Cara Memahami Informasi Tertulis Dan Membuat Catatan Serta Contohnya

Diposting pada

Cara Memahami Informasi Tertulis

Berikut ini adalah cara dalam memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks. Untuk lebih jelasnya kita baca berasama.

Cara Memahami Informasi Tertulis


Memahami Informasi Tertulis dalam Berbagai Bentuk Teks

Ada enam cara dalam memahami informasi tertulis dalam berbagai bentuk teks, yaitu:


  • Mengidentifikasi Sumber Informasi  dengan Teknik Membaca Cepat

Untuk mengetahui asal sebuah informasi, kita harus dapat mengidentifikasi sumber informasi tersebut, yaitu dengan menelusuri identitas sumber yang mengungkapkan informasi tersebut seperti siapa narasumbernya dan pada media mana informasi didapat. Semua itu bisa dilakukan dengan membaca cepat melalui teknik membaca mennandai (scanning).


  • Mengidentifikasi Jenis Teks Tertulis

Kita dapat mengidentifikasi jenis teks tertulis melalui pemahaman isi bacaan serta ciri-ciri sebuah tulisan. Secara umum bentuk tulisan terbagi menjadi lima jenis, yaitu narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.


Teknik Membuat Catatan

Agar bicara tidak terlupakan begitu saja,  membaca dapat mebuat catatan khusus,. Catatan harus disertai dengan pencantuman sumber bacaan. Mencatat sumber bacaan dapat disusun dalam bentuk catatan kaki atau catatan perut.


  • Ciri Penanda Masalah, Gaya Tulisan, Fakta, Opini, Proses dan Hasil yang Terdapat dalam Teks

Sebuah wacana dapat ditelaah dari segi gaya bahasa, permasalahan yang diungkapkan, fakta dan opini yang terdapat didalamnya, serta kalimat yang menyatakan proses dan hasil.


  • Membaca Grafik, Tabel, dan Bentuk Informasi Nonverbal

Untuk membaca grafik, tabel, diagram, atau peta dapat dilakukan dengan cara a) membaca judul b) membaca informasi yang ada di atas, di bawah, atau di sisinya, dan c) membaca secara keseluruhan informasi yang disajikan dalam grafik tabel, atau diagram itu.


Membuat Simpulan

Simpulan adalah uraian padat yang berisi intisari atau saripati dari informasi sumbernya. Simpulan dapat disusun secara deduktif atau induktif.

Baca Juga:

Baca Juga :  Cara Membuat Catatan Yang Kreatif Beserta Rangkumannya

Demikian Penjelasan Tentang Cara Memahami Informasi Tertulis Dan Membuat Catatan Serta Contohnya Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca Pensil.Co.Id