Pengertian Ilmu Sosial Serta Tujuan, Ruang Lingkup Dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Ilmu Sosial Serta Tujuan


Pengertian Ilmu Sosial

Ilmu sosial atau ilmu pengetahuan sosial adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metode kuantitatif, dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku, dan interaksi manusia pada masa kini, dan masa lalu. Berbeda dengan ilmu sosial secara umum, IPS tidak memusatkan diri pada satu topik secara mendalam melainkan memberikan tinjauan yang luas terhadap masyarakat.


Ilmu sosial, dalam mempelajari aspek-aspek masyarakat secara subjektif, inter-subjektif, dan objektif atau struktural, sebelumnya dianggap kurang ilmiah bila dibanding dengan ilmu alam. Namun sekarang, beberapa bagian dari ilmu sosial telah banyak menggunakan metode kuantitatif. Demikian pula, pendekatan interdisiplin, dan lintas-disiplin dalam penelitian sosial terhadap perilaku manusia serta faktor sosial, dan lingkungan yang mempengaruhinya telah membuat banyak peneliti ilmu alam tertarik pada beberapa aspek dalam metodologi ilmu sosial. Penggunaan metode kuantitatif, dan kualitatif telah makin banyak diintegrasikan dalam studi tentang tindakan manusia serta implikasi, dan konsekuensinya.


Karena sifatnya yang berupa penyederhanaan dari ilmu-ilmu sosial, di Indonesia IPS dijadikan sebagai mata pelajaran untuk siswa sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah tingkat pertama (SMP/SLTP). Sedangkan untuk tingkat di atasnya, mulai dari sekolah menengah tingkat atas (SMA) dan perguruan tinggi, ilmu sosial dipelajari berdasarkan cabang-cabang dalam ilmu tersebut khususnya jurusan atau fakultas yang memfokuskan diri dalam mempelajari hal tersebut.


Tujuan Ilmu Sosial

  1. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
  2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
  3. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
  4. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

Ruang Lingkup Ilmu Sosial

Ilmu sosial dasar mencakup masalah-masalah sosial yang timbul didalam sebuah masyarakat. Untuk menelaah masalah-masalah sosial tersebut hendaknya terlebih dahulu dapat mengidentifikasi kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tersebut. Sehingga ilmu sosial dasar dapat dibedakan atas tiga golongan beasar yaitu :


  • Kenyataan-kenyataan sosial yang ada didalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
  • Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas pada ilmu sosial.
  • Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan satu sama lain.

Contoh Cabang Utama Ilmu Sosial

Cabang-cabang utama dari ilmu sosial adalah:

  1. Antropologi, yang mempelajari manusia pada umumnya, dan khususnya antropologi budaya, yang mempelajari segi kebudayaan masyarakat
  2. Akuntansi, yang mempelajari suatu aktivitas dalam mengidentifikasikan, mengukur, mengklasifikasi, dan mengikhtisar sebuah transaksi ekonomi atau kejadian yang dapat menghasilkan data kuantitatif terutama yang bersifat keuangan yang dipergunakan dalam pengambilan keputusan
  3. Arkeologi, yang mempelajari kebudayaan (manusia) purbakala melalui kajian sistematis atas data bendawi yang ditinggalkan
  4. Astronomi, yang mempelajari benda-benda langit serta fenomena-fenomena alam di luar Bumi
  5. Demografi, yang mempelajari dinamika kependudukan manusia
  6. Ekologi, yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya
  7. Ekonomi, yang mempelajari produksi, dan pembagian kekayaan dalam masyarakat
  8. Geografi, yang mempelajari lokasi, dan variasi keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi
  9. Geologi, yang mempelajari Bumi beserta komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, dan sejarahnya
  10. Hukum, yang mempelajari sistem aturan yang telah dilembagakan
  11. Ilmu Lingkungan, yang mempelajari lingkungan dan solusi permasalahan lingkungan
  12. Klimatologi, yang mempelajarinya iklim dan cuaca
  13. Kriminologi, yang mempelajari kejahatan dan tindak pidana
  14. Linguistik, yang mempelajari aspek kognitif dan sosial dari bahasa
  15. Pendidikan, yang mempelajari masalah yang berkaitan dengan belajar, pembelajaran, serta pembentukan karakter dan moral
  16. Politik, yang mempelajari pemerintahan sekelompok manusia (termasuk negara)
  17. Oseanografi, yang mempelajari samudra dan lautan
  18. Paleontologi, yang mempelajari kehidupan pra-aksara
  19. Psikologi, yang mempelajari tingkah laku dan proses mental
  20. Sejarah, yang mempelajari masa lalu yang berhubungan dengan umat manusia
  21. Sosiologi, yang mempelajari masyarakat dan hubungan atau relasi antar manusia di dalamnya

Baca Juga:

Baca Juga :  9 Pengertian Fonologi Menurut Para Ahli Dan Contohnya Lengkap
Baca Juga :  Pengertian Subjek Menurut Para Ahli Serta Penelitiannya Lengkap

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Ilmu Sosial Serta Tujuan, Ruang Lingkup Dan Contohnya Semoga Bermabfaat Bagi Semua Pembaca Pesil.Co.Id

Pengertian Ilmu Sosial Serta Tujuan, Ruang Lingkup Dan Contohnya
5 (100%) 5 vote[s]