Pengertian Hukum Perdata Menurut Para Ahli 5/5 (2)

Diposting pada

Pengertian Hukum Perdata


Pengertian Hukum Perdata Menurut Para Ahli Dan Contohnya – Hukum Perdata adalah ketentuan yang mengatur hak-hak dan kepentingan antara individu-individu dalam masyarakat. Dalam tradisi hukum di daratan Eropa (civil law) dikenal pembagian hukum menjadi dua hukum publik dan hukum privat atau hukum sipil. Dalam sistem Anglo-Saxon (common law) jenis yang tidak diketahui divisi.

Pengertian Hukum Perdata Menurut Para Ahli


  • Menurut Riduan Syahrani
Hukum perdata adalah hukum yang mengatur hubungan hukum antara satu orang dengan orang lain dalam komunitas berfokus pada kepentingan individu (pribadi).
  • Menurut Sri Soedewi Masjchoen Sofwan
Hukum perdata adalah hukum yang mengatur kepentingan individu warga negara yang warga individu lainnya.
  • Menurut Wikipedia
Hukum Perdata adalah ketentuan yang mengatur hak-hak dan kepentingan antara individu-individu dalam masyarakat.



Sejarah Hukum Perdata


Hukum perdata Belanda berasal dari hukum perdata Perancis didasarkan pada hukum Romawi ‘Corpus Juris Civilis Itu pada waktu itu dianggap sebagai hukum yang paling sempurna. Hukum swasta yang berlaku di Perancis dimuat dalam dua kodifikasi yang disebut (hukum perdata) dan Code de Commerce (hukum dagang). Sementara Perancis menguasai Belanda (1806-1813), kedua kodifikasi berlaku di Belanda masih digunakan terus menerus sampai 24 tahun setelah kemerdekaan Belanda dari Perancis (1813)


Pada tahun 1814 Belanda mulai untuk menyusun Kode Sipil (Civil) atau KUHS Belanda, menurut kodifikasi hukum Belanda yang dibuat oleh JM Kemper Kemper disebut Ontwerp. Namun, sayangnya Kemper meninggal pada tahun 1824 sebelum menyelesaikan tugasnya dan dilanjutkan dengan Nicolai, yang menjabat sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Belgia.

Baca Juga :  Proses Peredaran Darah Yang Terjadi Pada Tubuh Dan Sistem Pereadaran Darahnya

Belanda wishes menyadari pada 6 Juli 1830 dengan pembentukan dua kodifikasi baru yang mulai berlaku pada 1 Oktober 1838 karena telah terjadi pemberontakan di Belgia, yaitu:

  1. BW (KUH Perdata Belanda atau Kode).
  2. WvK (atau dikenal sebagai Kitab Hukum Dagang)

Menurut J. Van Kan, kodifikasi BW merupakan terjemahan dari Code Civil hasil jiplakan yang disalin dari bahasa Perancis ke dalam bahasa nasional Belanda.


Contoh Hukum Perdata


  • Konflik Sengketa Lahan di Palas
Sengketa lahan antara PT Sumatera Riang Lestari (SRL) dan PT Sumatera Silva Lestari (SSL) dengan orang-orang di Padang Lawas (Palas) masih terus berlanjut. Dalam hal ini, DPRD Sumatera berencana untuk bertemu dengan Menteri Kehutanan untuk penyelesaian solusi masalah.


“Kami akan bertemu Menteri Kehutanan untuk mempertanyakan proses persetujuan dan tanah sengketa antara PT SRL dengan masyarakat petani di Kecamatan Palas. Ini harus diselesaikan untuk menghindari lebih banyak korban”, kata Wakil Ketua Komisi A Syamsul Hilal H. dalam sidang yang digelar pada Kamis (4/4).


Menurut Syamsul Hilal, di lapangan telah terjadi sejumlah insiden. Karyawan terakhir dari PT SRL Jhon boyler Sian, yang dibunuh oleh massa. Perusahaan menyalahkan pemukulan yang dilakukan oleh Kelompok Tani Terang Jaya Mandiri (KTTJM).


Sebaliknya, KTTJM juga memanggil mereka terus-menerus diintimidasi. Mereka menolak disebut telah menyita lahan milik perusahaan. Tapi fakta bahwa mereka terus digusur, rumah mereka dibakar dan sebagainya. Sampai-sampai kelompok-kelompok ini menuduh polisi tidak berada di pihak mereka, tetapi bagi perusahaan.


PR PT SRL Muller Tampubolon, pertemuan meminta pemerintah untuk menegakkan hukum. Yaitu untuk menuntut siapa pun yang salah. Jika perusahaan yang salah, mereka bersedia untuk mengikuti. Tapi jika pihak lain yang salah harus diikuti.

Baca Juga :  Pengertian Pikiran Menurut Para Ahli Serta Arti Dan Proses Dasarnya

Berbagai tanggapan dan penjelasan pihak terkait dalam hal ini pertanyaan tanah digariskan oleh masing-masing pihak. Intinya adalah bahwa setiap lembaga telah bekerja dengan baik sesuai dengan peran, tanggung jawab dan fungsi (Tupoksi) mereka masing-masing. Tapi konflik tidak mereda. Bentrokan fisik antara perusahaan dan masyarakat yang mungkin terjadi dari waktu ke waktu, jika tidak segera diselesaikan.


Baca Juga:

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Hukum Perdata Menurut Para Ahli Dan Contoh Serta Sejarahnya Semoga Bermanfaat Untuk Pembaca Pensil.Co.Id

Please rate this