Gerak Pada Makhluk Hidup Dan Benda Kurikulum 2013 Kelas 8 Lengakap

Diposting pada

Gerak Pada Makhluk Hidup

Manusia dan hewan mempunyai perilaku yang tidak jauh berbeda. Manusia dan hewan sama-sama menunjukkan gerakan yang mudah diamati. Namun, bagaimana dengan gerak pada tanaman?

Tumbuhan melakukan gerakan sesuai dengan rangsangan yang mereka dapatkan. Stimulus ini bisa dalam bentuk bahan kimia, suhu, gravitasi bumi, atau intensitas cahaya yang diterima. Bagaimana tanaman bisa dikatakan bergerak? Bagian tanaman apa yang bisa bergerak? Mari pelajari bab ini dengan penuh semangat!

Pernahkah Anda menyentuh daun putri malu?

Gerak Pada Makhluk Hidup (Tanaman)

Gerak adalah salah satu bentuk reaksi terhadap rangsangan. Gerakan pada tumbuhan dan hewan berbeda karena tanaman tidak memiliki alat khusus untuk bergerak, sedangkan hewan umumnya memiliki alat. Mikroorganisme bergerak dengan cara tertentu.


Gerak Pada Tanaman

Berdasarkan jenis rangsangan, gerakan pada tanaman dapat dikelompokkan menjadi gerak otonom (endonomy), gerak ionionomik, dan gerak higroskopis.

  • Gerak Otonom

Pergerakan otonom tidak jelas diketahui penyebabnya, diduga berasal dari dalam pabrik itu sendiri. Misalnya, pergerakan plasma sel.

  • Gerak Esionom

Pergerakan esionom dipengaruhi oleh rangsangan eksternal. Berdasarkan geraknya, esionom dapat dibagi menjadi tiga, yaitu Tropisme (gerakan tumbuh pada tanaman menjauh dari atau dekat dengan rangsangan, seperti geotropisme, fototropisme, hidrotropisme, dan thigmotropisme), taksi (pergerakan tanaman / bagian tanaman yang berpindah ke atau jauh dari rangsangan, seperti chemotaxis dan phototaxis), dan Nasti (Gerakan bagian tanaman sebagai reaksi terhadap rangsangan eksternal yang arah pergerakannya tidak dipengaruhi oleh rangsangan, seperti seismonasti, niktinasti, thermonasti, dan nasti kompleks).

  • Gerak Higroskopis

Pergerakan higroskopis adalah pergerakan bagian-bagian tanaman karena efek perubahan kadar air sel sehingga penyusutan tidak terjadi bersamaan. Misalnya, polong pecah yang sudah mengering.


Gerak pada Hewan

Gerak Pada Hewan

Hewan yang bergerak menggunakan instrumen khusus, misalnya Colenterata bergerak dengan menggunakan tentakel, menggerakkan Mollusca menggunakan otot kaki, masih ada berbagai contoh hewan invertebrata. Di vertebrata ada tulang sebagai alat gerak. Otot sebagai alat gerak aktif sedangkan tulang sebagai alat gerak pasif. Kaki pada hewan yang hidup di darat biasanya dalam bentuk kaki dan sayap, sedangkan pada hewan yang hidup di air dalam bentuk siri.

Pernahkah Anda melihat seekor burung terbang bebas di udara? Bagaimana burung itu bisa terbang dengan stabil di udara? Apa yang mempengaruhi pergerakan burung?


Gerak Pada Benda

Gerak Pada Benda

Gerak adalah perubahan posisi suatu objek dari lokasi awalnya. Suatu objek dikatakan bergerak jika objek bergerak ke posisi objek lain apakah posisi itu berubah atau mendekati. Roda sepeda bisa bergerak dengan mudah. Saat pedal diayuh, roda sepeda bergerak dengan cepat. Sekarang, dorong meja belajar Anda. Bandingkan dengan gerakan roda sepeda! Tentu saja roda sepeda bergerak lebih mudah. Benda bergerak karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi gerakan suatu objek.


