Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli Beserta Syaratnya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi sosial adalah dasar dari hubungan dalam bentuk tindakan berdasarkan norma-norma sosial dan nilai-nilai yang berlaku dan diterapkan di masyarakat. Dengan nilai-nilai dan norma-norma, interaksi sosial itu sendiri bisa terjadi jika aturan – aturan dan nilai-nilai – nilai yang ada dapat dilakukan dengan baik. Jika kurangnya kesadaran pribadi masing – masing, proses sosial itu sendiri tidak dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Dalam kehidupan sehari-hari – orang tentu tidak bisa lepas dari hubungan antara satu sama lain, itu akan selalu perlu mencari individu atau kelompok untuk dapat berinteraksi atau bertukar pikiran.

Menurut Prof. Dr. Soerjono Soekamto di pengantar sosiologi, interaksi sosial adalah rotasi kunci semua kehidupan sosial. Dengan tidak adanya komunikasi atau interaksi antara satu sama lain maka mungkin ada kehidupan bersama. Jika hanya garis fisik terlihat antara satu sama lain, tidak dapat menghasilkan bentuk kelompok sosial dapat berinteraksi.

Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa interaksi merupakan dasar dari suatu bentuk proses sosial karena kurangnya interaksi sosial, aktivitas satu orang ke orang lain tidak bisa disebut interaksi.


Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

  • Menurut Astrid. S. Susanto
Interaksi sosial adalah hubungan antara mereka yang memproduksi hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial. Hasil interaksi ditentukan oleh nilai dan makna dan interpretasi yang diberikan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam interaksi ini.
  • Menurut Bonner
Interaksi sosial adalah hubungan antara dua atau lebih individu yang berinteraksi, mengubah, atau memperbaiki perilaku individu lain atau sebaliknya.
  • Menurut Kimball Young
Baca Juga :  6 Pengertian Logika Menurut Para Ahli Dan Macam Serta Filsafat
Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antara individu, antara individu dan kelompok, dan antara kelompok dengan kelompok lain.
  • Menurut Raymond W. Mack
Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antara individu, antara individu dan kelompok, dan antara kelompok dengan kelompok lain.
  • Menurut Soerjono Soekamto

Interaksi sosial adalah proses sosial dasar yang terjadi karena hubungan sosial yang dinamis, termasuk hubungan antar individu, antar kelompok, atau antara individu dan kelompok.

  • Menurut Gullin
Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis antara individu, individu dan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.
  • Menurut Maryati
Interaksi sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respons antar individu, antar kelompok atau antar individu dan kelompok.
  • Menurut Suryawati
Interaksi sosial adalh hubungan manusia yang menghasilkan suatu proses mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial.
  • Menurut┬áMurdiatmoko
Interaksi sosial adalh hubungan antar manusia yang menghasilkan suatu proses pengaruh mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial.


  • Menurut Handayani
Interaksi sosial adalh hubungan antara manusia yang menghasilkan proses hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial.

Syarat Interaksi Sosial

Menurut Soerjono Soekanto, interaksi sosial tidak mungkin terjadi tanpa adanya dua syarat, yaitu kontak sosial dan komunikasi.
  • Kontak Sosial

Kata “kontak” (bahasa Inggris: “contact”) berasal dari con Latin atau cum yang berarti bersama-sama dan Tangere yang berarti sentuhan. Dengan demikian, kontak berarti bersama-sama menyentuh. Dalam hal sosiologi, kontak sosial tidak selalu terjadi melalui interaksi atau hubungan fisik, karena orang dapat melakukan kontak sosial dengan pihak lain tanpa menyentuhnya, pembicaraan seperti melalui telepon, radio atau surat elektronik.Kontak sosial dapat bersifat positif atau negatif. Kontak sosial positif mengarah ke koperasi, sedangkan kontak sosial negatif mengarah ke kontradiksi atau konflik.

Baca Juga :  20 Pengertian Perencanaan Menurut Para Ahli Berserta Tujuan Dan Elemennya

Kontak sosial mungkin primer atau sekunder. Kontak sosial primer terjadi ketika peserta bertemu tatap muka interaksi. Misalnya, kontak antara guru dan siswa di kelas, penjual dan pembeli di pasar tradisional, atau pertemuan ayah dan anak di meja makan.

  • Komunikasi

Komunikasi yang diperlukan untuk interaksi sosial. Hal yang paling penting dalam komunikasi adalah untuk menginterpretasikan perilaku setiap kegiatan (pidato, gerakan fisik, atau sikap) dan perasaan yang disampaikan. Ada lima elemen kunci dalam komunikasi adalah sebagai berikut.Communicator, orang yang menyampaikan pesan, perasaan, atau pikiran orang lain. Komunikan, orang atau orang yang mengirim pesan, pikiran, atau perasaan.


Faktor dasar terbentuknya interaksi sosial

Proses interaksi sosial yang terjadi di masyarakat berasal dari faktor imitasi, sugesti, simpati, motivasi, identifikasi dan empati.
  • Imitasi
Imitasi atau menyalin adalah proses kognisi untuk bertindak dan tindakan seperti yang dilakukan oleh model yang melibatkan penerima organ sensorik persepsi rangsangan dan kemampuan instalasi untuk memproses informasi dari tindakan stimulatif dengan kemampuan untuk melakukan gerakan motorik. Proses ini melibatkan kemampuan kognisi tahap tinggi karena tidak hanya melibatkan bahasa tetapi juga pemahaman tentang pemikiran orang lain.
  • Identifikasi
Identifikasi adalah memberikan tanda-tanda untuk item kelompok atau sesuatu. Hal ini diperlukan, karena itu, tugas identifikasi untuk membedakan komponen dari satu sama lain, sehingga tidak menimbulkan kebingungan. Dengan identifikasi komponen yang dapat diakui dan dimasukkan dalam kelompok yang dikenal di mana.
  • Sugesti
Saran yang rangsangan, pengaruh, stimulus yang diberikan seorang individu dengan individu lain sehingga orang-orang yang diberikan saran untuk mematuhi atau melaksanakan tanpa berpikir kritis dan rasional.
  • Motivasi
Motivasi adalah efek dari stimulus, stimulus yang diberikan antara masyarakat, sehingga masyarakat termotivasi untuk mematuhi tahu apa yang memotivasi berlaku kritis, rasional dan bertanggung jawab. Motivasi biasanya diberikan oleh orang-orang yang memiliki status yang lebih tinggi dan otoritas, misalnya, dari ayah ke anak, seorang guru kepada siswa.
  • Simpati
Simpati adalah orang yang menarik untuk orang lain untuk merasakan perasaan orang lain. Contoh: membantu orang lain terpengaruh untuk membawa emosional mampu merasakan orang yang terkena kecelakaan.
  • Empati
Baca Juga :  Pengertian Subjek Menurut Para Ahli Serta Penelitiannya Lengkap

Empati adalah mirip dengan simpati, tapi tidak semata-mata perasaan psikologis saja. Empati ditambah dengan perasaan organisme tubuh yang sangat intens / dalam.


Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli Beserta Syaratnya Lengkap Semoga Bermanfaat Untuk Semua Pembaca Pensil.Co.Id