan jenis karya seni lainnya.

Baca Juga:

Baca Juga :  3 Prakarya Konsep Desain Selubung (Casing)
Baca Juga :  Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik (Pengertian, Eksplorasi Dan Gerak)

Demikian Penjelasan Tentang Karya Seni Rupa 2 Dimensi (Medium, Bahan, Dan Teknik) Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this