Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman Dan Perkembangannya

Diposting pada

Pertumbuhan Dan Perkembangan Tanaman

 

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara garis besar dapat dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kedua faktor ini memiliki peran masing-masing dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Berikut ini adalah uraian dari dua faktor ini dalam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

 

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman


Faktor Internal

  • Gen

Gen adalah zat pembawa alami yang diturunkan dari induk ke generasi berikutnya. Gen mempengaruhi karakteristik dan karakteristik makhluk hidup di mana tanaman memengaruhi bentuk tubuh, warna bunga, dan rasa buah. Gen juga menentukan kemampuan metabolisme sehingga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman ini. Tanaman yang memiliki gen pertumbuhan yang baik akan tumbuh dan berkembang pesat sesuai periode.

Meskipun faktor gen sangat penting, faktor-faktor ini bukan satu-satunya yang menentukan pola pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Selain itu, ada faktor lingkungan yang berpengaruh. Misalnya pada tanaman yang memiliki khasiat unggul, hanya bisa tumbuh cepat, berbuah, dan rasanya manis di tanah subur dan kondisinya sesuai. Jika ditanam di lahan tandus dan kondisinya tidak cocok, pertumbuhan dan perkembangan tanaman ini tidak akan optimal.

  • Hormon

Hormon adalah zat yang berperan dalam mengendalikan berbagai fungsi dalam tubuh. Meski jumlahnya kecil, hormon memiliki pengaruh nyata dalam mengatur berbagai proses dalam tubuh. Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman memiliki berbagai jenis.

  1. Auksin, berperan untuk merangsang proses pemanjangan, pembelahan, dan diferensiasi sel.
  2. Giberlin, berperan dalam pembentukan dan pengembangan benih dan perkecambahan embrio.
  3. Etilen, berperan untuk pematangan buah dan perontokan daun.
  4. Sitokinin, berperan untuk pembelahan sel atau sitokenesis, seperti merangsang pembentukan akar dan cabang tanaman.
  5. Asam abscisic, berperan untuk proses penuaan dan daun jatuh.
  6. Kaolin, berperan dalam proses organogenesis tanaman.
  7. Asam traumalic, berperan untuk regenerasi sel ketika kerusakan jaringan.

Faktor Eksternal

  • Nutrisi

Nutrisi adalah bahan baku dan sumber energi dalam proses metabolisme tubuh. Kualitas dan kuantitas nutrisi akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tanaman membutuhkan nutrisi dalam bentuk air dan nutrisi yang larut dalam air. Melalui fotosintesis, air dan karbon dioksida diubah menjadi zat makanan. Nutrisi tidak berperan langsung dalam fotosintesis, tetapi diperlukan agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

  • Cahaya Matahari

Cahaya memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Tumbuhan sangat membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis. Tetapi kehadiran cahaya sebenarnya dapat menghambat pertumbuhan tanaman karena cahaya dapat merusak hormon auksin yang ditemukan di ujung batang.

  • Air dan Kelembaban

Air dan kelembaban adalah faktor penting untuk pertumbuhan dan perkembangan. Air dibutuhkan oleh makhluk hidup. Tanpa air, makhluk hidup tidak dapat bertahan hidup. Air adalah tempat reaksi kimia dalam tubuh. Kelembaban mempengaruhi keberadaan air yang dapat diserap oleh tanaman mengurangi penguapan. Kondisi ini sangat memengaruhi pemanjangan sel. Kelembaban juga penting untuk menjaga stabilitas bentuk sel.

  • Suhu

Suhu memiliki pengaruh nyata pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Misalnya, padi ditanam di awal musim kemarau dimana suhu rata-rata tinggi akan dipanen lebih cepat daripada padi yang ditanam di musim hujan di mana suhu rata-rata lebih rendah. Ini karena semua proses dalam pertumbuhan dan perkembangan seperti transfer udara, fotosintesis, penguapan, dan pernapasan pada tanaman yang dikendalikan oleh suhu.

  • Tanah

Tanah mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tanaman akan tumbuh dan berkembang secara optimal jika kondisi tanah tempat tinggalnya sesuai dengan kebutuhan gizi dan gizi. Kondisi tanah ditentukan oleh faktor lingkungan lainnya, seperti suhu, kandungan mineral, air, dan keasaman atau pH.

 

Baca Juga:

Baca Juga :  Proses Peredaran Darah Yang Terjadi Pada Tubuh Dan Sistem Pereadaran Darahnya

 

Demikian Penjelasan TentangĀ Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman Dan Perkembangannya Semoga Bermanfaat Bagi Pembaca Pensil.Co.Id

Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman Dan Perkembangannya
5 (100%) 2 vote[s]