Faktor-Faktor yang Memengaruhi Gerak Benda

Pergerakan suatu benda dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti benda, ukuran benda, dan permukaan suatu benda.

  • Bentuk objek

Bentuk objek berbeda-beda. Ada objek dalam bentuk lingkaran, kotak, dan segitiga. Bentuk suatu benda dapat mempengaruhi pergerakannya. Misalnya, roda sepeda mudah digerakkan. Roda melingkar.

  • Ukuran Objek

Benda besar atau kecil. Ukuran suatu objek dapat mempengaruhi pergerakannya. Bola sepak lebih besar dari bola pingpong.

  • Permukaan Benda

Permukaan objek kasar dan halus. Jenis permukaan suatu benda dapat mempengaruhi gerak benda tersebut. Benda yang memiliki permukaan halus lebih mudah bergerak daripada benda dengan permukaan kasar. Karena benda dengan permukaan kasar lebih gesek daripada benda dengan permukaan lebih halus.

  • Contoh Gerak Benda

“Sepeda di jalan beraspal lebih mudah bergerak daripada jalan berbatu”

Benda dengan permukaan lebih luas akan jatuh lebih lambat dari benda dengan permukaan sempit. Kecepatan benda jatuh bisa berbeda meskipun terbuat dari bahan yang sama dan berat yang sama. Ini terjadi karena luas permukaan benda yang bergesekan dengan udara berbeda.


Jenis-Jenis Gerak Benda

Gerakan benda bisa bervariasi. Benda bergerak berguling, bergeser, meluncur, berputar, terpental, jatuh, tenggelam dan mengambang, dan mengalir.

Rolling, rolling adalah bergerak dengan memutar sambil bergerak. Contoh Penggunaan Objek Gerak dalam Kehidupan Sehari-hari

Saat matahari bersinar panas, udaranya sangat panas. Tubuh Anda pasti terasa panas dan berkeringat. Ketika udara panas, orang biasanya membutuhkan kipas angin. Aliran udara yang dihasilkan dapat membuat tubuh kita terasa sejuk. Aliran udara dihasilkan oleh rotasi baling-baling kipas. Jadi, gerakan baling-baling kipas angin bisa membuat udara dingin. Itulah salah satu contoh penggunaan gerak dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai objek gerak dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Penggunaan benda gerak dapat memudahkan dan mempercepat pekerjaan manusia. Berikut ini sebuah contoh:

Persingkat jarak tempat; dengan mengendarai mobil atau kendaraan lain, jarak terasa lebih dekat. Gerakan roda kendaraan dapat mengantarkan pengemudi atau penumpang lain ke tujuan lebih cepat daripada berjalan.

Memfasilitasi pekerjaan; perhatikan peralatan di rumah Anda. Ada kipas angin, jam dinding, mesin cuci, blender dan kursi roda. Alat ini menggunakan gerakan roda berputar. Alat-alat itu bisa memudahkan pekerjaan manusia. Dengan mesin cuci, seorang ibu tidak perlu mencuci menggunakan tangannya lagi, hanya dengan menekan tombol yang terhubung ke listrik, mesin cuci bergerak sendiri untuk mencuci pakaian kotor.

Baca Juga:

Baca Juga :  Struktur Dan Fungsi Sistem Reproduksi Pada Manusia Dan Prosesnya
Baca Juga :  Pengertian Gerak Benda Pada Bidang Datar Serta Contoh Dan Macamnya

Demikian Penjelasan TentangĀ Gerak Pada Makhluk Hidup Dan Benda Kurikulum 2013 Kelas 8 Lengkap Semoga Bermanfaat Bagi Semua Pembaca Pensil.Co.Id

Gerak Pada Makhluk Hidup Dan Benda Kurikulum 2013 Kelas 8 Lengakap
5 (100%) 5 vote[s]